Madura, Ku kan kembali.

Hari terakhir menjelang keberangkatanku ke Jakarta. Ahhhh…rasanya berat banget balik ke Jakarta, masih pengeennn berlama-lama di kotaku tercinta. Yah…apalah daya, kewajiban sebagai tuntutan harus dijalani. Kalo gak gini, gimana aku bisa hidup…yihaaaa…..
Kota tercintaku adalah Pamekasan. Sebuah kota kecil di Pulau Garam, Pulau Madura. Pasti kalian pernah mendengar khan Pulau Madura??? Pulau kecil yang berada di timur Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur, dekat dengan Surabaya loo… Nah Pamekasan ini, salah satu kabupaten di Pulau Madura dan biasa disebut sebagai Kota Batik Madura.

Begini ini nih rasanya, merantau di negeri oarang, balik-balik kudu bawain oleh-oleh dan cenderamata..Ahhh….tapi senang dan riang kok, bisa melihat orang-orang di sekitarku di rantau sana tersenyum dan tertawa seraya mendapatkan oleh-oleh dariku. Sekalian sebagai ibadah memberikan sedikit senyuman pada mereka. Betul gak??? Kalo gak bawa oleh-oleh bisa-bisa pada nagih-nagih terus. Hehe.

Yaahh…akhirnya, jauh-jauh hari aku pesan camilan Madura yang dinamakan “Otok Madura”, sejenis kacang kedelai yang diberi bumbu khas dari Madura. Yakin dech…rasanya gak ada duanya dan gak bakalan ada yang menyamakan di kota-kota lain. Camilan lain yaitu “Rengginang Lorjuk. Pasti pada bingung, apa tuh lorjuk??? ya khan???
Lorjuk tuh sejenis ikan yang bentuknya kecil, kecil seperti teri (tapi bukan teri looo…). Nih dapatnya dari pesisir dan harganya lumayan mahal bo’ per kilonya, dan satu-atunya ikan khas dari Madura lo….Rasanya juga gak ada duanya. TOP BGT dechh..
Pengen nyoba rasanya??? yuks ke Madura aja…^_*

Camilan Madura disebut Otok
Nahhh….Selesai pesan camilan, langsung nih beralih ke “Batik Tulis Madura”. Borong batik tulis madura juga buat oleh-oleh, sekalian mau mempromosikan yang namanya Batik Tulis Madura di sana. Yah…barangkali dengan begini, baik tulis madura akan terkenal di mana-mana. Batik Tulis Madura punya ciri khas lo….beda banget dengan batik-batik yang ada di Jawa. Pokoknya khas banget dech. Salah satu ciri batik tulis Madura yaitu setiap helai batik selalu ada warna merah, dan hijau. Motifnya bunga atau daun. Tapi sejalan dengan modernisasi, batik tulis madura sekarang mulai mengalami keanekaragaman, motif dan warna mulai bermacam-macam, tapi ciri khasnya tetap tidak hilang lo… ada yang berminat dengan batik tulis Madura????

Batik Tulis Madura
Akhirnya kuborong beberapa kain Batik Tulis Madura. Berhubung uang gak cukup, cukup sekian dan terima kasih. Hehe..Kapan-kapan jika ku kembali, ku khan datang memborongmu lagi, Batik Tulis Madura…Tunggu kedatanganku yaaa…..cihuyy…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s