Menulis dan Berkicaulah Tanpa Batas

Seperti burung,

Hinggap kesana kemari dari pohon satu ke pohon lain,

Terbang dengan kepakannya yang indah,

Meninggalkan sarang di pohon pilihan,

Seperti burung yang riuh berkicau,

Dengan suaranya yang merdu,

Menyanyikan lagu kehidupan penuh makna,

Terdengar sampai ke seluruh penjuru dunia,

Hingga batas yang tak dapat digenggam.

Seperti itulah kita menulis di blog. Menulis apa yang kita ingin tulis, baik itu tentang kehidupan, maupun curahan hati yang kita maupun orang lain alami sendiri. Blog adalah tempat kita berbicara, tempat dimana kita juga bisa mendengar. Berbicara secara aktif namun pasif , itulah blog. Karena di blog, kita tidak langsung berhadapan secara face to face dengan orang-orang yang kita ajak bicara. Namun kita berhadapan dengan orang-orang di dunia maya, dimana kita nanti akan bertemu dengan orang-orang baru yang tidak kita kenal namun mempunyai hobi sama yaitu menulis blog maupun yang hanya sekedar membaca-baca saja. Dengan bloglah, kita bisa berbicara ke seluruh dunia dan apa yang kita tuliskan bisa di baca oleh orang-orang di seluruh dunia. Blog adalah dunia kita, dunia tempat kita berbagi berbagai hal tanpa memandang bulu.

Awalnya aku tidak tahu menahu tentang dunia per-blog-an. Aku kira tulisan-tulisan yang ada di blog-blog sebanyak tak terbatas tersebut adalah tulisan-tulisan dari para penulis ternama. Namun setelah aku telusuri, setelah aku dalami apa itu pengertian blog, baru aku sadari, blog adalah tempat semua orang untuk menulis, tidak hanya bagi para penulis ternama, tetapi juga bisa dibuat oleh para penulis pemula atau mereka yang hanya sekedar gemar menulis. Tidak hanya individu-individu yang gemar menulis blog, tetapi juga banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan blog sebagai ajang media promosi.

Antara kicauan di blog dan media jaringan sosial seperti Facebook, dan Twitter.

FACEBOOK

Baru-baru ini, sarana jejaring sosial begitu marak digembar-gemborkan di seluruh dunia. Yang paling popular adalah Facebook dan Twitter. Keduanya adalah situs jejaring sosial yang sangat digemari hampir di setiap kalangan baik anak-anak, remaja, maupun dewasa bahkan orang tua. Berawal dari facebook, sebuah situs jejaring sosial yang sangat ngetop bahkan sampai sekarang. Sebuah media dimana kita bisa menulis status atau apa yang ingin kita tulis dalam sebual wall yang nantinya akan mendapat komentar dari tean-teman yang menjadi friend listnya. Dengan adanya facebook, kita tidak hanya bertemu dengan orang-orang dunia maya yang tidak kita kenal, namun juga bisa dijadikan media untuk bertemu dengan teman-teman masa kecil yang dulunya sempat tidak bertemu bertahun-tahun lamanya. Maka dari itu media ini masih bertahan sampai sekarang. Selain mencari teman, facebook juga bisa mencari jodoh. Inilah keistimewaan dari Facebook. Selain itu facebook juga bisa dijadikan sebagai media mempromosikan bisnis atau usaha kita, atau disebut dengan istilah toko online. Di facebook juga disediakan kolom khusus untuk menulis catatan yang disebut, notes. Notes disini hampir sama dengan blog, dimana kita bisa menulis berbagai macam hal yang ingin kita tulis dan kemudian di tag- kepada teman-teman kita agar dibaca dan dikomentari oleh mereka.

TWITTER

Kemunculan twitter terjadi setelah adanya facebook. Istilah berkicau pertama kali ada di twitter. Namun istilah itu tidak hanya bisa disebutkan di twitter, di blog maupun facebook pun kita bisa berkicau. Hanya saja di twitter, kita hanya bisa berkicau dengan batasan 140 huruf. Maka dari itu, kita harus menuliskan hal-hal yang singkat padat dan jelas serta mudah dimengerti oleh orang. Seringkali diistilahkan bahwa status yang kita tulis di facebook adalah status yang penuh tanda tanya, karena terkadang kita menuliskan sesuatu yang membuat orang lain menanyakan apa maksud dari yang kita tulis, sedangkan statusyang ditulis di twitter, adalah status yang tak perlu dipertanyakan karena cukup padat jelas dan singkat walaupun hanya dengan batasan 140 huruf.

BLOG

Ngeblog
Ngeblog

Lain halnya dengan facebook dan twitter, di blog kita tidak menulis status, tetapi kita membuat tulisan yang tidak dibatasi harus berapa huruf. Tulisan yang kita buat di blog juga sangat jelas. Blog sebenarnya media social maya yang sudah lama ada namun kurang begitu ngetop seperti situs facebook dan twitter. Dulu aku sempat membuat blog. Dan blog pertamaku adalah di blogdetik. Hanya beberapa bulan aku aktif menggunakan blog, lalu bulan-bulan berikutnya blogku agak terbelengkalai, karena aku tidak rajin merawat dengan mengupdate tulisan-tulisan yang baru. Baru tahun kemaren, aku kembali aktif di dunia blogger, karena banyak sekali manfaat yang aku peroleh dengan aktif di blog. Aku pun mulai menyadari hal itu. Tapi bagiku, blog saat ini lebih menyenangkan daripada kedua situs dunia maya di atas (facebook dan twitter). Karena kedua situs itu kadang-kadang membosankan. Mengapa aku sebut bahwa blog itu menyenangkan. Diantaranya yaitu:

1. Blog sebagai media curhat dan menulis

Ayo menulis
Ayo menulis

Mau curhat? Mau berkicau lebih banyak dan lebih panjang? Yap.buatlah dan tulislah curhatmu dan kicauanmu di blog. Banyak sekali situs blog gratis yang bisa kita gunakan seperti blogdetik, multiply, blogspot dan wordpress. Kita tinggal memilih sesuai dengan selera kita masing-masing. Mau yang mana? Tinggal pilih kok. Gampang kan? Kalaupun tidak ingin menggunakan situs gratis tersebut, kita juga bisa membuat domain sendiri dengan mendaftar di situs yang sudah tersedia, dan tentunya kita harus membayar sesuai dengan jangka domain yang ingin kita sewa.

Nah di blog ini kita pun bisa menuliskan apa yang ingin kita tulis dan bisa kita kategorikan tulisan kita dengan beberapa kategori sesuai keinginan kita misalnya kategori puisi, diary, seni, pengalaman, travelling dan masih banyak kategori yang sesuai dengan selera kita. Pembuatan kategori terebut untuk memudahkan dalam mesin pencarian google.

Sebagian orang yang mempunyai blog, menjadikan blog sebagai media curahan hati mereka, apa yang mereka alami dan rasakan, hampir semuanya di tulis di blog. Anggap saja, blog adalah diary online yang kita buat. Namun apa yang kita tuliskan di blog pastinya bisa dibaca oleh siapapun di dunia maya. Jadi tidak dipungkiri, kehidupan kita sehari-hari dan apa yang kita lakukan sehari hari bisa diketahui oleh seluruh orang di penjuru dunia bila kita menuliskannya di blog. Dengan tulisan yang kita buat, hal itu biasanya mencerminkan siapa diri kita pada dunia.

Tulisan yang kita tulis di blog pun harus sesuai dengan peraturan kepenulisan media maya, diantaranya yaitu kita tidak boleh menuliskan hal-hal yang berbau SARA, maupun pornografi. Karena bila kita menyimpang dengan aturan kepenulisan yang ada, bisa-bisa kita kena sanksi dan hukuman.

Dalam menulispun, usahakan bahwa apa yang kita tuliskan adalah ide tulisan kita sendiri, tanpa ada plagiat atau hanya sekedar copy paste tulisan yang sudah ada. Karena hal tersebut membuat kita rugi dan bisa dicap sebagai seorang plagiator. Itu juga merupakan aturan kepenulisan. Maka dari itu, berusahalah untuk menulis sesuai apa yang ada di pikiran kita, mempunyai ide sendiri, walaupun tidak menutup kemungkinan, tulisan orang lain menjadi inspirasi kita untuk menulis. Hanya inspirasi saja ya..

Di blog pun kita bisa menyalurkan hobi kita yang senang menulis misalnya menulis cerita maupun puisi. Blog juga sebagai media untuk melatih kita menulis. Bila sering-sering mengupdate tulisan, kita akan semakin terlatih menulis dan tentunya semakin hari tulisan kita semakin bagus dan banyak kemajuan. Bagi yang gemar menulis biasanya hampir setiap hari mengupdate tulisan di blognya, bahkan terkadang ada yang hanya mengupdate setiap minggu atau setiap bulan. Semuanya tergantung dari keinginan dan mood yang kita punya.

Bila tulisan yang kita buat sudah banyak dan mempunyai satu tema, hal tersebut bisa dikumpulkan sesuai dengan tema masing-masing, lalu bisa kita bukukan menjadi buku yang bisa kita jual. Bersyukur, kalau buku yang kita tulis menjadi best seller dan tentunya kita akan menjadi penulis yang terkenal. Seperti Trinity yang awalnya menuliskan pengalaman travellingnya di blog pribadinya. Kemudian, dia membukukan semua kisah travellingnya dalam satu buku, dan akhirnya menjadi buku best seller yang berjudul The Naked Traveller, bahkan dia menjadi salah satu penulis terkenal yang tulisan-tulisannya selalu dinantikan oleh penggemarnya.

Hal yang sama seperti Trinity itulah yang ingin aku capai, namun semua itu butuh proses dan kerja keras yang kuat. Karena menjadi penulis tidak hanya membutuhkan latar belakang kepenulisan, tapi dari hobi menulis bisa juga kita menjadi penulis terkenal dan tentunya dengan doa dan usaha untuk mencapainya. Mari kita giatkan kegiatan menulis kawan.

2. Blog sebagai media informasi dan teknologi

Mau berbagai informasi, buka saja internet. Di internet kita dapat menemukan situs-situs yang mencantumkan berbagai macam informasi baik pendidikan, kesehatan, olahraga, lifestyle dan lainnya. Informasi tersebut tersedia tanpa batas dan tanpa jangka waktu. Informasi dari jaman dahulu sampai dengan jaman sekarang bisa kita dapatkan di internet.

Sampai saat ini, internet adalah media yang sangat penting, bahkan di sekolah-sekolah sekarang, anak-anak diajarkan untuk mengerjakan tugas dengan mencari informasinya di internet tidak hanya di buku pelajaran saja. Dengan begitu, mereka bisa belajar dan paham tentang penggunaan internet. Informasi di internet pun datang dengan cepat, secepat kilat. Setiap detik dan setiap waktu selalu muncul informasi-informasi baru di internet. Salah satunya situs yang juga menyediakan berbagai macam informasi adalah blog.

Di blog kita bisa menuliskan dan menemukan informasi yang kita butuhkan, tidak hanya dalam bahasa Indonesia tetapi juga dalam berbagai bahasa di dunia, bahkan tulisan-tulisan tersebut pun dari orang-orang di seluruh dunia.

3. Blog sebagai media memperbayak teman

jalinan pertemanan
jalinan pertemanan

Bagiku, blog adalah media yang tiada duanya. Selain facebook dan twitter yang juga sebagai media untuk memperoleh teman. Di blog pun kita bisa mendapatkan teman banyak dan rata-rata mereka adalah teman baru dari berbagai kalangan dan dari berbagai daerah yang baru kita kenal. Bahkan kita pun tidak mengenal begitu jauh siapa mereka. Namun dengan adanya teman baru, kita bisa berbagi-bagi link kita, saling mengomentari di setiap tulisan yang kita tulis, saling blogwalking dan saling memberikan informasi-informasi baru. Komentar dari mereka tidak hanya komentar yang baik namun juga ada komentar yang kritis dan mengkritik. Tapi hal tersebut tidak menjadi masalah, karena apapun komentar dari mereka, itu adalah sebuah pemacu supaya kita lebih baik lagi untuk menulis. Tidak hanya tata tulisan tapi juga isi tulisan. Baik itu berbobot maupun tidak.

Bahkan dengan dijalinnya pertemanan di blog, kita bisa membuat komunitas-komunitas dunia perbloggeran. Dalam komunitas tersebut kita bisa saling kopdar (saling bertemu) dan mendiskusikan hal-hal tentang kepenulisan serta berbagi sharing tentang banyak hal. Betapa indahnya persahabatan para blogger.

4. Blog sebagai media kontes

Contoh Logo Kontes Blog
Contoh Logo Kontes Blog

Aku baru menyadari bahwa di blog banyak sekali menyediakan kontes-kontes dan lomba-lomba menulis. Hal tersebut tidak hanya sebagai pemicu kita untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang disediakan oleh para pembuat lomba. Tetapi dengan adanya kontes dan lomba menulis, kita bisa memacu diri kita untuk mempunyai semangat menulis. Apapun tema yang dicantunkan dalam kontes, usahakan bisa kita ikuti, dan kita tuliskan dengan gaya kita sendiri. Mengenai penilaian dalam sebuah kontes itu tergantung dari si pembuat kontes. Menang ataupun tidak , bukan menjadi masalah, yang penting kita ikut berbagi dan ikut meramaikan serta menjalin pertemanan dengan sesama blogger.

Dari kontes-kontes yang ada, kita pun bisa melihat dan belajar dari sesama blogger. Tentang bagaimana mereka menulis, gaya seperti apa yang mereka gunakan dalam menulis. Nahdengan belajar dari mereka, kita semakin banyak wawasan dan ilmu, sehingga kita pun bisa menentukan gaya menulis diri kita sendiri, dan tentunya tanpa mencontoh atau menjadi pengikut gaya tulisan orang lain.

Kontes menulis, biasanya adalah hal yang ditunggu-tunggu para penulis blog. Terlebih lagi bila aku ataupun mereka menang di dalam kontes tersebut. Walaupun hadiahnya tidak seberapa, tapi itu menjadi hal yang membahagiakan dan bisa juga menjadi modal kita untuk mengikuti kontes yang lebih besar lagi dan menang lagi. Jadi jangan pernah kapok untuk mengikuti kontes menulis yang diadakan para blogger ya

5. Blog sebagai media promosi

Blog juga sebagai media promosi tentang tulisan-tulisan kita. Kita bisa mempromosikan apa yang kita tulis dalam blog, sehingga dapat dikenal oleh semua orang. Bahkan kita pun bisa mempromosikan buku baru yang kita buat baik sudah launching maupun belum dengan menuliskan resensinya di blog kita. Sehingga orang akan tertarik untuk membeli buku yang kita tulis. Maka dari itu, promosi sebuah buku dan tulisan kita harus semenarik mungkin agar menjadi daya tarik para blogger yang lain.

Selain itu, blog juga bisa dijadikan sebagai media promosi bisnis kita. Dalam artian bisnis online, seperti: toko buku online, toko baju online, catering online, dan bisnis lainnya. Maka dari itu,, selain kita mempromosikan bisnis kita melalui brosur-brosur, kita juga bisa mempromosikan melalui media online. Promosi seperti ini lebih cepat dan lebih hemat, dan seringkali berhasil mendapatkan pelanggan yang banyak. Ayo..siapa yang belum mempromosikan bisnisnya di blog? Yuks..lakukan sekarang..!!

Nah..itulah beberapa manfaat yang aku dapatkan dengan membuat blog? Blog pribadi adalah ciri kita dari apa yang kita tulis. Manfaat-manfaat di atas tidak hanya untukku saja tapi juga untuk semua orang di dunia perbloggeran. Maka dari itu tertarikkah kalian untuk mempunyai blog??

Bagi yang sudah mempunyai blog, janganlah berhenti menulis dan mengupdate tulisan-tulisan di blog kalian. Rajinlah.. dan galakkan dunia perbloggeran. Sedangkan bagi yang belum mempunyai blog, yuks buatlah blog mulai detik ini, dari kalian memulai membaca tulisan ini dan dari kalian menulis satu huruf di mesin komputer anda. Rasakan manfaatnya. Menulislah tanpa batas dan berkicaulah ke seluruh negeri. Biarkan dunia mendengarkan dan membaca apa yang kalian tuliskan dan apa yang kalian kicauan. Karena nge-blog itu asyik lo.

blogger-return-contest4

Tulisan ini aku ikutkan dalam lomba Blogger Return Kontes pada blognya Anazkia yang di sponsori oleh denaihati.

Gambar-gambar di ambil di Google

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s