Manusia dan Media Penghubung Terhubungnya (Connected)

Media Connected yang Berpengaruh

Manusia adalah makhluk sosial, dimana dalam hidupnya tidak akan bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Setiap manusia itu pasti akan saling membutuhkan satu sama lain khususnya untuk sesuatu hal yang positif. Mereka saling terhubung dalam suatu hunian karena merasa adanya kebersamaan dan kebermasyarakatan. Tidak heran bila kita melihat dalam suatu kampung atau suatu gang dimana mereka saling bertetangga pasti akan melakukan komunikasi di depan rumah, di jalan-jalan gang, di poskamling, di warung atau bahkan di pasar. Itulah tempat-tempat dan cara-cara manusia terhubung dan berkomunikasi dengan lainnya dalam suatu komunitas yang disebut kampung. Seperti halnya bila kita hidup bertetangga. Aneh rasanya bila tidak saling menyapa atau saling bertegur sapa ketika bertemu dengan tetangga. Pasti kita akan di cap sebagai orang yang sombong dan tidak mau bersosialisasi. Dengan bersosialisasi, akan mudah terjadi interaksi antara manusia satu dengan lainnya sehingga terjadi hubungan untuk saling berkomunikasi.

manusia sosial
manusia sosial

Kita semua tentunya pernah mempunyai tetangga, teman dekat atau saudara yang tinggalnya jauh dari kita baik itu antar kota, antar desa, antar provinsi maupun antar pulau atau bahkan antar negara. Sejak zaman dulu, surat merupakan media komunikasi paling penting untuk menghubungkan manusia satu dengan lainnya yang dibatasi dengan jarak dan tempat yang jauh. Surat merupakan media komunikasi tertulis untuk menyampaikan suatu informasi ketika teknologi tidak secanggih saat ini. Waktu penyampaiannya pun bisa memakan waktu yang lama tergantung jarak dan tempat yang akan dituju. Melalui surat sebagai media komunikasi tertulis, kita akan merasakan sesuatu yang mendalam ketika membaca setiap tulisan yang terangkai di sebuah kertas putih baik itu perasaan senang, sedih ataupun marah. Namun, komunikasi semacam ini mulai tergerus zaman, karena sudah tidak moden dan masih konvensional. Saat ini surat hanya digunakan untuk hal-hal yang formal dan resmi dalam suatu perusahaan maupun instansi pemerintah. Surat tak lagi digunakan oleh manusia untuk media berkomunikasi, karena tidak praktis dan penyampaiannya lama.

surat
surat

Selain berkomunikasi melalui surat, manusia satu dengan yang lainnya pada saat itu sangat membutuhkan interaksi secara langsung, sehingga mereka saling terhubung dan berkomunikasi dengan mudah dan langsung bertatap muka tanpa melalui media tertentu seperti surat. Salah satu tempat untuk saling berinteraksi secara langsung tersebut adalah taman yang biasanya terdapat di kota. Taman adalah area terbuka yang dikelilingi tumbuhan dan tanaman hijau dengan tambahan sarana penunjang seperti tempat duduk, alat permainan anak-anak (perosotan, ayunan) , pedestrian dan tempat sampah. Taman adalah area connected yang menghubungkan semua kalangan tanpa kecuali mulai dari kalangan menengah kebawah sampai kalangan menengah ke atas karena taman merupakan tempat yang tidak mengenal status dan kasta. Di tempat ini semua manusia bisa berkumpul, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Disinilah kita bisa bersosialisasi secara langsung dengan mudah dan nyaman. Saat ini taman sudah semakin sedikit jumlahnya, karena didominasi oleh bangunan-bangunan masif yang hampir menutupi lahan terbuka. Padahal fungsi taman yang paling utama adalah sebagai paru-paru kota yang menyediakan oksigen bagi kota dan untuk menyaring udara kotor yang dihasilkan oleh lingkungan sekitarnya. Bahkan taman pun berfungsi untuk penyimpan air bagi kehidupan Karen disitulah banyak ditumbuhi tanaman dan tumbuhan hijau. Oleh karena itu perlu digalakkan lagi agar pertumbuhan taman selain sebagai paru-paru kota juga sebagai sarana interaksi antar warga semakin banyak dan seharusnya mencapai 30 persen dari luas kota.

Taman Plumpang (dok. pribadi)
Taman Plumpang (dok. pribadi)

Berbeda dengan saat ini, disaat surat-menyurat sudah langka, dan pertumbuhan taman semakin sedikit, apalagi zaman saat ini sudah mulai canggih dan berteknologi. Saat itulah manusia sangat membutuhkan media yang sangat praktis dan mudah karena beragam alasan. Beragam media bisa digunakan untuk menghubungkan satu orang dengan orang lain dalam hitungan detik dan cepat sampai ke tujuan. Bahkan apapun yang kita sharing di media pun sudah diketahui dan menyebar ke berbagai penjuru dunia dan sudah menjadi rahasia umum lagi. Yang paling berdampak dan berpengaruh besar adalah media komunikasi seperti handphone yang bisa digunakan untuk berinternetan dan bisa dibawa kemana-mana, praktis, mudah, murah dan terjangkau. Handphone saat ini seperti kacang goreng, selalu berganti-ganti model dan aplikasi. Manusia tak henti-hentinya untuk selalu mencari model-model terbaru dengan aplikasi-aplikasi yang menarik dengan teknologi yang paling canggih. Dalam hal ini manusia diberi akal pikiran yang berlimpah oleh Allah SWT dalam menciptakan sesuatu.

Aplikasi-aplikasi handphone yang saat ini banyak digemari seperti facebook, twitter, chatting, email, whatsapp, line, kakaotalk, dan lainnya mulai menjadi virus komunikasi paling digemari. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut kita bisa memberi dan menerima informasi dengan sangat mudah dan cepat. Dalam hitungan detik kita dapat menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan kepada orang yang kita tuju dan dalam hitungan detik itu juga kita dapat menerima informasi dari berbagai orang di penjuru dunia. Bahkan aplikasi tersebut tak jarang juga menjadi media curahan hati, keluh kesah manusia dalam hidupnya yang selalu di uptodate setiap hari dan setiap detik. Tidak hanya berupa media tulisan saja yang bisa disampaikan melalui aplikasi tersebut, foto-foto atau gambar-gambar pun dengan mudah bisa kita sharing satu dengan lainnya. Dengan mudah pula, kita bisa mengomentari positif ataupun negatif terhadap hal-hal yang disharing oleh seseorang melalui aplikasi tersebut. Interaksi antar manusia tak lagi face to face, tapi cukup melalui dunia maya, seolah-olah kita cukup melihat dan mendengar suatu hal tentang seseorang melalui aplikasi tersebut. Sampai saat ini media tercanggih tersebut tak bisa tergantikan oleh apapun dan sudah menjadi virus yang sangat berpengaruh bagi kehidupan.

Ada satu sarana yang saat ini sudah banyak diminati oleh masyarkat, sebagai suatu media untuk menyampaikan informasi, yaitu blog. Selain untuk menyampaikan informasi berupa tulisan terhadap apa yang kita ketahui, melalui blog kita juga bisa menuliskan berbagai hal yang menarik dan bisa saja kita bukukan menjadi sebuah buku sehingga menjadi sebuah penghasilan yang cukup lumayan. Dengan blog pula, kita belajar untuk menulis dan merangkai kata. Semakin terasah, akan semakin bagus tulisan kita. Kita bisa menyebarkan link tulisan blog kita kepada orang lain melalui aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan diatas, sehingga orang yang membaca tulisan di blog kita, bisa menulis komentar terhada tulisan-tulisan yang kita sampaikan. Kemungkinan dari situlah kita bisa terhubung dengan orang-orang baru yang sama-sama tertarik dengan dunia perblog-an. Sehingga bila terbiasa saling berkomentar dalam tulisan, kemudian saling kenal satu sama lain, dan akhirnya diantara mereka akan melakukan kopdar agar saling mengenal lebih dekat secara langsung. Sehingga muncullah berbagai komunitas blog yang sudah menjamur di dunia internet dengan kesamaan tertentu. Itulah bagaimana cara mereka terhubung antara satu dengan lainnya yang terjadi saat ini. Banyak cara dilakukan oleh manusia, agar mereka saling mengenal, kemudian saling terhubung untuk tetap menjaga silaturahmi dan persahabatan.

komunitas blogger (dok. bangaswi)
komunitas blogger (dok. bangaswi)

Trans Studio sebagai Taman Indoor yang Berconnected

Seperti halnya sebuah taman kota, Trans Studio merupakan sebuah media penghubung antar manusia satu dengan lainnya yang ditempatkan dalam sebuah bangunan indoor. Fungsi Trans Studio adalah sebagai ruang publik. Disaat keberadaan taman mulai sedikit, saat ini mulai banyak bermunculan bangunan-bangunan (indoor) sebagai tempat rekreasi/hiburan dan berfungsi sebagai tempat refresing, tempat berkumpul keluarga, bertemu teman dan orang baru juga tempat melepas penat setelah beberapa hari meakukan aktivitas yang berat seperti bekerja. Salah satunya adalah Trans Studio Makassar yang terletak di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebagai sebuah taman hiburan terbesar di kota Makassar, tentunya tempat ini sangat berpengaruh bagi warga Makassar dan warga lain di luar kota dalam upaya menghubungkan manusia satu dengan lainnya. Tidak hanya terbesar, taman hiburan ini sudah terkenal di Indonesia bahkan ke luar negeri. Dalam menghubungkan manusia satu dengan lainnya, Trans Studio menghadirkan wahana-wahana yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan bila kita sudah berada di tempat ini. Wahana-wahana tersebut berjumlah 21 wahana permainan yang sangat menarik dan memuaskan. Di dalam bangunan ini juga didesain dengan empat model tema taman yang berbeda-beda dan unik.

Fungsi dari taman wisata hiburan indoor ini sebenarnya sama dengan fungsi dari taman kota (Outdoor), hanya saja bentuk dan modelnya berbeda. Tidak hanya sebagai sarana hiburan, dengan adanya Trans Studio, masyarakat dari berbagai lapisan, status dan kasta pun bisa datang ke tempat ini untuk menikmati setiap wahana yang dihadirkan. Di tempat ini, sebuah keluarga bisa disatukan dengan kegembiraan dan hiburan bersama-sama setelah setiap harinya selalu terpisah , dimana ayah dan ibu bekerja sedangkan anaknya bersekolah. Begitu juga dengan teman yang satu dengan lainnya yang terpisah oleh jarak bisa disatukan dengan bersama-sama menikmati hiburan di tempat ini, sehingga pertemanan bertambah erat dan komunikasi tetap berjalan dengan baik. Seperti teori yang sudah dikemukan oleh Gunn, 1994, bahwa Wisata merupakan pergerakan orang sementara menuju tempat tujuan yang berada di luar tempat tinggal biasa mereka bekerja dan tinggal, aktivitas yang dilakukan selama mereka tinggal di tempat tujuan dan fasilitas yang diciptakan untuk melayani kebutuhan mereka.

Manusia sebagai makhluk sosial, di dalam hidupnya tidak hanya butuh bekerja saja, tetapi mereka juga butuh hiburan untuk menyegarkan kembali pikiran. Salah satunya adalah dengan keberadaan Trans Studio Makassar ini. Di bangunan ini tidak hanya tersedia wahana permainan, kita pun bisa juga menikmati dan memanjakan diri dengan shooping di area mall nya yang disebut dengan Mall Trans Studio. Biasanya tempat inilah yang menarik minat para wanita dan ibu-ibu. Sedangkan anak-anak lebih menyukai tempat permainan yang disebut Theme Park Studio. Dengan keberadaan itu, masing-masing anggota keluarga bisa terpenuhi kebutuhan dan kepuasaannya akan sebuah hiburan dan hobi. Hal tersebut sudah dirancang sedemikian rupa oleh para arsitek dan ownernya dalam menciptakan sarana hiburan bagi keluarga.

manusia terconnected di Trans Studio MAkassar
manusia terconnected di Trans Studio MAkassar

Diharapkan nantinya wahana-wahana permainan yang ada di Trans Studio Makassar ini bertambah banyak dan semakin menghibur orang-orang yang hadir di dalamnya. Semakin menambah interaksi antar orang sehingga saling terhubung dengan baik dan menambah komunikasi. Service yang ramah dan baik dari pegawainya, sehingga pengunjung semakin senang dan terhibur. Pengembangan konsep taman indoor yang lebih menyerupai taman ourdoor lebih dikembangkan lagi, sehingga pengunjung merasa bahwa mereka berada di area outdoor dan merasakan kenikmatan yang sama.

Perlu juga dikembangkan lebih baik lagi sebuah sarana khusus bagi para disabilitas baik itu berupa permainan, maupun prasarana yang dibutuhkan oleh mereka, agar mereka juga bisa menikmati hiburan-hiburan yang ada di area ini. Mereka juga butuh hiburan yang menarik bahkan juga butuh berinteraksi dengan orang lain, karena mereka juga sama dengan manusia yang lainnya. Tidak hanya mementingkan sebuah bisnis belaka, tapi juga memikirkan masyarakat-masyarakat disabilitas yang saat ini tidak dihiraukan keberadaannya. Keberadaan sarana tersebut harus dirancang sedemikian rupa dan tertata baik mulai dari outdoor sampai indoor bangunan, sehingga para penyandang disabilitas tidak terhambat dalam melakukan interaksi sosial dengan masyarakat lainnya di dalam ruangan. Mereka dapat dengan mudah saling terhubung dengan yang lainnya tanpa suatu kendala, karena sudah mendapat perhatian secara khusus.

penyandang disabilitas di area publik
penyandang disabilitas di area publik
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s