Macau, Kota dengan Tata Kota yang Indah

8fb6db027deae3c5ca8186346d056d6b_banner-why-macau-300x250-r2

Siapa yang tidak tahu negara Republik Rakyat China (RRC)? Pasti semuanya sudah kenal bukan?. Apalagi negara ini terkenal dengan berbagai produk buatan negerinya seperti tekstil, elektronik, mainan anak-anak dan lainnya yang sudah tersebar ke seluruh Negara termasuk Indonesia. Ya, memang Negara China sangat terkenal akan produk-produk yang seringkali laris di pasaran. Negara China ini terletak di benua Asia. Salah satu kotanya yang terkenal adalah Macau. Kali ini saya akan membahas tentang kota Macau. Pembahasan ini dalam rangka mengikuti lomba menulis blog yang diselenggarakan oleh MGTO (Macau Government Tourist office) yang bekerja sama dengan portal viva.co.id dengan tema Why Macau.

Peta Macau
Peta Macau

WHY MACAU?

Ya, karena Macaulah saya harus mengikuti kontes menulis blog. Seumur hidup saya belum pernah menginjak kota ini. Namun namanya sudah cukup mengena di telinga. Sebuah nama yang sangat melekat dengan kota di China. Selain sebagai kota shopping, kota ini juga terkenal dengan pariwisatanya. Tak ayal, banyak para wisatawan dari berbagai negara sering datang kesini, sehingga dapat menambah pendapatan kotanya lebih besar lagi. Dengan kontes menulis ini saya berharap bisa memenangkan lomba menulis blog agar bisa pergi ke kota Macau. Sebuah harapan dengan keyakinan yang sebesar-besarnya, mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan doaku yang terdalam ini.

WHY MACAU?

Ya, saya tertarik dengan kota ini, ketika melihat foto-foto yang dipamerkan oleh tante saya saat dia melakukan studi banding ke sana. Foto-foto itu memperlihatkan pemandangan kota Macau yang indah dengan penataan kota yang sangat rapi, artistik dan menarik. Ketika melihat itu, ingin rasanya saya saat itu langsung terbang kesana juga.

WHY MACAU?

Ya, karena saya juga tertarik dengan artikel-artikel yang bertebaran di internet dan media cetak (majalah, koran, buku). Banyak media menceritakan tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Yang paling membuat saya tertarik adalah penataan kotanya. Arsitekturnya yang keren sekali. Berhubung saya adalah lulusan arsitektur, maka saya tertarik untuk mengetahui arsitektur di kota ini, beserta tata ruang kotanya. Tidak lengkap rasanya mengetahui arsitektur kota ini , jika saya tidak mengamati langsung kesana. Tapi setidaknya saya bisa mengulas sedikit yang saya tahu tentang kota Macau.

MACAU KOTA WARISAN SEJARAH

Macau merupakan kota bersejarah peninggalan Kolonial Eropa di Asia khususnya Portugis yang di dalamnya banyak terdapat bangunan-bangunan berrsejarah. Kini untuk meningkatkan perekonomian kotanya di bidang kepariwisataan, Macau mulai berbenah dan melakukan-penataan kembali kotanya, terutama untuk bangunan-bangunan bersejarah yang ada sebagai jejak perjalanan kota yang diwariskan untuk generasi berikutnya. Banyak bangunan-bangunan bergaya Portugis memenuhi sebagian sudut kotanya, sehingga tak heran bila kita melihat kota ini mirip dengan kota kecil di Eropa. Meskipun pernah dijajah Portugis, dalam komunikasi kesehariannya warga Macau tidak terlalu banyak menggunakan bahasa Portugis, tapi justru bahasa yang dominan digunakan adalah bahasa mandarin termasuk juga dalam hal penamaan di bangunan-bangunan bersejarahnya
Lebih menarik lagi, jejak sejarah kota Macau, terlihat dari keberadaan bangunan-bangunan bersejarah peninggalan bangsa Portugis. Bangunan tersebut direhabilitasi dan direvatilisasi kembali sehingga tampak baru kembali. Pewarnaan bangunan yang beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, serta fungsi bangunan yang difungsikan kembali menjadi fungsi yang berbeda. Terlihat indah, teratur dan tidak kusam lagi. Perawatan dan pemugaran bangunan tersebut sepertinya mendapat perhatian penuh dari pemerintah dan masyarakat di kota Macau pun mempunyai kesadaran diri dalam menjaga warisan budaya yang sudah ada.

MACAU DAN PENATAAN KOTANYA

Saya sempat membayangkan bila saya bersama suami ke kota ini untuk berbulan madu kembali. Ya, tempat inilah yang menjadi tujuan utama kami menumbuhkan keharmonisan yang indah seperti sebelumnya. Teringat foto-foto yang diperlihatkan tanteku, suasana kota yang rapi dan teratur. Di malam hari, banyak lampu-lampu kota menerangi setiap sudut kota dengan pencahayaan yang sangat menarik. Terutama lampu yang dipasang dan menempel pada bangunan. Seakan-akan kota ini tak pernah sepi dan kehidupan malam seolah menjadi suatu hal yang lumrah. Maka dari itu suasana malam ini sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi berkunjung ke kota ini hanya sekali waktu saja. Kami akan menghabiskan malam dengan berjalan-jalan menyusuri sudut kota yang tak pernah mati. Memotret suasana malam dengan latar belakang lampu-lampu kota yang indah dan kami abadikan sebagai sebuah memori di masa datang. Sungguh sebuah perjalanan yang menakjubkan bukan?

suasana lampu-lampu malam di Macau (doc.pribadi)
suasana lampu-lampu malam di Macau (doc.pribadi)
suasana malam di jalanan Macau (doc.pribadi)
suasana malam di jalanan Macau (doc.pribadi)

Mari kita lanjutkan kembali tentang kota Macau. Setahu saya Pemerintah kota Macau sangat memperhatikan kotanya dari segi aspek penataan kota yang terlihat dari adanya ruang publik kecil di setiap sudut jalan yang sempit. Dimana di ruang pulik tersebut warganya dapat duduk-duduk santai dan bercengkerama satu sama lain. Area ini selain dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman bagi warganya juga tampak teduh dan dikelilingi oleh tanaman sehingga undah dipandang. Selain itu, penataan jalan raya pun dibuat sedemikian rupa sesuai dengan keinginan masyarakat. Kepentingan untuk pejalan kaki seperti pedestrian tidak dilupakan, yaitu dengan menyediakan trotoar tempat berjalan kaki dan dilengkapi dengan penataan sarana trotoar yang teratur dan rapi. Ditambah juga sarana pelengkap jalan seperti box telepon, pot-pot tanaman, tempat sampah, lampu jalan, bahkan tempat duduk.

penataan box telepon dan poster di trotoar (doc.pribadi)
penataan box telepon dan poster di trotoar (doc.pribadi)
penataan signage jalan (doc.pribadi)
penataan signage jalan (doc.pribadi)
penataan pot tanaman (doc.pribadi)
penataan pot tanaman (doc.pribadi)

Penataan kota yang baik dan teratur merupakan salah satu hal yang bisa menjadi destinasi wisata yang dapat meningkatkan perekonomian kota Macau. Karena hampir kebanyakan wisatawan datang ke kota ini selain untuk menikmati hiburannya, budayanya, tempat-tempat wisatanya, makannnya bahkan pusat-pusat perbelanjaannya, juga untuk menikmati keindahan kotanya. Segala hal tentang kota ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran dan contoh bagi negara kita.

MACAU DAN BANGUNANNYA

Senado Square yang terletak di pusat semenanjung Macau dengan luas kurang lebih 3700 m persegi merupakan salah satu area yang menjadi pusat perhatian wisatawan. Senado Square merupakan alun-alun kota Macau. Disinilah tempat warga kotanya seringkali berkumpul dan bersosialisasi, bahkan untuk sekedar cuci mata. Saya tertarik dengan motif dan desain dari tapak jalannya yang berbentuk gelombang bercorak belang-belang dan berbahan batu-batuan. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Diantaranya juga berjejer bangunan kuno berstyle Eropa yang tertata dengan rapi. Dimana bangunan tersebut dibangun dengan selasa-selasar yang berkolom-kolom, yang merupakan ciri khas bangunan Eropa. Bangunan ini termasuk bangunan wisata yang dilindungi (heritage) karena merupakan peninggalan bangunan bersejarah. Sebagian besar bangunan bercorak neo-klasik berwarna, bernuansa mediterania yang konsisten dan harmonis. Pepohonan besar tidak banyak terlihat menghiasi area publik ini, hanya saja pohonnya berukuran sedang dan pot-pot bunga yang diletakkan di setiap area untuk mempercantik suasana.

Senado square (doc.pribadi)
Senado square (doc.pribadi)
Kios dan toko-toko di Senado Square (doc.pribadi)
Kios dan toko-toko di Senado Square (doc.pribadi)

Di tengah area terdapat taman disertai air mancur yang cukup memberikan pemandangan sejuk dan menjadi titik poin di area ini. Bangunan-bangunan bersejarah yang mengelilingi taman tersebut dipugar dan direvitalisasi menjadi kios-kios atau toko-toko yang menjual berbagai macam produk untuk wisatawan, ada juga caf dan restoran sebagai penunjang aktivitas di area publik Senado Square ini. Oleh karena itu area ini bisa dikatakan sebagai area shoping windows. Seandainya saya dan suami kesana, menyenangkan sekali pastinya. Kami dapat menikmati kehidupan orang Macau dan menikmati kotanya. Jalan-jalan sore dan berolahragapun bisa dilakukan disini. Betapa nikmatnya hidup ya.

Kolom bangunan gaya Eropa (doc.pribadi)
Kolom bangunan gaya Eropa (doc.pribadi)
gang kecil di sudut kota (doc.pribadi)
gang kecil di sudut kota (doc.pribadi)

Tidak hanya di area publik Senado square saja, jalanan publik di area lain juga dirancang dengan motif batu alam yang menarik, seperti pada Alun-alun St. Augustine yang disekelilingnya berdiri bangunan Gereja St. Augustine, Teater Dom Pedro V, Seminari St. Joseph dan Perpustakaan Sir Robert Ho Tung.

bangunan di St. Augustine
bangunan di St. Augustine
motif jalan di st.augustine
motif jalan di st.augustine

Bangunan yang lain di kota Macau, seperti St Lazarus Distrik yang saat ini telah difungsikan sebagai area pengembangan industri budaya dan kreatif Macau yang terletak di kabupaten Albergue.

bangunan di SCM
bangunan di SCM

Ada juga area-area distrik untuk shopping seperti SCM. Area distrik ini memiliki halaman kecil dan dikelilingi bangunan tua Portugis dengan dinding berwarna kuning. Jalan yang mengitari area ini juga mirip dengan di Senado Square, yaitu berbatu dan bermotif, sehingga terlihat menarik dan indah. Tempat belanja ini cukup diminati wisatawan. Terlihat area ini sangat ramai dikunjungi pengunjung. Penataannya pun sangat rapi. Banyak terdapat signage yang ditata dengan baik dan tidak amburadul, meskipun jumlahnya hampir memenuhi wajah bangunan. Bahkan sampah pun tidak terlihat berserakan di jalan-jalan sekitar distrik ini. Meskipun penataan dan warnanya yang mencolok dan sangat ramai, tapi benar-benar terkonsep dengan baik.

motif batuan di jalanan
motif batuan di jalanan

Penataan di saah satu area distrik Macau (doc.pribadi)
Penataan di saah satu area distrik Macau (doc.pribadi)

Ruang publik lainnya yang patut dikunjungi dengan penataannya yang indah yaitu adanya taman-taman kota sebagai pengindah suasana. Taman-taman kota tersebut diantaranya yaitu:

a. Taman Flora yang terletak di kaki bukit Guia sejajar dengan Avenida Sid-nio Pais.taman ini bergaya Eropa dengan adanya gerbang batu di bagian pintu masuk taman. Jalanan untuk pejalan kaki dan jalan-jalan tapak lainnya pun menggunakan bebatuan yang didesain sedemikian rupa. Terdapat beberapa tanaman yang ditanam dan diatur sesuai dengan gaya Eropanya seperti palem, semak berbunga. Ada juga taman burung, kebun binatang kecil dan teras di bawah pohon. Untuk menuju puncak Bukit Guia, sebuah titik tertinggi di Macau bisa dengan menggunakan kereta gantung di dekat gerbang taman, sehingga dari puncak inilah kita dapat melihat pemandangan dan panorama kota Macau yang dari atas.

Taman flora
Taman flora

b. Taman Komandan Ho Yin yang dirancang sedemikian rupa juga dengan pelengkap taman seperti bangku-bangku di bawah pohon dan meja untuk pemain catur, lansekap dengan semak-semak, lahan bambu, taman bermain dan sebuah kafe. Di taman ini kita dapat berolahraga kecil yaitu berlari-larian yang biasanya cocok untuk anak-anak kecil.

motif batuan di Taman Komandan Ho Yin
motif batuan di Taman Komandan Ho Yin
air mancur di Taman Komandan Ho Yin
air mancur di Taman Komandan Ho Yin

c. Taman Kota Bunga terletak di pusat lingkungan pemukiman Taipa yang dikelilingi oleh tembok. Taman ini merupakan interpretasi modern dari taman klasik China yang didalamnya terdapat kolam lotus tradisional, jembatan berkelok-kelok, dan paviliun kecil. Ada jug ataman bermain untuk anak, berskating dan berskuter ria.

Taman Kota Bunga
Taman Kota Bunga

d. Taman Carmel yang bergaya Eropa ini terletak di Di sebelah Gereja Our Lady of Carmel di bukit yang menghadap ke desa Taipa dan Taipa Praia lama. Terdapat gazebo dengan tanaman merambat serta air mancur dan bangku batu. Bentuk jalanan di taman ini jalan berputar dan dipenuhi dengan bunga-bunga indah.

Taman Carmel
Taman Carmel

Itulah sebagian taman-taman indah di kota Macau. Taman-taman tersebut tertata dengan rapi, berwarna-warni dan menarik. Warna hijau dedaunan sangat menyejukkan mata. Begitu juga dengan warna-warni bunga. Saya sangat kagum akan keberadaan taman-taman ini. Tempat ini pun bisa dijadikan latar untuk foto pre-wedding dan foto-foto pribadi lainnya. Sungguh cantik dan indah. Fungsi taman selain membuat kota Macau menjadi rindang juga untuk menyaring polusi udara dan persediaan oksigen bagi kotanya. Macau memang terlihat sebagai kota kecil, tapi hampir semuanya sudut kotanya tertata rapi, teratur dan terkonsep.

Sangat menarik bukan kota Macau itu? Saya saja yang menulis artikel ini, sangat antusias sekali dan berencana jika punya rezeki berlebih, akan berpetualang ke kota Macau. Doakan tercapai ya.. yuks kita kesana.


http://news.viva.co.id/appaux/ads/macau/why-macau-300×250.swf

sumber:

http://id.macautourism.gov.mo/
http://google.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s