Mewujudkan Bahagia di Hari Tua

BAHAGIA ITU ADALAH

“Ayah apa yang kamu pikirkan? Kenapa berwajah sedih seperti itu?” Tanyaku pada suamiku.

 

“Ah tidak ada apa-apa sih Bunda. Cuma sedikit gelisah saja akan masa depan.” Jawab suamiku.

 

“Masa depan? Kenapa dikhawatirkan sih, Yah? Jalani saja lah  dengan tawakal dan berserah diri sama Allah.” Jawabku lagi.

 

“Iya,  itu sih memang harus. Cuma, Ayah memikirkan hari tua kita nanti. Belum tentu kan di hari tua kita, saat kita pensiun bisa hidup berkecukupan dan bahagia seperti saat ini? Mau berbisnis di hari tua gak tahu mau berbisnis apa? Apalagi keahlian gak punya?” Ujarnya.

 

“Ya Allah, itu toh yang membuat Ayah gelisah selama ini?” Tanyaku lagi.

 

“Sudahlah, Yah masa depan gak usah dipikirkan sekarang. Yang penting kita itu sehat dan masih bisa beraktivitas. Gak usah dipikir terlalu ruwet deh. Nanti malah sakit. Sudah ya gelisahnya hentikan. Ayolah kita nikmati hidup yang sekarang ini dulu. Coba lihat Pak Haryanto tetangga kita, sudah tua tapi masih sehat, produktif dan sepertinya bahagia saja tuh.” Saya menegaskan.

 

“Iya ya. Bapak itu benar-benar bikin saya kagum.” Jawab suamiku.

 

“Benar juga ya kata istriku. Buat apa di hari tua nanti mikirin terlalu jauh. Toh, ayah ibuku saja di hari tuanya malah masih bisa menikmati hidup. Pak Haryanto juga masih bisa menikmati hidup.” Ujar suamiku lagi.

 

Sejak itulah suami saya sudah tidak banyak gelisah karena hari tuanya nanti. Tapi walau bagaimanapun yang namanya manusia pasti pikiran itu selalu saja terbayang bayang. Saya percaya pada Allah, selama kita mau menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya insyaallah di hari tua nanti hidup kita akan berkah dan bermanfaat serta mendapatkan kebahagiaan yang kita inginkan. Walaupun kebahagiaan itu sangat relatif bagi setiap orang. Kebahagiaan setiap orang berbeda-beda tergantung bagaimana kita sendiri menghadapi dan menjalaninya. Saya sendiri sudah merasa bahagia jika tidak pernah sakit dan masih bisa makan apa yang dimau. Kebahagiaan memang bersumber dari diri sendiri, bagaimana tetap menjalani hidup dengan penuh semangat dan selalu berpikir positif. Bahagia adalah dimana kita menemukan apa yang kita rasakan, kita alami dan kita temui. Bahagia bagi saya adalah kunci utama kesuksesan seseorang.

 

Bahagia di hari tua

 

Kita semua pasti akan mengalami hari tua. Hari dimana kita sudah berumur dan tidak lagi produktif untuk bekerja baik wirausaha maupun kantoran. Hari tua seringkali diidentikkan dengan masa sakit-sakitan. Karena pada umumnya orang yang sudah pensiun dari pekerjaannya dan sudah berumur selalu akhirnya jatuh sakit sampai akhirnya ajal menjemputnya. Tentunya saya gak mau dong mengalami hal itu. Saya ingin nantinya di hari tua tidak merepotkan anak-anak saya. Kalau sakit pastinya bikin repot semuanya kan? Kasihan dengan kehidupan mereka dimana mereka harus menanggung beban hidup orang tuanya, walaupun memang sudah kewajiban seorang anak merawat dan membahagiakan orang tuanya sendiri. Sebisa mungkin saya menghindari untuk membebankan hidup pada anak-anak saya nantinya.

Saya dan suami termotivasi sekali dengan tetangga saya yang sudah tua dan berumur. Namanya Bapak Haryanto. Diumurnya yang sudah mencapai 74 tahun, beliau masih sehat dan beraktivitas melakukan segala hal, walaupun hanya pekerjaan rumah saja. Maklumlah istrinya baru saja meninggal dunia karena penyakit diabetes. Setelah masa pensiun dan berhenti bekerja sebagai seorang polisi beliau tak pernah sekalipun malas-malasan. Kemana-mana hanya naik sepeda pancal yang ada keranjangnya di bagian depan meskipun di rumahnya sudah mempunyai sepeda motor. Hidupnya juga tidak terlalu mewah. Beliau mempunyai kontrakan dan tanah dimana-mana. Benar-benar bersahaja dan hidup sederhana. Setiap pagi selalu menyiram tanaman yang ada di halamannya bahkan  tak sungkan juga tanaman tetangga di sebelahnya disiram juga dengan membawa bak air yang dijinjingnya.

 

Seringkali juga beliau membersihkan selokan sendirian. Di rumahnya memang ada pohon mangga yang selalu berbuah lebat. Seringkali beliau masih sanggup memanjat pohon mangga tersebut untuk memanen buahnya. Terkadang mangga yang dipetiknya dilempar-lemparkan begitu saja di balkon atas rumah saya. Nanti tinggal saya ambil. Itu adalah hasil panen buat saya dan suami. Alhamdulilah sih saya kebagian juga buah mangganya satu kresek gede. Enak ya punya tetangga yang loyal.

 

Meskipun anak-anaknya sudah berkeluarga semua dan tinggal berdekatan dengan beliau. Namun beliau tidak mau menggantungkan kehidupannya kepada anak-anaknya. Saya sangat salut dengan bapak ini. Beliau pensiunan polisi yang baik hati dan suka menolong orang lain. Bahkan ketika merenovasi rumahnya, beliaupun ikut turun tangan. Mengaduk semen, memaku,  dan pekerjaan-pekerjaan tukang lainnya.  Padahal tukangnya sudah ada. Di hari tuanya beliau tetap produktif. Masih segar bugar walaupun terlihat sudah tua renta.  Saya dan suami sangat salut. Kami berpikir dalam hati bisakah kita berdua nantinya seperti dia di hari tua kita?

 

Melihat keuletan Bapak Haryanto akhirnya saya dan suami memberanikan diri bertanya disaat kami santai mengobrol di terasnya.

 

“Pak, masih sehat saja nih? Apa rahasianya, Pak? Tanyaku.

 

Bapak Haryanto hanya tertawa saja sehingga terlihat kerut wajahnya yang sudah mulai menua. “Apa ya, nak? Bapak sih bahagia saja hidup seperti ini. Yang penting sih sehat dan masih bisa kesana kemari. Yah walaupun kadang masih suka sakit karena usia. Yang penting jangan terlalu banyak mikir yang rumit. Dibawa slow saja ya.”

 

“Hehe. Iya bener juga, Pak. Kita juga sudah mencoba gak terlalu banyak mikirin hidup kok, Pak.” Jawabku.

 

“Oh ya, untuk hidup sehari-hari Bapak dibiayai siapa nih? Bukankah anak-anak Bapak sudah sukses dan bekerja semua nih? Masak gak ada yang bantu biaya?” tanya suamiku.

 

“Wah, kalau itu sih saya gak minta ya, Nak. Kalau mereka memberi pada Bapak, seringkali Bapak tolak. Tapi kadang mereka memaksa. Yah, akhirnya Bapak terima saja. Padahal hidup Bapak yang sendiri ini sudah cukup banget kok dari uang pensiunan yang Bapak terima setiap bulan. Apalagi ditambah ada beberapa kontrakan yang Bapak punya. Alhamdulilah masih cukup lah.” Jawab Bapak Haryanto.

 

“Alhamdulilah. Bapak kan pensiunan PNS ya, jadi masih dapat uang pensiunan setiap bulannya, Pak?” Tanyaku.

 

“Iya betul nak.” Jawabnya

 

Akhirnya saya sadar akan sesuatu. Langsung saja saya katakan pada suamiku, “Ayah, bukannya kita berdua juga ada uang pensiunan ya?”

 

“Yang mana sih? Ayah gak memperhatikan slip gaji.” Jawab suami.

 

“Loh, BPJS Ketenagakerjaan kan itu uang jaminan tua, Yah? Aku baru inget nih sekarang.” Ujarku.

 

“Ohh itu ya, bener juga ya, Bun. Alhamdulilah, meskipun kita sama-sama bekerja di swasta akhirnya dapat jaminan hari tua juga.”  Kata suamiku.

 

“Iya Yah, jangan khawatir ya untuk masa depan kita nantinya.” Aku menenangkan suami.

 

“Sip, Bunda. ” Jawab suami dengan wajah cerianya.

 

Setelah pembicaraan itu kami menyimpulkan beberapa hal yang harus kami lakukan untuk menghadapi hari tua, diantaranya yaitu:

 

  1. Selalu positif thinking

 

Yang namanya manusia biasanya segala hal dipikir terlalu rumit. Seringkali juga pikirannya negatif dan bawaannya  curiga serta marah-marah. Sebenarnya pikiran seperti itu tidak bagus untuk kesehatan dan masa tua nanti. Pikiran akan menentukan kesehatan kita nantinya. Nah, maka dari itu selalulah berpikir positif apapun yang terjadi dan kita alami sekarang ini. Pikiran positif tentunya akan mempengaruhi gerak-gerik dan emosi kita juga.

  1. Menjaga pola makan

 

Menjaga pola makan itu penting sekali selama kita hidup. Artinya makanlah makan yang halal dan menyehatkan serta kurangi makanan-makanan instan seperti fast food, junk food, msg, penyedap dan perasa makanan, dan makanan-makanan olahan yang lebih banyak dampak buruknya bagi kesehatan. Tubuh kita butuh asupan yang bergizi karena dengan hal tersebut, tubuh akan selalu terjaga kesehatannya. Bila kita makan dengan pola makan sembarangan, efeknya di hari tua kita nanti, pasti akan muncul segala macam penyakit yang akan menyerang tubuh kita. Kalau di hari tua sudah sakit-sakitan, hal itu akan merepotkan orang lain. Menjaga kesehatan sejak dini lebih baik. Demi masa depan dan hari tua yang bahagia tanpa beban apapun.

 

  1. Olahraga

 

Olahraga itu penting sekali untuk kesehatan dan hari tua kita. Hanya beberapa pensen saja manusia yang suka berolahraga demi menjaga kesehatan. Dengan berolahraga tubuh kita akan terkontrol dengan baik. Berolahraga tidak harus yang mahal ataupun ke tempat fitness. Olahraga yang murah banyak sekali. Berolahraga tidak harus yang berat, cukuplah berolahraga yang ringan saja misalnya lari cepat, sit-up, jogging, jalan kaki dan lainnya.

 

  1. Investasi

 

Investasi memang sangat penting untuk masa depan kita menghadapi hari tua. Karena kalau kita sudah tua nanti, pasti akan berhenti bekerja dan tidak produktif lagi menghasilkan sesuatu. Oleh karena itu investasi itu penting sekali.  Investasi bisa berupa apa saja. Misalnya investasi rumah, tanah, tabungan maupun emas.

Investasi itu tidak mahal. Cukup dengan modal beberapa saja bisa kita dapatkan. Karena untuk berinvestasi ke dalam wujud seperti rumah, tanah, tabungan dan emas banyak cara bisa dilakukan. Tergantung bagaimana keinginan kita untuk mewujudkannya.

 

  1. Memiliki jaminan  hari tua

 

Nah ini hal penting yang harus kita punya. Memang sih umur kita sampai batas berapa tahun tidak ada yang tahu. Hanya Allah lah yang tahu sampai kapan kita bisa hidup. Tapi sebagai manusia tentunya kita punya ikhtiar kan, supaya di hari tua nanti hidup kita terjamin.

 

Tak perlu meminta tanggungan kepada anak-anak kita karena nantinya pasti akan merepotkan mereka. Maka dari itu, kita perlu memiliki jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara mendaftarkan diri.

 

Sekarang kami berdua sudah merasa tenang untuk menghadapi hari tua nanti. Karena hidup kami sudah dijamin oleh BPJS ketenagakerjaan. Beruntung perusahaan kami sudah mendaftarkan kami menjadi anggota dan tiap bulannya gaji kami dipotong sesuai dengan besaran yang sudah diatur oleh BPJS Ketenagakerjaan.

 

 

APA SIH BPJS KETENAGAKERJAAN

 

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan adalah Transformasi dari PT. Jamsostek (Persero), yang bertugas melindungi seluruh Pekerja di Indonesia baik Pekerja Penerima Upah (PU) maupun Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

 

 

 

BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 program  perlindungan, yaitu:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

 

Jaminan ini akan memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi selama kita bekerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja bahkan sebaliknya serta penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja kita. Untuk iuran yang dibayarakan oleh kita sebagai peserta penerima upah tergantung pada tingkat risiko lingkungan kerja dan dievaluasi paling lama 2 (tahun) sekali.

 

 

Manfaat yang diberikan oleh JKK ini antara lain yaitu:

  1. Pelayanan kesehatan(perawatan dan pengobatan)
  2. Santunan berbentuk uang
  3. Program Kembali Bekerja (Return to Work)
  4. Kegiatan Promotif dan Preventif yang mendukung terwujudnya keselamatan dan kesehatan kerja
  5. Rehabilitasi berupa alat bantu (orthese) dan/atau alat ganti (prothese) bagi Peserta
  6. Beasiswa pendidikan anak bagi setiap peserta yang meninggal dunia atau mengalami cacat total.

 

2. Jaminan Kematian (JKM)

 

 

Jaminan kematian ini berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia tetapi bukan akibat kecelakaan kerja. Manfaat yang diberikan dengan adanya JKM (apabila peserta meninggal dunia dalam masa aktif, manfaat perlindungan 6 bulan tidak berlaku lagi) ini adalah:

    1. Santunan sekaligus Rp16.200.000,00 (enam belas juta dua ratus ribu rupiah);
    2. Santunan berkala 24 x Rp200.000,00 = Rp4.800.000,00 (empat juta delapan ratus ribu rupiah) yang dibayar sekaligus;
    3. Biaya pemakaman sebesar Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah); dan
    4. Beasiswa pendidikan anak diberikan kepada setiap peserta yang meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja dan telah memiliki masa iuran paling singkat 5 (lima) tahun yang diberikan sebanyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah) untuk setiap peserta. 

Untuk iuran JKM yang dibayarkan oleh peserta diantaranya yaitu:

    1. Bagi peserta penerima gaji atau upah sebesar 0,30% (nol koma tiga puluh persen) dari gaji atau upah sebulan.
    2. Iuran JKM bagi peserta bukan penerima upah sebesar Rp 6.800,00 (enam ribu delapan ratus Rupiah) setiap bulan.

 

3. Jaminan Hari Tua (JHT)

 

 

JHT merupakan program jangka panjang yang diberikan secara berkala sekaligus sebelum Peserta memasuki masa pensiun. Jaminan ini hanya diperuntukkan bagi tenaga kerja atau peserta yang bekerja kepada pihak pemberi kerja. Kepesertaan dari JKM adalah:

 

a. Penerima upah selain penyelenggara negara:

      1. Semua pekerja baik yang bekerja pada perusahaan dan perseorangan
      2. Orang asing yang bekerja di Indonesia lebih dari 6 bulan

Besar iuran yaitu 5,7% dari upah: 2% dari pekerja dan 3,7% dari pemberi kerja. Yang       dimaksud Upah sebulan disini, yaitu terdiri atas upah pokok & tunjangan tetap dari pekerja/penerima upah. Untuk JHT penerima upah ini cara pembayarnnya dilakukan oleh perusahaan tempat para penerima upah bekerja dan pembayarannya dilakukan tanggal 15 bulan berikutnya.

 

b. Bukan penerima upah

      1. Pemberi kerja
      2. Pekerja di luar hubungan kerja/mandiri
      3. Pekerja bukan penerima upah selain poin 2

Besar iuran yang dibayarkan oleh bukan penerima upah adalah didasarkan pada nominal tertentu yang ditetapkan dalam daftar sesuai lampiran I PP. Daftar iuran dipilih oleh peserta sesuai penghasilan peserta masing-masing. Untuk JHT bukan penerima upah ini cara pembayarannya dilakukan sendiri atau melalui wadah dan dilakukan paling lama tanggal 15 bulan berikutnya.

 

  • Manfaat JHT adalah berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, yang dibayarkan secara sekaligus apabila :
    1. peserta mencapai usia 56 tahun
    2. meninggal dunia
    3. cacat total tetap
  • besar iuran yang dibayarkan adalah Didasarkan pada nominal tertentu yang ditetapkan dalam daftar sesuai lampiran I PP. Daftar iuran dipilih oleh peserta sesuai penghasilan peserta masing-masing.

 

4. Jaminan Pensiun (JP)

Jaminan pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

 

  

Manfaat yang diberikan dari Jaminan Pensiun adalah sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.

Peserta Program Jaminan Pensiun adalah pekerja yang terdaftar dan telah membayar iuran. Peserta merupakan pekerja yang bekerja pada pemberi kerja selain penyelenggara negara, yaitu peserta penerima upah yang terdiri dari:

  1. Pekerja pada perusahaan
  2. Pekerja pada orang perseorangan

 

Manfaat Program Jaminan Pensiun

1. Manfaat Pensiun Hari Tua (MPHT)

2. Manfaat Pensiun Cacat (MPC) 

3. Manfaat Pensiun Janda/Duda (MPJD)

4. Manfaat Pensiun Anak (MPA)

5. Manfaat Pensiun Orang Tua (MPOT)

6. Manfaat Lumpsum

7. Manfaat Pensiun diberikan berupa manfaat pasti yang ditetapkan sebagai berikut:

  • Untuk 1 (satu) tahun pertama, Manfaat Pensiun dihitung berdasarkan formula Manfaat Pensiun; dan
  • Untuk setiap 1 (satu) tahun selanjutnya, Manfaat Pensiun dihitung sebesar Manfaat Pensiun dihitung sebesar Manfaat Pensiun tahun sebelumnya dikali faktor indeksasi.

8. Formula Manfaat Pensiun adalah 1% (satu persen) dikali Masa iuran dibagi 12 (dua belas) bulan dikali rata-rata upah tahunan tertimbang selama Masa Iur dibagi 12 (dua belas).

9. Pembayaran Manfaat Pensiun dibayarkan untuk pertama kali setelah dokumen pendukung secara lengkap dan pembayaran Manfaat Pensiun bulan berikutnya setiap tanggal 1 bulan berjalan dan apabila tanggal 1 jatuh pada hari libur, pembayaran dilaksanakan pada hari kerja berikutnya.

10. Dalam hal peserta telah memasuki Usia Pensiun tetapi yang bersangkutan diperkerjakan, Peserta dapat memilih untuk menerima Manfaat Pensiun pada saat mencapai Usia Pensiun atau pada saat berhenti bekerja dengan ketentuan paling lama 3 (tiga) tahun setelah Usia Pensiun.

11. Penerima manfaat pensiun adalah peserta atau ahli waris peserta yang berhak menerima manfaat pensiun.

 

BPJS KETENAGAKERJAAN MOBILE

 

Setelah kami berdua mendaftar dan memiliki jaminan hari tua yaitu BPJS Ketenagakerjaan, kami tak perlu ragu dan cemas lagi untuk masa tua kami nantinya. Biasanya masa pensiunan untuk kami yang bekerja swasta diumur 56 tahun. Jadi kalau kami berdua sudah pensiun dan tidak bekerja lagi, alhamdulilah masih ada jaminan  hari tua yang akan menghidupi kami selama kami tidak bekerja lagi.

 

 

Saya mulai mendapat kartu BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2010. Namun kartu kecil berwarna putih hijau tersebut masih menggunakan nama Jamsostek. Tapi sampai sekarang masih saya simpan dan bisa digunakan lo. Karena sampai dengan detik ini sejak saya pindah pekerjaan lagi, kartu Jamsostek yang lama masih tersimpan rapi. Sedangkan di Kantor B saya sudah mendapatkan Kartu baru yang sudah berlogo BPJS Ketenagakerjaan. Namun saya belum berkeinginan untuk mencairkan saldo yang ada i Kantor lama, karena masih belum terasa membutuhkan. Biarlah nanti saya cairkan ketika memang sudah saatnya pensiun di hari tua nanti. Karena saya yakin saldo Jaminan hari Tua dari BPJSTK akan lebih dibutuhkan di hari tua kita nanti.

 

 

  

Sejak saya pindah perusahaan. Saya diberi tahu oleh rekan kerja saya kalau untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan kita bisa juga melalui mobile. Akhirnya saya dan suami segera menginstal aplikasi mobile BPJS Ketenagakerjaan di HP android kami masing-masing. Setelah terinstal langsung kami registrasi. Langsung deh muncul nama kita, no telepon dan alamat email kita. BPJSTK ini sangat praktis dan memudahkan kita mengetahui isi saldo JHT yang sudah kita dapatkan. Bahkan kita bisa juga lo megklaimnya jika dibutuhkan.

 

 

Ketika membuka aplikasi BPJSTK ada tiga menu yaitu:

1. Saldo JHT. Menu ini digunakan untuk mengecek jumlah saldo yang sudah kita dapatkan, rincian saldo yang ada serta bisa untuk mengklaimnya.

2. Simulasi. Pada menu simulasi, kita bisa lo mensimulasikan berapa sih jumlah saldo yang akan kita dapatkan sampai di akhir masa kita pensiun. Caranya gampang sekali yaitu tinggal memasukkan upah yang kita dapatkan, beserta jumlah tahun dan saldo awal yang ada. Setelah itu tinggal hitung simulasinya. Nanti akan diketahui berapa jumlah yang bisa kita dapatkan. Mudah bukan?Selain itu kita juga bisa mensimulasikan jaminan pensiun kita yaitu cukup memasukkan tanggal lahir serta awal kepesertaan kita, upah saat ini yang kita dapatkan serta kenaikan upah pertahun yang didapat. Baru deh bisa dihitung simulasinya. Tinggal dipraktekkan ya.

Simulasi Saldo JHT

Saldo Jaminan Pensiun

 

 

 

3. Informasi. Pada menu informasi kita bisa mendapatkan beragam info program yang dikeluarkan oleh BPJSTK, serta alamt kantor cabang BPJSTK yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu juga informasi tentang Rumah Sakit Trauma Center.

 

 

Setelah saya mencobanya, saya dan suami sangat dibantu dengan adanya aplikasi BPJSTK mobile ini. Aplikasi ini juga menghindari kita untuk mengantri lama di kantor BPJSTK. Sudah 2 tahun saya bekerja di perusahaan A, jadi saldo JHT yang saya dapatkan di Perusahaan A sejumlah 2 tahunan tersebut. Dan di perusahaan B ini saya sudah bekerja selama 6 tahun. Jadi jumlah saldo JHT yang saya dapatkan sudah cukup lumayan banyak lah ya. Saat ini umur saya sudah mencapai 33 tahun. Jika masa pensiun saya di umur 56 tahun, jadi jumlah saldo JHT saya masih 23 tahun lagi. Masih cukup lama juga ya perhitungannya. Perhitungan yang sama juga pada suami saya.

 

 

Jadi kita berdua tidak ragu dan cemas lagi di masa tua nanti. Kekhawatiran tidak perlu ada, karena dengan BPJSTK manfaatnya sangat besar sekali bagi kami berdua. Kini kita tidak perlu lagi memikirkan apa yang akan kita punyai untuk menghidupi hari tua kita nantinya. Kita sangat bahagia dengan apa yang kita dapatkan selama ini. Sebagai calon orang tua untuk anak-anak kami nantinya, kami sudah melakukan yang terbaik dan akan terus melakukan yang terbaik ketika bekerja, karena orang yang bekerja bukanlah semata mencari pendapatan tapi juga mencari jaminan kebagiaan di masa tua kita nanti. Semua itu kita dapatkan dari perusahaan berkat adanya BPJSTK.

 

Advertisements

Menyempurnakan Penampilan Wanita Dengan Penggunaan Tas

Wanita selalu identik dengan keindahan dan kecantikan, karena wanita memang selalu suka dengan hal tersebut. Tak terkecuali dengan saya sendiri. Setiap wanita akan selalu memperhatikan penampilannya dimanapun dan kapanpun dia berada. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki entah itu pakaiannya, make-upnya, penataan rambutnya, aksesorisnya, tasnya dan sepatunya. Penampilan seorang wanita memang tak harus dilihat dari hal-hal tersebut. Melainkan penampilan seorang wanita adalah bagaimana dia bisa menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Bagaimana kepercayaan dirinya muncul tatkala dimanapun dia berada. Penampilan adalah tentang bagaimana seorang wanita melihat dirinya sebagai seseorang yang mencintai dirinya sendiri. 

 

 

Kita seringkali berpendapat bahwa berpenampilan menarik berarti kita harus mempunyai uang berlebih untuk berpenampilan yang wah dan memakai barang-barang yang branded. Selama ini berpenampilan menarik selalu identik dengan status sosial kita. Tanggapan orang tentang kita bisa dilihat dari cara kita berpenampilan dan apa yang kita pakai. Memang sih hal tersebut benar adanya tapi tidak sepenuhnya hal tersebut benar. Karena di luar sana masih banyak orang berstatus sosial tinggi namun penampilannya biasa saja terkadang tidak menunjukkan tingkat sosial yang sebenarnya. Begitu juga sebaliknya.

 

Saya termasuk tipe wanita yang peduli dengan penampilan. Namun bagi saya untuk berpenampilan tidak harus dengan barang-barang yang serba mewah, branded dan mahal. Meskipun penampilan kita hanya memakai barang-barang yang murah, asalkan apa yang kita pakai itu menarik dan enak dipandang serta tidak terlalu norak dan ramai menjadi tidak masalah bukan? Barang-barang murah juga bisa lo membuat penampilan seorang wanita terlihat elegan dan cantik, tergantung bagaimana kita memadupadankannya supaya terlihat matching.

 

Untuk berpenampilan matching dan menarik, saya selalu melengkapinya tak hanya dengan make-up namun juga dengan aksesoris, tas, sepatu atau sandal yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dimana saya berada.  Saya suka dengan penampilan yang sesuai dengan selera saya dan sesuai dengan apa yang saya suka. Bukan dengan berpenampilan yang meniru orang lain. Salah satu barang yang menjadi pelengkap saat saya berpenampilan adalah tas. Saya suka mengkoleksi banyak tas. Beberapa tas yang saya punya, saya pakai sesuai dengan kapan dan dimana saya beraktivitas. Beraneka ragam model, ukuran, motif dan warna tas selalu menjadi salah satu daya tarik wanita seperti saya. Jadi tidak menutup kemungkinan mengkoleksi banyak tas menjadi sebuah hobi demi menyempurnakan penampilan seorang wanita. Model yang simple dan terkadang unik menjadi selera saya pribadi. Soal harga juga tergantung selera dan ketersediaan uang yang saya punya. Namun saya bukan tipe wanita yang sampai menghabiskan berlembar-lembar uang hanya demi sebuah tas mewah. Yang penting adalah harga terjangkau, tidak norak dan enak digunakan. Kalau kalian sendiri bagaimana?

 

Tas bagi saya termasuk kebutuhan yang harus ada, karena tas akan selalu dibutuhkan bila saya bepergian. Jika bepergian tanpa menggunakan tas, rasanya tangan seperti hampa dan seperti ada yang kurang dalam berpenampilan. Ada beberapa aktivitas yang sering saya lakukan dan membutuhkan tas sebagai pelengkap. Maka dari itu, saya mempunyai beberapa model tas tali wanita yang penggunannya disesuikan dengan aktivitas yang saya lakukan. Diantaranya yaitu:

 

1. Tas untuk kantor

Pekerjaan saya memang sebagai wanita karier atau wanita kantoran. Tas menjadi barang andalan saya ketika pergi ke kantor. Mengapa? Ya, karena ketika ke kantor saya membawa barang-barang yang wajib ada dan diletakkan di dalam tas. Misalnya nih, alat make-up, tisu, dompet, charger handphone, buku dan pulpen, handphone, terkadang pula membawa payung ketika musim hujan. Untuk memuat semua itu, saya lebih senang menggunakan tas yang agak besar dan berselempang sebatas bahu saja. Hal tersebut tentunya akan menampakkan sisi kefemininan saya sebagai seorang wanita. Betul tidak?

Model Tas Kantor

2. Tas untuk bepergian dan shopping

Bepergian dan shopping adalah kegiatan yang wajib saya lakukan setiap minggunya. Bepergian tak harus jauh ke luar kota, bisa saja pergi ke rumah saudara ataupun shopping ke Mall. Pada saat bepergian ada beberapa model tas yang saya suka untuk dipakai. Terkadang saya memakai tas selempang sebahu, terkadang tas selempang dengan tali yang panjang (sling bag) atau bahkan tas ransel bacpaker serta tas ransel wanita feminin.

Ketika bepergian, memang saya lebih suka ukuran tas yang besar, karena bisa memuat segala macam barang yang wajib saya bawa yaitu barang yang sama ketika saya pergi ke kantor. Biasanya ditambah dengan botol minuman yang sudah diisi air putih, demi menjaga diri bila kehausan di jalan. Jadi tidak perlu repot-repot membeli minuman di pinggir jalan. Untuk seorang wanita membawa barang-barang kebutuhan yang urgent dan banyak selama di jalan menjadi hal yang lumrah ya. Namun hal tersebut sih tergantung dengan selera masing-masing saja. Memang nantinya dengan membawa banyak barang, tas akan terisi penuh dan berat. Tapi saya sendiri sudah terbiasa dengan semua itu.

Model Tas Ransel Feminin (sumber: http://www.elevenia.co.id)

 

Model Tas Bepergian (sumber: http://www.elevenia.co.id)

Saat bepergian dan shopping saya tidak mengkhususkan diri mengguankan tas yang berwarna senada dengan baju yang saya pakai. Tapi saya serigkali menggunakan tas yang warnanya netral dan bisa digunakan dengan warna baju apa saja. Misalnya warna tas hitam, putih atau coklat. Tapi tidak menutup kemungkinan saya juga seringkali mencocokkan warna tas dan baju serta aksesoris lainnya dengan warna yang senada, supaya terlihat matching dan enak dilihat.

 

3. Tas untuk kondangan

Nah, untuk tas kondangan ini saya mempunyai banyak model. Saya suka mengkoleksi tas-tas kecil yang unik dan simple dengan beberapa warna. Paling tidak tas tersebut akan cukup ketika diisi dengan dompet, tisu dan handphone saja karena untuk kondangan saya tidak suka membawa banyak barang. Untuk tas kondangan ini biasanya saya pilih yang warna netral, sebab bisa digunakan untuk semua warna baju yang dipakai, misalnya warna hitam, coklat, gold, perak atau putih.

Model Tas Kondangan (sumber: http://www.elevenia.co.id)

Tas itu ibarat seorang kekasih yang harus selalu lengket dan dibawa keman-mana oleh seorang wanita seperti saya. Tanpa membawa tas yang selalu melekat di bahu kita, rasanya seperti terasa ada yang aneh saja. Serasa ada sesuatu yang hilang. Oleh karena itu, seringkali tas itu menunjukkan siapa dan bagaimana jati diri kita sebenarnya.

Sebagai penggemar dan pengkoleksi tas, saya tak hanya membeli secara offline saja, saya juga sering membeli tas secara online. Saat ini banyak sekali e-commerce yag menawarkan beragam warna, ukuran, model dan motif tas yang bagus. Salah satu diantaranya adalah saya sering belanja di situs Elevania yang menawarkan tas-tas bagus dengan harga terjangkau. Belanja online menjadi sebuah kebutuhan bagi saya, karena selain praktis dan cepat, belanjapun tidak perlu pergi jauh ke pasar atau mall yang menjual tas. Hitung-hitung menghindari kecapekan dan ongkos pergi juga. Kalau kamu sendiri bagaimana? Boleh share dong?

Tips dan Persiapan Menghadapi MEA

Apa sih MEA? Dari dulu sejak istilah ini populer, saya sering bertanya-tanya. Maklumlah saya ini orang yang tidak pernah berkecimpung di bidang ekonomi, dan masih awam tentang istilah-istilah tersebut. Namun meskipun awam, saya juga harus tahu dong perkembangan-perkembangan yang terjadi saat ini. Saya tidak perlu belajar ilmu ekonomi lebih detail tapi cukup dengan browsing di internet, maka akan banyak ditemukan artikel tentang definisi MEA dan apapun yang membahas tentang MEA. So sekarang saya sudah mengerti apa itu MEA. Jadi gak gaptek-gaptek amat dong. Apalagi saat ini saya sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan yang harus siap menghadapi MEA tanpa dalih apapun agar tetap bertahan dalam era persaingan ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

MEA adalah kepanjangan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. MEA dibentuk sebagai sebuah agenda integrasi ekonomi negara-negara ASEAN yang bertujuan menghilangkan atau meminimalisasi hambatan-hambatan di dalam melakukan kegiatan ekonomi lintas kawasan, misalnya dalam perdagangan barang, jasa, dan investasi. Di era ini tentunya akan ada daya saing yang tinggi dalam hal perekonomian dan tenaga kerja termasuk saya sendiri. Sudah siapkah diri kita menghadapi hal ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

Mau tidak mau saya harus siap menghadapi era MEA yang sudah berjalan sampai dengan detik ini. Begitu juga dengan masyarakat-masyarakat yang lain terutama yang memiliki UKM atau usaha. Pastinya daya saing akan semakin ketat dan banyak produk dilepas di pasaran. Jika produk dan tenaga kerja tersebut kalah bersaing dengan produk dan tenaga kerja lain, maka besar kemungkinan akan tergerus dan tidak bisa berkembang. Dengan adanya MEA, masyarakat di berbagai negara ASEAN diperbolehkan bekerja di negara mana saja tidak menjadi suatu masalah. Namun harus siap dengan ketatnya persaingan tenaga kerja dari negara-negara lain. Maka dari itu perlu persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapai MEA agar tidak kalah bersaing dengan yang lainnya. Bagi saya pribadi persiapan yang saya lakukan diantaranya adalah:

 

1. Mengasah lebih dalam keterampilan yang dimiliki.

 

Setiap orang pastinya memiliki skillnya masing-masing. Ada kalanya skill tersebut hanya digunakan sekedarnya saja. Padahal kalau kita asah lebih dalam, kita pasti akan sejajar dengan orang-orang hebat lainnya. Mengasah skill tidak hanya terbatas pada usia baik itu tua atau muda. Yang terpenting adalah mempunyai kemauan yang kuat untuk belajar dan mempraktekkan. Mengasah skill pun tidak harus kursus di tempat tertentu tapi bisa juga dengan belajar sendiri secara otodidak. Sekali lagi saya katakan bahwa ini semua adalah tergantung dari kemauan dan tekad diri sendiri.

 

2. Meningkatkan pendidikan.

 

Di era MEA tingginya tingkat pendidikan itu perlu sekali. Karena kita tidak hanya bersaing dengan masyarakat dalam negeri saja tapi juga dari luar negeri. Kalau pendidikan kita masih rendah atau setara SMA, sudah pasti tentunya akan kalah saing dengan yang berpendidikan sarjana atau doktor. Tenaga kerja yang berpendidikan tinggi akan lebih dicari oleh penerima kerja. Dalam hal ini saya tidak mau memojokkan masyarakat yang hanya lulusan sekolah menengah ya. Jadi pendidikan itu penting banget dan gak bisa diabaikan. Rata-rata perusahaan sekarang membutuhkan tenaga kerja diploma atau sarjana. Apalagi kalau kita mau bekerja di luar negeri.

 

3. Memperbanyak komunikasi dan relasi.

 

Hal ini sangat penting bagi saya sendiri. Terutama nih juga buat para pengusaha atau wirausaha. Komunikasi dan relasi itu berhubungan erat dan sama-sama penting. Hal tersebut demi untuk memperkenalkan diri kita kepada masyarakat dunia. Jika kita sebagai pencari kerja, dengan mempunyai banyak relasi kita akan dengan mudah mendapat pekerjaan. Biasanya info pekerjaan didapat dari relasi yang kita kenal. Sedangkan untuk pengusaha, komunikasi dan relasi itu penting yaitu untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk kita kepada orang lain. Biasanya produk akan cepat mudah dikenal dan laris berkat info dari mulut ke mulut. Betul tidak?

 

4. Membuat inovasi dan ide-ide cemerlang.

Nah, era MEA adalah era pasar bebas. Kita semua akan saling bersaing untuk mendapatkan posisi dan sesuatu yang menguntungkan. Tentunya dengan cara yang baik, halal dan tidak curang ya. Jika kita hanya diam saja menunggu instruksi, tentu akan mudah tergerus dan tergeser oleh orang-orang yang lebih mempunyai inovasi dan ide-ide cemerlang. Mereka akan lebih maju dan menjadi bagian terdepan tanpa kita sadari. Jadi keluarkan semua inovasi dan ide-ide cemerlang yang kita punya. Terutama yang sesuai dengan passion kita sendiri. Jangan hanya dipendam saja. Siapa tahu ide-ide kita akan membahana hingga ke dunia. Kalaupun ide yang kita ajukan tidak didengar maka janganlah putus asa. Masih banyak tempat di area pasar bebas ini yang akan menampung ide-ide kita. So, maju terus pantang mundur.

 

5. Tidak gagap teknologi.

 

Nah, ini juga menjadi salah satu hal penting dalam era MEA saat ini. Teknologi sudah mendunia bahkan era sekarang semua pekerjaan dan peralatan sudah menggunakan teknologi canggih. Bahkan selalu mengalami pembaharuan dalam setiap sesinya. Di dunia bisnis, teknologi itu penting demi kelancaran dan kemajuan usaha. Bagaimana kita akan memperkenalkan produk dan tenaga kerja kita sendiri kepada pasar dunia, jika kita tidak bisa menguasai teknologi? Siapkah belajar teknologi dari sekarang?

 

6. Menguasai bahasa internasional.

 

Mengerti kan apa yang saya maksud bahasa internasional? Jawabannya adalah Bahasa Inggris. Bahasa yang digunakan oleh seluruh dunia dalam berkomunikasi. Nah, di era pasar bebas ini kita akan berhubungan dengan masyarakat di negara-negara ASEAN baik secara langung maupun tidak langsung dan bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib dikuasai dan dipelajari. Lebih baik lagi kalau kita juga bisa menguasai bahasa lainnya misalnya bahasa Mandarin, Jepang, dan lainnya. Hal tersebut akan menjadi nilai lebih kita di mata pemberi kerja.

 

Nah, hal-hal diataslah yang menjadi persiapan saya dalam menghadapi era MEA saat ini. Mumpung masih muda, ilmu, komunikasi, relasi dan teknologi harus dikuasai sedikit demi sedikit. Tak ada yang tak mungkin, bila kita punya tekad, keinginan dan kemauan. Siapa yang siap melangkah itulah yang akan mendapatkan kesuksesan. Namun sejauh mana kita melangkah tetaplah ingat pada Sang Pencipta agar apa yang kita hadapi dalam persaingan pasar bebas ini diridhoi dan diberikan kemudahan. Perjuangan itu tidak mudah. Tetaplah banyak bersyukur, supaya yang kita lakukan menjadi berkah. Jadi, sudah siapkah menghadapi MEA?

Gerhana Matahari dan Ayat-Ayat Allah

Pertama kali mengenal apa itu Gerhana Matahari yaitu ketika ada pelajaran IPA sewaktu SD. Saat itu saya masih belum mengerti seperti apa Gerhana Matahari. Melihat langsung pun saya belum pernah. Dulu banyak sekali mitos yang muncul dengan kehadiran Gerhana Matahari dan sering dihubungkan dengan kepercayaan suatu agama. Nah mitos itu yang membuat saya dan semua orang takut untuk melihat Gerhana Matahari secara langsung saat itu.

 

Mitos Gerhana Matahari

Prediksi atau ramalan terjadinya Gerhana Matahari bermula pada zaman purbakala yaitu zaman Babilonia. Sehingga muncullah mitos-mitos pada zaman tersebut (sekitar 700-600 SM) yaitu horoskop (ramalan bintang), dengan zodiak (rasi bintang di langit), ekliptika (bidang edar Matahari) dan pemahaman egosentris, sehingga akhirnya berkembang menjadi paham geosentris dan kemudian ke paham heliosentris. Mitos–mitos tersebutlah yang sampai sekarang masih dipercayai oleh sebagian orang.

 

Keberadaan mitos-mitos yang berkembang adalah merupakan sebuah rasa keingintahuan dari manusia terhadap gejala alam yang terjadi. Keingintahuan itulah yang akhirnya dihubung-hubungkan dengan peristiwa yang terjadi saat Gerhana Matahari tanpa melalui pola pikir dan pengetahuan serta penelitian ilmu secara mendalam. Seperti mata akan buta kalau melihat gerhana Matahari, terjadinya gerhana Matahari karena Bulan sedang ditelan oleh batarakala atau buto ijo, adanya bencana, adanya kematian dan kelahiran dan bahkan kita tidak boleh melakukan apapun saat Gerhana Matahari karena akan berdampak buruk terhadap kita sendiri. Pola pikir itulah yang sampai sekarang turun temurun dalam kepercayaan tertentu.

 

Tapi kali ini mitos yang menakutkan tersebut sudah tidak ada lagi. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, mitos-mitos yang ada mulai hilang. Manusia diberi pemahaman berdasarkan penelitian dan riset secara ilmiah. Justru saat sekarang kita diperbolehkan melihat Gerhana Matahari total secara langsung asalkan ada alat pelindung yang kita gunakan seperti teleskop yang sudah diberi filter atau plastik film hitam putih (klise) untuk fotografi. Sebab peristiwa alam ini sangat penting sebagai ilmu pengetahuan bagi manusia dan rasa syukur kita atas ciptaan-Nya.

 

Ayat-ayat Allah tentang Gerhana Matahari

 

Gerhana Matahari dan Ayat-ayat Allah (doc. Detik+modifikasi)

 

 

 

 

 

 

Sebenarnya jawaban tentang mitos-mitos tersebut sudah dijelaskan di dalam Al -Quran, bahwasanya terjadinya Gerhana Matahari adalah sebuah kekuasaan dari Sang Pencipta yaitu Allah SWT bukan sebuah hal yang mistis dan ghaib. Itulah ketetapan Allah yang patut kita imani keberadaannya. Dalam kuasa tersebut, Allah mampu menunjukkan kepada manusia bahwa Allah mampu mengatur alam dan seisinya sesuai dengan apa yang Ia tetapkan. Beredarnya matahari, bulan dan bumi menjadi satu garis lurus sehingga menimbulkan Gerhana Matahari menunjukkan adanya keteraturan peredaran orbit dari masing-masing benda langit tersebut. Maka dari itu bertaqwalah wahai manusia atas kebesaran Sang Maha Pencipta. Seperti yang sudah dijelaskan dalam Al-Quran sebagai berikut:

 

”Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.” (Ar-Rahman : 5)

 

“Dan Dia (Allah) telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.” (QS. Ibrahim 14:33)

 

“Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ’Arsy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.” (QS. Ar-Ra’d 13: 2)

 

“Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami(nya).” (QS. An Nahl 16: 12)

 

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (QS. Al Anbiya 21: 33)

 

Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: “Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?” Tentu mereka akan menjawab: “Allah”, maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar).” (QS. Al Ankabut 29: 61)

 

“Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Luqman 31:29)

 

Nah itulah ayat-ayat Allah yang tercantum dalam Al-Quran. Sudah jelas waktu terjadinya Gerhana Matahari merupakan ketetapan-Nya yang tidak bisa dibantah. Matahari, bulan dan bumi beredar sesuai dengan orbitnya adalah sebuah tanda ketundukan dan kepatuhan kepada pencipta-Nya. Maka dari itu bagi umat muslim jika kita bisa melihat secara langsung terjadinya Gerhana Matahari maka disunnahkan agar melakukan shalat sunnah Gerhana Matahari.

 

Fenomena Gerhana Matahari

Tak hanya dunia science yang selalu menanti-nanti moment langka ini sebagai ilmu dan riset dalam dunia pendidikan. Bahkan dunia fotografi dan perblogeran yang saat ini mulai bermunculan pun juga turut memeriahkan dan meramaikan peristiwa alam yang langka ini. Mereka berbondong-bondong dan sangat antusias untuk mengabadikan peristiwa Gerhana Matahari Total secara langsung di tempat perlintasannya. Bahkan hampir semua penduduk Indonesia dari seluruh nusantara ingin menyaksikannya secara langsung. Tapi jangan lupa untuk melakukan shalat Gerhana Matahari saat melihatnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saat ini Gerhana Matahari yang akan terjadi di Indonesia tanggal 9 Maret 2016 ini sudah menjadi trending topik yang banyak dibicarakan oleh banyak orang. Tak hanya itu saja KEMENPAR pun sudah jauh-jauh hari sejak akhir Desember 2015 kemarin sudah membuat promosi besar-besaran dan akan diperkirakan ada lima juta wisatawan domestik dan 100 ribu turis asing yang akan berkunjung ke Belitung. Dengan promosi itu diharapkan akan menambah pendapatan negara di bidang pariwisata. Beruntung sekali ya Indonesia menjadi wilayah yang dilalui Gerhana Matahari. Pastinya penduduk yang tinggal di daerah perlintasan gerhana lebih beruntung dong, karena mereka bisa secara langsung menyaksikan tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri. Berbeda dengan penduduk dari daerah lain yang berniat untuk menyaksikan Gerhana Matahari di belitung harus rela mengeluarkan dana sendiri agar bisa melihat dan mengabadikan moment langka tersebut.

 

Saya sih mau lo kalau diajak gratis pergi ke daerah pelintasan gerhana untuk menyaksikan secara langsung. Siapa sih yang tidak mau? Apalagi tempatnya di Pulau Belitung, sebuah tempat fenomenal dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang terkenal itu. Sekali mendayung dua pulau terlampaui. Dengan berkunjung ke Belitung menyaksikan gerhana saya juga bisa melihat secara langsung kota tempat lahir Andrea Hirata dan lokasi Laskar Pelangi diceritakan. Asyik kali ya. Peristiwa yang sudah lama ingin saya saksikan untuk pertama kalinya. Karena sebelumnya saya tidak pernah tahu secara langsung seperti apakah wujud nyata Gerhana Matahari. Selama ini yang saya tahu hanya melalui buku dan foto foto saja. Apalagi kalau pergi kesana tuh diajakin sama Detikcom langsung selama 2 hari 1 malam. Hmm, masih bermimpi menjadi kenyataan. Maka dari itu dengan membuat tulisan tentang Gerhana Matahari di blog pribadi menjadi salah satu alternatif saya supaya bisa terpilih menjadi salah satu Laskar Gerhana Detikcom. Mudah-mudahan saja ya. Usaha itu tak ada batasnya. 

 

9 Gerhana Matahari Total yang melintasi Indonesia (doc.detik)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peristiwa Gerhana Matahari ini baru terjadi 9 kali di Indonesia. Itupun area perlintasannya hanya di daerah tertentu saja. Beberapa daerah di Indonesia yang menjadi tempat perlintasan Gerhana Matahari, diantaranya ada 12 propinsi yaitu: Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Sumatra Barat. Kota yang dilintasi Gerhana Matahari dengan durasi paling lama yaitu Kota Maba, Kab Halmahera Timur, Maltara, 3 menit 17 detik. Kota Luwuk, Kab Banggai, Sulawesi Tengah, 2 menit 50 detik. Kota Ternate Maltara, 2 menit 45 detik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saat terjadinya Gerhana Matahari, ada waktu-waktu dan peristiwa tertentu yang diburu para wisatawan, yaitu saat terjadinya Baily’s Beads, efek cincin berlian dan kromosfer matahari. Ketiga fenomena tersebut hanya bisa disaksikan di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebenarnya peristiwa terjadinya Gerhana Matahari ini ada empat jenis yaitu:

 

1.Gerhana matahari total yaitu terjadi apabila posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Gerhana Matahari sebagian terjadi apabila posisi piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari sehingga ada bagian dari Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.

Proses Gerhana Matahari Sebagian ( doc. Google)

 

 

 

 

 

 

 

3. Gerhana matahari cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari sehingga ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Akibatnya tidak seluruh piringan Matahari tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin (doc. Google)

 

 

 

 

 

 

 

4. Gerhana matahari hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

 

Jika keempat peristiwa dari Gerhana Matahari itu bisa kita abadikan, sungguh sangat beruntung sekali. Terutama para fotografer yang selalu mencari moment-moment unik dan langka sebagai dokumentasinya. Sebagai ilmu science kita bisa mempelajari terjadinya Gerhana Matahari berdasarkan ilmu pengetahuan dan riset manusia. Tapi berdasarkan Al-Quran, peristiwa Gerhana Matahari adalah sebuah ketetapan Allah SWT, bahwa matahari, bumi dan bulan adalah ciptaan Allah yang tetap tunduk dan patuh dengan tetap beredar sesuai orbitnya tanpa melenceng sedikitpun. Maka dari itu nikmat Tuhan yang manakah yang kau dustakan.

 

Laskar Garhana Detikcom

 

 

 

 

 

 

 

Jadikanlah peristiwa ini sebagai sebuah bentuk keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Serta sebuah rasa syukur atas ciptaanNya dan atas kebesaranNya. Salah satunya yaitu melakukan shalat sunnah  Gerhana Matahari, banyak berzikir dan berdoa sebagai bentuk rasa syukur kita. 

 

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gerhana_matahari

 

http://m.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/16/02/13/o2hoc1372-kemenpar-gencar-promosikan-gerhana-matahari-total

 

http://m.detik.com/news/berita/3143494/pemkab-belitung-bersiap-diserbu-7000-turis-gerhana

 

http://m.detik.com/news/berita/3143435/ribuan-pembaca-detikcom-ikut-kontes-laskar-gerhana-matahari-total

 

http://seputarpendidikan003.blogspot.co.id/2015/03/gerhana-bulan-dan-gerhana-matahari.html?m=1

 

https://m.tempo.co/read/news/2016/01/22/061738396/sejarah-gerhana-matahari-total-di-indonesia

 

http://sunrisebw.blogspot.co.id/2013/06/gerhana-mitos-dan-kekuasaan-tuhan.html?m=1

 

Pengalaman dengan Pulsa sampai Menjadi Agen Pulsa

Sejak ada alat komunikasi dengan smartphone yang canggih sekarang ini, termasuk dengan maraknya penggunaan internet yang sudah menjadi kebutuhan pokok manusia, sayapun tak mau ketinggalan dengan hal kekinian yang menjadi era saat ini. Jangan dikira memakai HP dan internet tuh hanya bermodalkan punya gadgetnya saja. Tentunya modal uang juga lo. Kalau gak punya uang, terus beli pulsanya dari mana coba? Apalagi kalau pulsanya yang digunakan gak cuma untuk satu gadget saja. Kalau punya banyak gadget, mulai dari HP, wifi, modem internet, bahkan ipad, kan otomatis pengeluaran pulsa makin bertambah dong. Otomatis pula kerja keras juga buat dapat tambahan uang. Betul tidak?  Ini nih yang harus di menej supaya gak boros pulsa. Apalagi kalau jadi orang yang super sibuk dan selalu komunikasi telepon dengan orang lain seperti klien gitu. Waduh… bisa-bisa pulsa 100.000 bisa jebol dalam 2 hari. Kacau dah kalau sudah begini.

 

Kebutuhan pulsa memang gak bisa jauh-jauh ya dari kehidupan saya. Tidak ada pulsa di HP atau di modem tuh rasanya seperti hidup di rimba. Hehehe, tak ada yang bisa dihubungi, tak ada jaringan internet dan jauh dari peradaban deh. Duh…. udah maniak nih dengan teknologi. Udah gak bisa dipisahin dari teknologi. Gimana kalau nanti beneran ya hidup di rimba. Salut deh ama mereka yang masih hidup tenang dan jauh dari peradaban. Hebat…

Pulsa untuk komunikasi telepon dan SMS.

 

Saya sendiri mengenal HP sejal awal kuliah, saat itu juga saya mengenal bahwa yang namanya pulsa tuh sangat bernilai banget. Makanya sebagai mahasiswa penggunaan pulsa diirit banget deh. Kalau gak perlu-perlu amat, gak pake acara teleponan atau smsan. Kalau perlu datengin aja deh rumah temen yang dibutuhin (ih,,pelit amat sih jadi orang. Loh..kan mahasiswa… uang jajan juga dari orang tua yang sangat terbatas, jadi pandai-pandailah mengatur uang. Bukannya begitu?. Yang sudah pernah jadi mahasiswa, pasti pernah ngerasain juga deh). Kalaupun mau nelpon cukup untuk keluarga saja. Untuk pacar? Oh..bersyukurlah saya saat itu tidak mengenal pacaran (pacaran itu kan dilarang oleh agama saya), jadi amanlah pulsa saya tidak boros digunakan untuk nelpon-nelpon pacar. Tsahhh?!!!!  

 

Saat kuliahpun pulsa yang saya gunakan cukup untuk telepon dan sms, itupun karena saya masih belum mampu untuk beli HP yang ada aplikasi internetnya. So beinternet ria cukuplah pergi ke warnet. Toh deket tempatnya sama kosan saya. Dengan adanya pulsa di HP, saya bisa berkomunikasi dengan orang tua dan adik-adik di kampung. Maklumlah namanya mahasiswa kan sukanya merantau. Makanya merantau itu ada enak dan gak enaknya. Kalau sudah menelepon dan mendengarkan suara orang tua atau adik di kampung tuh rasanya puas, nyaman dan tenang daripada hanya sekedar sms saja. Seperti ikatan batin yang memancar melewati jaringan udara dari telepon.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apalagi waktu itu biaya untuk telepon lebih murah hanya dengan menggunakan talk mania. Bahkan masing-masing  provider, saling mempromosikan brandnya untuk menarik perhatian pelanggan dengan biaya sms dan telepon yang berpaket-paket. Kalau saya sih tidak suka ya gonta-ganti no telepon. Karena saya tuh orangnya sangat setia, cukup satu nomer saja dan gak bisa pindah ke lain hati. Bahkan nomor HP yang saya gunakan saat kuliah sampai sekarang masih saya pakai. Saya teringat dulu semasa kuliah, satu bulan saja saya sudah menghabiskan pulsa sebesar 50 ribu rupiah. Itupun kadang ada sisanya  dan lumayanlah bisa lebih hemat. Sebab pulsa saat itu masih mahal harganya.

 

Di jaman 3G dan 4G saat ini, kebutuhan komunikasi pun sangat penting. Banyak aplikasi yang memudahkan saya berkomunikasi dengan orang tua, saudara dan teman-teman. Mulai dari FB, BBM, Twitter,Line, WA. Memang sih cara komunikasi hanya dengan tulisan saja itu rasanya kurang puas karena tidak langsung mendengar suara orangnya. Makanya saya lebih puas berkomunikasi tetap dengan menelepon dan juga menggunakan video call yang ada di LINE. Rasa kangen pun  terobati.

 

Pulsa untuk berinternet

 

Nah.. seiring berjalannya waktu, sekarang  jaringan 3G dan 4G sudah mulai menjamur. Saya sih sudah lulus kuliah dan alhamdulilah sudah bekerja. Kebutuhan untuk berselancar di internet dengan lebih mudah sangat diperlukan. Apalagi saya selalu membutuhkan referensi dari internet untuk menunjang kerjaan saya. Baik itu artikel ataupun gambar.  Terutama pula buat menulis blog. Kebutuhan akan internet di smartphone itu sangat penting, selain praktis, nyaman dan bisa digunakan dimana saja saya berada. Yah..meskipun saya sudah menggunakan paketan untuk berinternet, tapi kalau paketnya digunakan terus menerus untuk semua aplikasi sih sama saja, cepat habisnya. Pada akhirnya ngeluarin duit lagi buat pulsa lagi. Semakin canggih teknologi, tentunya saya juga harus semakin canggih dong mengatur penggunaan pulsa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak hanya HP saja yang butuh internet, tapi juga laptop butuh modem internet. Rasanya kalau bekerja dan ngeblog kalau tidak pakai layar yang besar seperti laptop tuh kurang puas saja. Makanya modem pun dibutuhkan sangat. Saya tetap hanya menggunakan satu provider dan tidak mau gonta-ganti. Kadung cintanya sih sama provider yang saya punya. Nah… dengan adanya modem, jadwal DL pun cepat saya selesaikan dengan waktu yang singkat. Browsing pun dengan cepat pula. Tak perlulah malam-malam nongkrong di warnet sampai tengah malam. Selain buang-buang waktu, mending punya modem sendiri, browsing sendiri di kamar sambil tiduran, minum kopi, dan ngemil. Asyik kan? Pastinya, modem adalah barang wajib yang harus dibutuhkan. Apalagi bagi yang punya wifi deh, wah.. bakalan puas banget tuh kerja dan ngeblognya. Mau browsing film dan video pun fine-fine aja, kan pulsanya unlimited. Tapi tetep dong bayar tiap bulan.

 

Pulsa untuk berselancar di dunia Sosmed

 

Sekarang tuh sudah jamannya sosmed dan yang gak punya sosmed biasanya dianggap gaptek. Bagi yang mengikuti dunia sosmed biasanya disebut kekinian. Tapi sebenarnya semua itu pilihan sih. Bagi saya sendiri, tetap harus diikuti perkembangannya. Sosmed bukan cuma untuk pamer dan bernarsis ria saja. Tapi juga untuk sharing hal-hal yang berguna dan bermanfaat selama itu bisa memberikan kontribusi positif untuk orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagi saya sih, sosmed itu pentinglah ya. Sharing hasil tulisan di blog supaya bermanfaat buat orang lain. Sharing hasil kerjaan buat teman kerja dan atasan lewat messagenya. So..kalau punya pulsa baik di HP atau di modem, saya gunakan dengan bijak terutama di dunia sosmed. Kalau pulsa habis, berhenti dulu browsing-browsingnya. Puasa dulu sampai ada pulsa lagi. Solusinya ya beli pulsa elektrik di toko pulsa elektrik jakarta atau teman yang jual pulsa murah. Caranya cukup BBM atau WA teman yang jual pulsa. Apalagi pulsa sekarang jauh lebih murah daripada dulu. Praktis deh.

 

Pulsa untuk  menambah penghasilan

Ssaya gak bisa deh jauh-jauh dari yang namanya smartphone dan internet. Entahlah sepertinya gadget sudah sejiwa dengan saya. Bahkan sepertinya gadget sudah menjadi barang yang wajib dibawa kemana-mana. Kalau pulsa sudah habis atau masa berlakunya habis. Detik itu juga saya cepet-cepet beli pulsa. Supaya bisa berkomunikasi lagi. Nah… untuk memudahkan saya mengisi pulsa. Saya sekarang jadi agen pulsa dari Pojok Pulsa lo. Tahu infonya sih dari adik saya. Beruntunglah saya tahu info ini. Jadi kapanpun juga saya bisa mengisi pulsa untuk diri sendiri maupun untuk saudara-saudara saya. Tadinya daftar jadi agen pulsa tuh cuma buat diri sendiri saja. Supaya gampang ketika pulsa habis dan malas pergi ke tukang pulsa dekat rumah. Malas juga harus gangguin teman yang jual pulsa murah tengah malam hanya untuk beli pulsanya. Kan gak sopan. Nah.. kalau punya toko pulsa elektrik sendiri jadi lebih gampang isi-isi pulsa sendiri. Tengah malampun mau isi pulsa gak jadi masalah. Fine-fine saja. Komunikasi sama orang tengah malam tetap lancar dong.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhubung menjadi agen pulsa tuh memberi keuntungan, akhirnya saya jual-jualin tuh pulsa elektrik ke saudara-saudara dan teman-teman. Lumayanlah ada pelanggan yang mau beli pulsa elektrik pada saya. Meskipun cuma dapat untung yang gak seberapa. Lumayanlah buat bayar ongkos naek getek dari rumah ke seberang sungai yang cuma berapa perak saja. Hehehehehe….

Bersyukurlah sampai sekarang masih setia dengan Pojok pulsa yang oke banget. Proses deposit lancar dan proses pengiriman pulsa pun lancar. Alhamdulilah selama ini lancar jaya. Pojok pulsa adalah pusatnya pulsa murah Jakarta dan pulsa elektrik Jakarta.  Karena saya tinggalnya di Jakarta, dengan adanya pulsa elektrik Jakarta dari Pojok Pulsa, saya jadi lebih dibantu. Menjadi agen pulsa juga ada suka dukanya. Sukanya sih banyak yang beli dan lancar pembayarannya. Dukanya sih, kadang kalau yang beli temen atau saudara nih, sukanya ngutang dulu. Nah, baru nanti bayarnya nunggu mereka gajian. Ahay…padahal saya juga butuh uang itu buat beli deposit lagi. Tapi tak apalah, toh saya masih punya persediaan uang lebih untuk deposit pulsa (Ih..pamer). Satu lagi nih dukanya, kalau lagi gak ada deposit, terus tiba-tiba ada yang mau beli pulsa. Oh no, hilang peluang keuntungan seperak nih. Biar gak hilang, cepet-cepet deh saya isi deposit dengan mobile banking dong. Jadi gak perlu jauh-jauh ke ATM atau bank. Praktis banget kan? Jadi agen pulsa tuh menyenangkan deh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah…buat yang berminat untuk jadi agen pulsa, bisa langsung daftar di webnya pojok pulsa lo, langsung saja ke link ini http://pojokpulsa.co.id/ atau bisa juga daftar jadi downline saya juga boleh. Saya terima dengan tangan terbuka (ngarep sih). Soalnya kalau semakin banyak yang daftar jadi downline saya, otomatis nantinya saya bakalan dapat bonus dari setiap transaksi yang dilakukan oleh downline saya. Asyik kan? hanya saja, cara daftar menjadi downline beda dengan cara daftar sendiri. Bonus setiap transaksi bervariasi lo, mulai dari Rp.25 sampai Rp.500. Lumayan kan, buat tambah-tambah uang jajan permen. Asyik. Syarat utama mau jadi agen cukup punya satu handphone saja. Punya beberapa nomor sim card juga boleh lo. So, kalau sudah daftar, nanti bisa melakukan semua transaksi mulai dari transaksi isi ulang pulsa elektrik semua operator, voucher PLN prabayar bahkan voucher Game Online. Mau tahu langkah mudahnya mendaftar, coba aja cara dibawah ini:

Mau daftarpun gratis kok, gak dikenakan biaya. di Link pojok pulsa sudah dijelaskan dengan sangat lengkap semua ketentuan yang kamu butuhkan, mulai dari cara daftar, cara deposit, cara jual pulsa, harga masing-masing provider, no telepon customer service dan lainnya deh. Pokoknya lengkap-kap banget. So…nunggu apalagi? Buruan deh jadi agen pulsa Pojok Pulsa. Gak bakalan rugi, justru malah dapat untung.

 

HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku

HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku. Artikel Lomba Hari Pangan Sedunia 2015 diselenggarakan PERGIZI PANGAN Indonesia.

Sebagai negara agraris yang terdiri dari berbagai pulau, tentunya mata pencaharian utama penduduk Indonesia adalah dibidang pertanian. Negara kepulauan dengan banyaknya sawah-sawah dan ladang menjadi bekal petani Indonesia dalam mengatasi masalah pangan. Mereka menggarap lahan pertanian dengan disiplin dan bisa memberikan kemakmuran bagi masyarakat yang lain. Masalah pangan menjadi sesuatu hal sangat sensitive dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat suatu negara. Tidak hanya diperhatikan oleh masyarakat suatu daerah saja tapi juga perlu diperhatikan oleh Pemerintah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seiring dengan kenaikan rupiah terhadap dollar, mengakibatkan harga pangan menjadi melonjak di pasaran. Hal ini pastinya akan mengganggu stabilitas perekonomian negara kita. Masyarakat akan merasakan dampak yang akan terjadi nantinya. Angka kemiskinan akan semakin bertambah. Lihat saja saat ini, lahan-lahan pertanian sudah mulai berkurang. Tak hanya di kota-kota besar, bahkan di daerah-daerah yang biasanya sumber mata pencahariannya adalah pertanian. Banyak pembangunan dimana-mana. Tak hanya bangunan gedung-gedung perkantoran dan pendidikan. Namun juga mall-mall dan perumahan-perumahan. Lahan pertanian hilang tak bersisa. Hanya meninggalkan jejak sejengkal tanah saja. Sebenarnya sangat miris akan itu semua. Sebutan negara agraris yang digadang-gadang sepertinya sudah mulai pudar. Di kota besar, semua lahan sudah terbangun bangunan masif. Lalu kemana kita harus mencari lahan untuk bertani? Hal ini perlu diperhatikan lebih jauh lagi oleh Pemerintah. Apalagi sekarang ini masyarakat Indonesia yang menjadi petani sudah mulai bekurang. Sebagian besar dari mereka merantau ke kota besar untuk mencari pekerjaan lain yang lebih baik dari segi gaji dan tempat kerjanya. Keahlian turun temurun dalam bidang pertanian di daerah pun tak dapat ditularkan kepada keturunanya. Sangat miris sekali ya.

 

Ditambah lagi, banyaknya hasil pertanian yang harus diimpor dari negara lain oleh pemerintah. Padahal semestinya kita yang digadang-gadang sebagai negara agraris seharusnya malah mengekspor hasil pertanian kita ke negara lain. Apakah ini sebagai bukti kemunduran negara kita. Ternyata kita masih belum mampu bersaing dengan kemajuan negara lain terutama di sektor ekonomi.

Petani dan Pangan

 

Petani dan pangan adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Mereka saling berhubungan. Jika tidak ada petani, maka pertumbuhan pangan akan terhenti. Namun jika tidak ada pangan, maka jumlah petani akan tergerus. Sebagai negara agraris, petani itu adalah orang yang mulia. Merekalah yang berjuang dalam membantu pertumbuhan ekonomi negara kita. Merekalah yang bekerja dengan ikhlas untuk menghasilkan kebutuhan pangan bagi kita. Bayangkan jika mereka tidak ada dan jika lahan pertanian sudah berkurang. Tentunya kita tak akan punya sandaran dari bidang pertanian. Semua kebutuhan pangan kita akan selalu diimpor dari luar. Akankah menjadi seperti itukah negara kita nantinya?

 

Seperti kita ketahui bahwa seorang Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, dengan cara mengelola tanah untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman seperti padi, bunga, buah dan lain lain dan hasilnya nanti bisa digunakan untuk diri sendiri atau dijual kepada orang lain. Sedangkan Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang menghasilkan makanan atau minuman untuk dikonsumsi oleh manusia, termasuk juga Pangan, bahan baku Pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

 

 

Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku

 

Kebanyakan petani hidup di desa. Sebuah daerah dimana menjadi petani adalah mata pencaharian pokok bagi penduduk desa. Dulu lahan pertanian terbentang luas di semua pedesaan. Lahan hijau dan subur menampakkan indahnya pemandangan dan makmurnya desa tersebut. Namun kini… mulai sedikit lahan pertanian yang bisa kita temui. Bahkan sudah mulai bisa dihitung banyaknya.

 

Desa yang mempunyai lahan pertanian merupakan sumber utama produksi pangan kita baik itu berupa beras, jagung, susu, telur, daging, sayuran, dan lainnya. Desa dan petani tidak hanya mampu menghasilkan produk pangan saja. Namun bisa lebih daripada itu. Produk pangan yang aman dan berkualitas juga dibutuhkan selain untuk kesejahteraan masyarakat juga demi perbaikan gizi masyarakat terutama bagi perkembangan anak-anak generasi penerus bangsa. Pangan dan gizi adalah hal yang terikat, agar perkembangan pangan semakin berkembang. 

 

Petani tak hanya bertugas untuk memproduksi pangan sebanyak-banyaknya, namun keamanan dan kualitas produk pangan tersebut harus diperhatikan juga. Sehingga produktivitas pertanian menjadi meningkat dan masyarakat kita yang mengkonsumsi produk pangan menjadi sehat dan bergizi. Dalam hal ini perlu ada perbaikan mengenai keamanan dan kualitas produk pangan yang dihasilkan. Pantaslah kalau mereka disebut sebagai petani pejuang pangan dan gizi bangsaku. Perjuangan mereka penuh keringat yang tak henti bercucur. Rela berpanas-panas di tengah teriknya matahari. Rela mengeluarkan segenap tenaga untuk mencangkul, menanam, menggarap lahan, mengairi, melaut, menyemai dan lainnya. Meskipun tenaga yang besar dibutuhkan, tapi mereka ikhlas. Penghasilan yang tidak seberapa sudah menjadi tumpuan mereka dalam memperjuangkan hidup. Untuk itulah mereka disebut sebagai petani hidup dan mati bangsaku.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Petani tidak dapat bekerja sendiri untuk memenuhi itu semua. Tapi perlu juga ada dukungan dan bantuan dari pemerintah termasuk lembaga pemerintahan di tingkat desa. Masyarakat juga berperan aktif terhadap terselenggaranya kebutuhan pangan yang aman dan bergizi. Tanpa kerjasama yang erat dan kuat, mustahil produktivitas pangan yang berkualitas dan berkuantitas akan tercipta. Petani tulang punggung pangan dan gizi bangsaku, merekalah tumpuan utama kita tetap hidup dalam perekonomian baik dengan produk pangan yang aman dan bergizi. Sehingga kita tak perlu lagi melakukan pengimporan produk pangan, yang jelas-jelas kita sendiri bisa memproduksinya. Selain itu jangan sampai produk pertanian yang kita hasilkan kalah bersaing dengan produk dari negara lain yang sejatinya lebih berkualitas dengan harga yang bersaing. Jangan sampai masyarakat kita sendiri lebih suka dan cinta dengan produk negara lain yang lebih berkualitas serta aman.

 

Meningkatkan Ketahanan Pangan

 

Pangan mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat dunia termasuk Indonesia. Jika ketahanan pangan terganngu maka akan berdampak terhadap segala segi pemerintahan terutama perekonomian, sosial dan politik. Maka dari itu perlunya ketahanan pangan bagi bangsa kita adalah demi kestabilan negara dan kesejahteraan rakyat Indonesia itu sendiri. Menurut UU No. 18/2012 bahwa Ketahanan Pangan adalah “kondisi terpenuhinya Pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan”.

 

Dengan adanya UU tersebut, jelaslah bahwa dengan memperkuat ketahanan pangan, maka otomatis akan memperkuat kedaulatan pangan (food soveregnity), kemandirian pangan (food resilience) serta keamanan pangan (food safety).

Kedaulatan Pangan adalah hak negara dan bangsa yang secara mandiri menentukan kebijakan Pangan yang menjamin hak atas Pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem Pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal”. Kemandirian Pangan adalah kemampuan negara dan bangsa dalam memproduksi Pangan yang beraneka ragam dari dalam negeri yang dapat menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup sampai di tingkat perseorangan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi, dan kearifan lokal secara bermartabat”. “Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah Pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tiga pilar dalam ketahanan pangan adalah ketersediaan (availability), keterjangkauan (accessibility) fisik maupun ekonomi, dan stabilitas (stability). Ketiga pilar ketahanan pangan tersebut harus terpenuhi, sehingga masyarakat atau rumah tangga dapat memenuhi ketahanan pangannya masing-masing. Ketiganya harus terwujud bersama-sama dan tidak terpisahkan, bila salah satu tidak ada, maka ketahanan pangan akan rusak. Agar ketahanan pangan bisa ditingkatkan, maka perlu adanya kebijakan pangan yang mampu mengakomodasikan penawaran dan permintaan yang dihadapi di lapangan. Keterlibatan masyarakat dalam hal ketahanan pangan mampu meningkatkan kemadirian pangan yang juga akan melahirkan konsep kedaulatan pangan. Dalam hal ini peran masyarakat sangat diperlukan sehingga aspek lingkungan, sosial budaya dan politik pangan masyarakat lokal dapat berkembang pesat.

 

Hari Pangan Sedunia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai wujud nyata dalam memperingati Hari Pangan Sedunia, diadakanlah sebuah konferensi mengenai pangan dan gizi yang dihadiri oleh seluruh negara di dunia. Berawal dari konferensi FAO ke 20 di bulan November 1976 di Roma sehingga dicetuskannya resolusi No. 179 mengenai World Food Day yang disepakati oleh 147 negara anggota FAO, termasuk Indonesia. Resolusi tersebut menetapkan bahwa sejak tahun 1981 seluruh negara anggota FAO akan memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) setiap tanggal 16 Oktober. Pelaksanaan Hari Pangan Dunia pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 17-22 Oktober 2015 yang  dihadiri oleh 92 Duta Besar serta Presiden RI. Dengan adanya peringatan Hari Pangan Sedunia diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional terhadap pentingnya penanganan masalah pangan ditingkat global, regional dan nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk peringatan Hari Pangan Sedunia tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah yang akan ditempatkan di Sumsel dikarenakan Pemprov Sumsel mempunyai peran aktif dalam bidang pertanian dan ketahanan pangan dan juga dimaksudkan untuk  menunjang Program Pemerintah dalam hal diversifikasi pangan sesuai dengan Surat Menteri Pertanian RI No : 153/TU/.220/M/6/2014 Tanggal 11 Juni 2014 tentang kesediaan Provinsi Sumsel sebagai penyelenggaraan HPS ke 35 Tahun 2015. Pelaksanaan HPS ke 35 dilaksanakan selama 5 hari di Jakabaring Sport City, Palembang. Langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemprov Sumsel  dalam penyelenggaraan perayaan Hari Pangan Sedunia ini yaitu dengan melakukan rapat pembahasan persiapan peringatan HPS ke 35 tahun 2015 di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel yang dipimpin oleh staf ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Provinsi Sumsel, Muslim. Acara-acara gelaran yang dilakukan tentunya melibatkan seluruh para petani pangan serta masyarakat Sumsel itu sendiri, diantaranya seperti seminar, bazar, pameran, lomba-lomba, pengabdian masyarakat, publikasi dan penyiaran, hari puncak peringatan HPS, gelar teknologi, diplomatic tour, rekor Muri, serta pencanangan yang dipimpin Presiden RI berupa pemberian penghargaan pada petani/nelayan/kehutanan teladan, pemberian bantuan kepada petani berupa benih, bibit, peralatan pertanian, penghargaan ketahanan pangan nasional, arahan Presiden, melihat/meninjau gelar teknologi, lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Dengan adanya peringatan Hari Pangan Sedunia ini diharapkan nantinya perhatian pemerintah dan masyarakat terhadap masalah pangan lebih dalam lagi. Masalah-msalah kekurangan pangan dan gizi yang dihadapi berbagai penduduk di dunia menjadi perhatian keras. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama dan solidaritas peran dari pemerintah, masyarakat, swasta dan pendidikan terhadap masalah pangan dan gizi yang dihadapi sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan nasional.

 

Pemberdayaan terhadap petani adalah hal yang menjadi PR bagi bangsa kita. Dimana selama ini para petani yang ada masih bersifat awam dengan segala macam teknologi mutakhir selama ini. Sebagai penggerak perekonomian bangsa, petani harus ditingkatkan lagi pengetahuannya, agar mampu memproduksi pangan dengan berbagai varietas dan dengan keunggulan serta kualitas pangan yang bergizi dan sehat. Kita juga harus mampu memberikan kesadaran kepada generasi-generasi muda terutama generasi dari petani, bahwa menjadi petani bukanlah pekerjaan yang hina. Justru pekerjaan itu adalah pekerjaan mulia dan mempunyai jasa besar erhadap perkembangan kemajuan pangan di negara Indonesia. Petani juga bisa memberikan masa depan yang cerah, bila hasil pertanian bagus dan meningkat, maka permintaan akan bertambah, sehingga kesejahteraan petani pun meningkat pula.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Agar dampak kekurangan lahan pertanian dan krisis pangan di negara kita tidak meningkat perlu adanya kebijakan kebijakan di bidang pertanian dan pembangunan. Selain itu juga bisa meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjadi petani. Diantaranya menurut saya adalah:

 

1. Membatasi pembangunan gedung-gedung dan perumahan di daerah

2. Mempertahankan ketahanan dan kedaulatan pangan

3. Memberikan edukasi kepada para petani tentang istimewanya pangan.

4. Memberikan pendidikan dan teknologi yang mumpuni agar para petani tidak tergerus oleh jaman dan mereka bisa memajukan pertaniannya dengan teknologi yang canggih saat ini. 

5. Mengadakan komunitas atau kelompok tani dengan memberikan penyuluhan dan pengetahuan tentang pertanian

6. Membangun koperasi tani untuk memenuhi kebutuhan petani dengan cara bagi hasil.

 

 

 

 

 

 

Referensi:

(http://www.sindonews.com)

http://www.spi.or.id/isu-utama/kedaulatan-pangan/

https://seafast.ipb.ac.id/publication/book/revolusi-hijau-2.2-ph-1.pdf

http://www.bulog.co.id/ketahananpangan.php

 

 

 

Lebih Smart Berteknologi dengan Smartfren 4G LTE Advanced #goforit

Teknologi canggih mampu merubah kehidupan manusia dan segala tetek bengeknya. Termasuk salah satunya adalah lifestyle atau gaya hidup pun bisa berubah karena teknologi. Dari yang dulu serba lambat sekarang menjadi serba cepat. Dari yang dulu secara manual sekarang sudah canggih dan berteknologi tinggi. Manusia tak perlu lagi bersusah payah, Tetapi manusia malah semakin dimudahkan segala aktivitasnya. Oleh karena itu manusia harus smart dalam berteknologi serta kehidupannya. Seperti apakah itu?  Oke… akan saya bahas disini ya…

 

Smart dalam komunikasi jarak jauh

 

Teknologi memang mengubah segalanya. Mulai dari jaman dimana kita termasuk saya juga ya, yang belum terpengaruh oleh teknologi dan hanya mengandalkan apa yang ada. Tapi sejak teknologi ada, semuanya dan segalanya berubah dan mau tidak mau saya juga harus mengikuti jaman perubahan tersebut. Kalau tidak mengikuti arus bisa dibilang saya kudet atau gaptek atau apalah istilah anak muda jaman sekarang. Maka dari itu saya harus tetap mengikuti arus dan tetap sesuai dengan norma yang ada. Saya ingat kala itu bahwa ketika teknologi belum merasuk dalam jiwa, cara saya berkomunikasi dengan orang lain hanya melalui telepon rumah. Itupun hanya bagi yang mempunyai telepon rumah. Sedangkan yang tidak punya, jika jaraknya dekat paling tidak mendatangi rumahnya sekaligus bersilaturahmi. Namun bagi yang jaraknya jauh, alat komunikasi yang ada adalah surat. Terkadang surat yang akan saya kirim berlembar-lembar banyaknya dengan tulisan tangan yang saya ukir agar enak dibaca, bahkan kertaspun dicari yang bagus dan ada bau harumnya. Wuihhh jaman dulu itu pokoknya seni menulis surat kreatif banget deh.Tapi sayangnya saat itu waktu tempuh agar surat sampai kepada si penerima kadang terasa jauh bahkan membutuhkan waktu berhari-hari ya. Sensasinya adalah ketika saya menerima surat. Wah…betapa senangnya ya, seolah mendapat durian runtuh.

Seiring berjalannya waktu, perubahan terjadi, telepon genggam dengan teknologi 2G mulai mewabah dan saya khususnya juga ikut merasakan keberadaan teknologi tersebut. Saat itu sih bagi saya mempunyai telepon genggam sudah menjadi hal yang paling mewah. Meskipun hanya bisa telepon dan smsan saja.

Semakin hari otak manusia semakin smart, pintar dan cerdas. Semakin mengalami kecanggihan dengan menciptakan teknologi 3G. Nah mulailah dengan teknologi ini internet bisa diakses melalui handphone atau smartphone. Berbrowsing ria pun sudah menjadi bagian dari penggunaan teknologi 3G ini. Pada saat teknologi ini booming, selain telepon dan sms, sarana komunikasi yang bisa dilakukan adalah melalui sosial media yaitu Friendster. Dengan adanya Friendster, komunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah melalui posting status maupun message. Saya mulai berasyuk masuk dan berlama lama di depan internet menikmati media berharap mendapat komentar dari teman-teman saya. Senangnya minta ampun deh. Komunikasi menjadi  lancar dan menjalin pertemanan dengan lebih akrab sehingga saya bisa mempunyai teman baru yang sebelumnya belum saya kenal. Dengan kata lain menambah teman lah ya di dunia maya. Dengan teknologi 3G pun saya bisa melakukan komunikasi menggunakan  video call  tanpa peduli apakah jarak antara kita jauh atau dekat. Sekat yang dibatasi ruang dan waktu seolah tidak ada.

Nah jaman semakin keren dan canggih aja. Gak terasa sekarang setiap titik kehidupan kita sudah tidak bisa lepas dari teknologi. Manusia semakin smart, teknologi pun semakin smart juga. Salah satunya yaitu dengan adanya smartphone dari Smartfren dengan teknologi 4G. Smartfren 4G ini mampu menjawab semua kebutuhan saya. Kapanpun dan dimanapun saya berada. Maklumlah ya sebagai orang kantoran saya juga seorang blogger yang butuh komunikasi dengan teman kerja serta teman sesama blogger.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai orang kantoran, saya pun bisa berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan dan bawahan dengan mudah. Melalui Smartfren 4G LTE Advanced, saya bisa mengirim kerjaan dengan lebih mudah dengan menggunakan aplikasi email yang ada di smartphone. Bahkan dalam kapasitas yang besarpun tanpa harus membuka internet di PC lagi. Bila sudah terkirim, saya pun bisa langsung konfirmasi dengan si penerima melakui BBM, WA, LINE atau semua pesan di sosmed. Lucunya nih.. kalau salah satu aplikasi tidak terbaca oleh si penerima yang biasanya hanya tampak centang saja (artinya belum terbaca) saya selalu menekan tombol “Ping” hingga pesan yang saya kirim terbaca oleh si penerima. Saya juga bisa mengirim beberapa pesan kepada si penerima melalui semua aplikasi. Dalam sekali waktu saya bisa berkomunikasi dengan banyak orang melalui aplikasi dan sosmed yang ada. Itu sih saking kebanyakannya aplikasi untuk berkomunikasi ya..hahahahaha. Jadi bingung deh mau komunikasi pake aplikasi yang mana. Saking kemaruknya semuanya dipakai bersamaan. Maka dari itu saya harus smart dalam menggunakannya meskipun teknologi sudah 4G dimana informasi bisa sampai dalam hitungan detik dan terbaca dalam hitungan detik juga.

Mau melakukan video konferensi dengan bos atau klien pun bisa langsung saat itu juga dilakukan dengan smartfren teknologi 4G ini. Saya tak perlu takut, tiba-tiba di tengah jalan, video konferensinya ngadat atau mengalami buffer akibat koneksi yang buruk. Namun dengan 4G semua itu bisa teratasi dan internet cepat ada digenggaman .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan era 4G ini saya pun bisa berkomunikasi dengan sanak keluarga di tempat jauh sana. Bisa saling berkomunikasi secara langsung melalui video Line. Bahkan setiap detik pun bisa lo..ngobrol-ngobrol atau curhat. Ya asalkan si penerima yang kita ajak ngobrol gak tertidur aja.

Sebagai blogger, saya bisa berkomunikasi dengan cepat tentang acara-acara blogger yang akan dan sedang digelar. Entah melalui media Facebook ataupun Instagram. Bahkan seringnya tuh informasi tersebut ada di medsos-medsos yang disebarkan oleh teman atau brand perusahaan. Dalam hitungan detik saya bisa segera menemukan informasi acara blogger yang saya butuhkan. Bila harus mendaftar saat itu juga saya bisa melakukannya di Smartfren 4G LTE Advanced saya sudah bisa  berinternet  cepat dan langsung deh pencet tombol daftar. Praktis dan smart kan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Smart dalam Menulis catatan harian

 

Menulis catatan harian di jaman dulu sebelum teknologi canggih seperti saat ini yaitu cukup dengan buku harian saja alias diary. Segala apa yang ingin saya tumpahkan semuanya ditulis dalam buku harian. Bila sudah menulis rasanya plong dan lega ya. Seolah beban dalam pundak tuh luruh begitu saja. Ceile.. emang bener sih. Sampai-sampai saya mempunyai banyak buku harian hasil tulisan tangan sendiri. Sampai sekarangpun masih tersimpan rapi lo. Ada yang samakah dengan saya? Saya yakin pasti ada yang punya pengalaman sama. Ngaku aja deh..

Kemudian teknologi semakin canggih lagi, dengan adanya internet di dalam telepon genggam yang pada saat itu sudah masuk teknologi 3G. Meski menulis di blog sebenarnya sudah ada. Tapi masih belum booming dan mencuat seperti sekarang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dulu menulis note atau sekedar catatan bisa dilakukan di media sosial seperti Friendster yang saat itu menjadi sesuatu yang tampak keren. Seiring berjalannya waktu, menulis surat sudah mulai hilang dan langka. Sekarang ini sudah tidak ada lagi dan beralih dengan menulis diary di blog atau sosmed. Mau menulis blog dengan smartphone 4G ya gunakan smartfren 4G LTE Advanced dong. Kegiatan menulis saja jadi lebih smart lagi. Saya tidak perlu khawatir untuk langsung posting di blog kalau mau ngeblog saat itu juga. Mau mencari referensi dan informasi secara cepat melalui internet cepat dijamin gak bakalan putus koneksi. Bahkan saya bisa membuka internet dengan beberapa tab, seperti layaknya membuka internet lewat PC. Tak hanya satu tab saja ya bisa sampai 5 tab lo… so amazing kan? Referensi didapat dengan lebih mudah dan cepat pula. Siapa sih yang gak mau punya teknologi canggih seperti ini? Saya sih mau kalau gratis… kalau gak gratis… saya nabung dulu deh.

Dengan teknologi 4G LTE ini ngeblog jadi lebih mudah kan. Mau ngeblog dengan hasil editing foto? Gampang. Saya bisa menginstal dan menggunakan banyak aplikasi editing foto di smartphone saya.  Sehabis diedit mau langsung diposting? Wah bisa-bisa aja dong. Apalagi bagi seorang deadliners seperti saya (Jangan dicontoh ya. Gak baik)…atau memposting lomba blog yang diberi jangka waktu misal dari jam 10 sampai jam 6 sore. Seperti program Blogdetik pada bulan Ramadhan kemaren. Pas jam 10 tema diterima, secepat kilat saya menulis di blog dan langsung mempostingnya. Ya.. alhamdulilah sih saya dinyatakan sebagai salah satu pemenang waktu itu. Hehehehe. Untuk editing foto, misal aplikasi yang saya pakai adalah aplikasi Picsart, atau aplikasi edit foto dari Line seperti Ailis dan Camer 360. Jadi semakin oke kan. Foto-foto yang kita edit dijamin tersimpan dengan aman, meskipun harus beribu-ribu jumlahnya. Keunggulan teknologi 4G ini, saya tetap bisa melakukan browsing dengan smartphone 4G LTE meskipun saat itu tidak ada jaringan 3G atau 4G. Semakin smart saja nih si smartfren.

 

Smart dengan melakukan Travelling

 

Sebelum jaman teknologi 4G sekarang ini. Saya bertravelling hanya mengandalkan peta dan pengetahuan dari buku ya. Kemudian dengan adanya teknologi 3G. saya bisa browsing tempat-tempat wisata dan hotel-hotel terdekat yang akan dituju. Untuk menuju tempat tujuan travelling saya bisa langsung menggunakan GPS yang akan memudahkan dan memberitahukan jalan dan arah tempat yang saya tuju. Asyik bukan. Kalaupun harus dadakan bertravelling, dengan teknologi smartfren 4G, segalanya menjadi cepat dan terselesaikan. Mau pesan tiket kereta, saya tinggal instal aplikasi KAI dan kalau sudah terinstal gampang dong nyari tiket kereta yang kita mau. Apalagi kalau ada promo-promo tiket nih yang pastinya jam 12 malam harus standbye di depan internet untuk browsing. Dengan smartphone 4G, dalam hitungan detik saya bisa langsung mendapatkan tiket promo hanya dengan harga 70rb saja. Berburu tiket promo jadi lebih Asyik kan? Keren kan? Smartphone 4G emang asyik kok. Lebih smart lagi deh teknologinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak hanya pesan tiket saja, mau pesan hotel dan pesawat, lebih dimudahkan lagi. Bahkan sekarang aplikasi-aplikasi pemesanan tiket pesawat pun sudah ada seperti aplikasi Airasia yang saya install di smartphone. Ayuk beralih smartphone menjadi 4G. Semakin menjamurnya aplikasi-aplikasi, sebaiknya kita smart dalam memilah aplikasi mana yang benar-benar dibutuhkan saja, meskipun teknologi saat ini sudah beralih ke 4G LTE.

 

Smart dalam Membuat dan Menonton Video tanpa buffer.

 

Sebagai pecinta foto dan video, saya seringkali menonton video di smartphone yang saya punya. Diantara video tersebut biasanya video film, talk show TV dan video-video pendek yang menginspirasi. Dengan teknologi 4G, video yang saya tonton, untuk ON saja sudah sangat cepat, tanpa lelet dan tanpa tersendat di tengah perjalanan. Nonton video lancar-lancar saja dong ya.

Nah…. Ketika mengabadikan peristiwa baik itu peristiwa di rumah, di tempat travelling atau di acara blogger, saya bisa dong menggunakan teknologi 4G ini dalam setiap peristiwa. Hasilnya pasti okelah. Cerah, mudah dan tidak buffer lah ya. Dalam hitungan detik, apa yang kita videokan bisa terekam dengan sempurna bahkan dengan sebuah kecepatan gerakan yang sangat cepat. Setiap detilnya bisa terekam dengan sempurna. Kapasitas penyimpanan video di smartfren 4G pun sangat lebih dari cukup. Mau editing video? Gampang saja, cukup install aplikasi editing video di smartfren 4G, dan saat itu pula saya langsung bisa edit video. Saya pun seketika itu juga bisa langsung mempostingnya di sosmed seprti Facebook dan Youtube termasuk juga Instagram. Yang penting smart aja ya menggunakan aplikasi-apliksai tersebut. So.. masih ragu dengan teknologi 4G ini?

 

Apa Itu Teknologi 4G LTE ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagi saya pribadi. Apalagi di era sekarang. Komunikasi sekarang ini harus serba cepat. Maka dari itu era 4G diproduksi untuk menjawab semua kebutuhan manusia. Siapa sih yang gak mau dengan teknologi yang serba cepat ini. Segala menjadi lebih mudah dan lebih praktis. Produktivitas saya dalam bekerja menjadi lebih meningkat. Kinerja menjadi kuat dan tentunya segala pekerjaan bisa dilakukan dalam sekali waktu dan dalam detik waktu saja. Untuk menunjang itu semua, smartphone yang cocok bagi saya adalah smartphone dari Smartfren 4G LTE Advanced yang sekarang sudah canggih banget.  Smartphone ini adalah keluaran terbaru dari Smarfren lo. Pasti ada yang belum tahu ya. Saya sangat terpukau dengan fitur-fitur dan kelebihan dari Smartfren 4G LTE Advanced ini. Keluaran teknologi 4G LTE dari Smartfren ini merupakan generasi keempat dengan jangkauan terluas, konekasi mobile internet lebih cepat bahkan bisa melebihi 10 kali lebih cepat dari internet biasa dan lebih stabil. Cakupan wilayah yang dijangkau sudah sangat luas dengan (FDD/Frequency Division Duplex) dan kapasitas bandwidth (TDD/Time Division Duplex) yang lebih besar daripada operator lainnya. Kini teknologi Smartfren ini sudah bisa saya nikmati jaringannya di seluruh wilayah Indonesia.

 

 

Cara Menggunakan Smartfren 4G LTE ?

Karena saya pakainya smartphone dari Smartfren Smartfren 4G LTE Advanced, so saya juga harus pakai USIM Smartfren 4G LTE juga dong. Saya pun bisa mengupgrade dengan jaringan 4G Lte ini terhadap smartphone saya yang belum terupgrade. Caranya gampang kok, cukup kirimkan SMS dengan kata kunci “LTE” lalu kirim ke 6046, atau mengunjungi Galeri Smartfren terdekat atau mengakses situs www.smartfren.com. Kalaupun saya sudah cinta dengan nomor ponsel Smartfren yang lama, saya bisa menggunakannya lagi di smartphone 4G saya beserta dengan sisa kredit yang tersedia sebelumnya. Gampang kan?

Smartfren 4G LTE-Advanced ini sudah memanfaatkan teknologi LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di pita frekuensi 2300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) pada pita 850 MHz dengan kecepatan yang lebih tinggi dan cakupan yang lebih baik. Dengan kapasitas seperti itu otomatis saya bisa melakukan aktivitas yang membutuhkan kapasitas lebih besar seperti penggunaan multimedia streaming, online games, cloud storage dan video conference tanpa harus tersendat-sendat dan mengalami buffer. Hal itu karena teknologi 4G ini dirancang sebagai jaringan data, bukan menjadi satu serta menggunakan protokol TCP / IP yang sama, sehingga mendukung internet cepat.

Nah, untuk penggunaan paket internetnya, pasti tak kalah dengan generasi sebelumnya. Smartfren 4G LTE ini memberikan promo paket berupa “Smatrfren Limites”. Saya tak perlu khawatir internetnya gak stabil. Kalaupun kuota yang saya punyai habis namun masa berlakunya masih ada, saya tetep bisa dong berinternetan sesuka hati namun dengan kecepatan yang disesuaikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedangkan untuk mengatur sendiri besar kecilnya kuota internet, Telepon & SMS, saya dapat menggunakan “Smart Slider” yang diatur langsung dengan menggunakan website my.smartfren.com dan aplikasi MySmartfren di smartphone saya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mau beli paket internet smatfren limites pun caranya gampang banget. Ini dia caranya:

1. Saya bisa langsung beli menggunakan aplikasi my smartfren

 

– Masuklah ke aplikasi MySmartfren terlebih dahulu

– Pilihlah menu package

– Pilihlah paket yang diinginkan. Atau tekan tombol ‘Rekomendasi’ jika ingin membeli paket rekomendasi dari Smartfren

– Aturlah kuota sesuai dengan kebutuhan, setelah selesai klik tombol BUY

– Akan muncul halaman konfirmasi

– Setelah itu akan ada notifikasi pembelian sukses

– Enjoy your Limitless experience

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Saya bisa langsung membeli di website my smartfren

 

– Pilihlah paket yang diinginkan

– Gerakkan tombol slider di atas ke kanan atau ke kiri untuk mengatur porsi telepon, sms atau internet yang kamu inginkan.

– Kliklah tombol beli paket

– Jika mempunyai akun MySmartfren bisa melakukan login dan melanjutkan pembelian paket

– Jika tidak mempunyai akun MySmartfren bisa mengisi bagian kirim token, SMS konfirmasi akan dikirimkan ke nomor yang di masukkan

–  Kode token akan dikirim Via SMS

– Masukkan kode token yang diterima, setelah itu lanjutkan dengan klik beli paket

– Akan muncul konfirmasi pembelian setelah pembelian paket

 

Cukup gampang bukan caranya?

 

Nah…setelah beli paket internet..so langsung saja saya menggunakan aplikasi yang disediakan oleh smartfren. Pertama saya bisa melakukan streaming dan download jutaan lagu mulai dari yang jadul sampai yang terbaru sesuka hati saya. Dalam hitungan detik pula sudah bisa dapat banyak downloadan. Bahkan kualitas lagunya sudah high quality sound powered by Qualcomm® Snapdragon.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kedua, sebagai penggemar film dan acara-acara tv secara streaming melalui youtube, saya bisa dong dengan mudah menonton itu semua tanpa harus terjadi buffer. Caranya cukup dengan menekan ‘time machine experience’ saja. Kapanpun dan dimanapun saya bisa menonton streaming film, tv dan vdeo.

 

Ketiga, sebagai penggemar editing foto yang akan diupload baik di facebook atau instagram, saya menggunakan FAST dan Reliable personal cloud storage. Tak perlu khawatir akan file-file tersebut, dijamin tersimpat secara aman deh.

 

Layanan teknologi 4G LTE-Advanced dari smartfren ini memberikan bonus kuota dua kali lipat pada semua paket “Smartplan Limitless” yaitu bila saya melakukan pembelian kuota di atas Rp 50 ribu/bulan, maka saya akan mendapat 10 menit menelepon ke semua operator, 100 SMS ke seluruh nomor domestik, dan 1000 menit menelepon ke sesama Smartfren. Pelnaggan semakin dimanja saja dengan produk smartfren terbaru ini. Nah…untuk Info lebih lengkapnya, klik saja linknya www.smartfren.com

 

Nah…sudah tahu kan produk keluaran terbaru smartfren dengan teknologi 4G ini? Segala aktivitas yang kita kerjakan jadi lebih mudah, cepat dan praktis. Produktivitas kerja meningkat dan terbantu. Komunikasi tak terhalang jarak dan dunia seolah bisa dijangkau dengan mudah. So.. nunggu apalagi? Ciptakan hidupmu menjadi lebih bermakna dengan Smartfren 4G LTE Advanced. Tidak ada lagi kata lelet dan tidak ada lagi kata malas. Segalanya akan lebih mudah bila kita benar-benar dan sungguh-sungguh. Menjadi smart dalam kehidupan dan menjadi smart dalam berteknologi. Come on Guys…