Hidup Sehat dengan Smoothies

Sobat, kalian tahu tidak apa itu smoothies? Hmm pasti penasaran bukan? Atau jangan-jangan sudah ada yang tahu nih?

Oke smoothies yaitu minuman dari buah-buahan maupun sayuran yang dicampur dengan susu/yogurt dan bahan lainnya lalu diblender hingga lembut. Teksturnya lebih pekat daripada jus, karena dengan smoothies kita meminum sampai ampasnya. Selain membuat kenyang, serat /ampas smoothies yang kita makan sangat baik untuk pencernaan.

Smoothies saat ini sudah mejadi perbincangan banyak orang di sosial media dan sudah menjadi tren gaya hidup sehat masa kini. bahkan ada yang membuatnya sendiri, lalu diperjual belikan lo.. Sebenarnya sebelum saya tahu apa itu smoothies, saya sudah menerapkan hidup sehat dengan smoothies dalam kehidupan sehari-hari saya. Sudah 2 tahun yang lalu saya menjalankan gaya hidup sehat seperti itu. Alhamdulilah..mudah-muadahan sehat terus ya.

Saya mengenal smoothies dari pengalaman seorang teman yang pernah curhat pada saya tentang gaya hidup sehat. Nah, makanya saya tertarik untuk hidup sehat dengan smoothies. Saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu setiap pagi hari sebelum berangkat kerja. Walaupun agak ribet, tapi demi tubuh yang sehat. So what gitu lo? Secara dalam keseharian saya, aktivitas di jalan maupun di kantor berhubungan dengan makanan kolesterol, dan polusi udara. Apalagi di kota Jakarta yang serba kehidupannya tak terkontrol termasuk lingkungannya. Kita sebagai manusia yang diberi anugerah sehat, pastinya akan rentan terkena penyakit bila tidak benar-benar menerapkan hidup sehat.

Maka dari itu, saya dan suami setiap hari mengkonsumsi smoothies yang kami buat sendiri. Saya buat tiap hari yaitu di pagi hari dan diminum sebelum makan/sarapan. Jadi dalam keadaan perut kita kosong. Karena smoothies yang berfungsi sebagai detoksifikasi pada tubuh akan bereaksi lebih bagus dan cepat ketika perut kita dalam keadaan kosong. Jangan lupa juga minum air putih ya..

Smoothies ala Funnie (doc: Funnie)
Smoothies ala Funnie (doc: Funnie)

Efek dengan minum smoothies tiap hari memang tidak memberikan efek yang cepat, tapi untuk jangka waktu bagi tubuh kita di masa depan. Segala racun dalam tubuh kita akan tersaring dan dibersihkan dengan mengkonsumsi smoothies setiap hari.
Ala smoothies yang sering saya konsumsi, misalnya smoothies buah yaitu campuran wortel, tomat dan apel malang. Ketiga buah tersebut dikupas dan dipotong kecil-kecil , lalu diblender dengan tambahan campuran air sedikit sampai benar-benar halus. Kalau saya memakai blender kecil, karena simpel. Setelah jadi tinggal dituang dalam gelas dan siap diminum dengan ampas-ampasnya. Tidak hanya itu, terkadang saya mengganti buah setiap harinya, missal strawberry, mangga, alpukat dan buah lainnya yang berwarna-warni.

Nah sobat sekarang sudah tahu khan smoothies itu apa? Yuks mulai sekarang hidup sehat dengan smoothies..

Kaos Gurita? Apa sih itu?

Hampir semua orang menyukai kaos karena kalau dipakai lebih enak, simpel, santai dan lebih ngepas di badan. Sebab baju dengan bahan kaos itu lebih menyerap keringat dan tidak panas daripada bahan-bahan yang lain. Kaos lebih tepat dipakai pada saat acara tidak resmi seperti santai, rekreasi dan jalan-jalan. Tetapi kalau ke acara yang berbau semi resmi atau resmi, sebaiknya menggunakan bahan yang lain ya.., karena rasanya tidak cocok kalau kita pergi ke acara rapat, pernikahan atau acara kantor memakai kaos. Kebayang gak sih gimana malunya. Apalagi budaya di Indonesia itu segala sesuatu harus ada adab dan sopan santunnya. Benar gak sobat?

Nah sudah pernahkah kalian pergi ke kota Bandung? Sebuah kota di Jawa Barat yang mempunyai sejuta keindahan dan keunikan yang patut kita jadikan list dalam travelling kita. Kalau yang belum pernah, yukssiapkan dana untuk ke sana.
Kota Bandung yang terkenal dengan udara sejuknya. Bahkan di Bandung juga banyak terdapat distro-distro yang biasanya disukai kawula muda lo Pada umumnya distro-distro tersebut menjual baju berbahan kaos, jeans dan pernak-pernkk yang disukai kawula muda. Barang-barang yang dijual biasanya produk lokal dan tidak kalah lo dengan produk luar negeri.
Kreativitas dan keunikan masing-masing produk kaos, patut kita acungi jempol. Tapi tidak hanya itu saja, bahan dan kualitasnya pun patut kita perhatikan bila membeli kaos yang keren dan nyaman. Nah maka dari itu, saya penasaran dengan salah satu kaos yang diberi nama Gurita, karena selama ini saya mendengar banyak orang memakainya dan sudah merajalela di berbagai kota.

Seperti apa sih kaos Gurita itu? Masih penasaran nih

model kaos Gurita (doc:kaosgurita.com)
model kaos Gurita (doc:kaosgurita.com)

Untuk membuktikannya saya akhirnya langsung googling ke toko distro yang menjual kaos Gurita tersebut dan ternyata kaosnya keren-keren lo.. namanya unik GURITA, logonya pun seperti nama binatang laut saja, yaitu hewan laut berwarna merah dan berkaki delapan. Gurita merupakan produk lokal di Bandung yang menjual berbagai macam produk khususnya kaos yang unik dengan kata-kata yang lucu. Istilahnya Kaos yang bisa ngomong. Tidak hanya itu GURITA juga memproduksi aksesoris seperti topi, dan masker, produk aneka tas dan sajadah denim dan lainnya.

Nah..saya jadi tambah penasaran nih, sebab selama ini setiap kali ke Bandung belum pernah sedikitpun menginjakkan kaki di toko GURITA. Tapi lain kali dipastikan saya akan kesana berburu kaos GURITA yang unik dan keren.

Bagi kalian yang lagi di Bandung atau hendak ke Bandung, pastikan mampirlah sejenak ke Toko Gurita. Koleksilah kaos-kaos yang bisa ngomong tersebut sebagai buah tangan atau bahkan untuk diri sendiri. Gak rugi lo tapi jangan sampai nyesel, nantinya kalian akan ketagihan lagi buat beli kaosnya lagi.. lagi dan lagi.

Yoo..let;s go sobat. Kita berburu kaos GURITA.

Bagi sobat yang ingin pesan online, bisa langsung saja ke alamat ini ya: http://kaosgurita.com/ atau kalau ingin datang langsung ke tokonya, ini alamatnya Jalan Cihampelas 110 Bandung.

Serunya Berburu Alamat Vs Angkot

Naik angkot di Jakarta itu serunya tak terlupakan. Bayangkan kalian yang belum pernah naik angkot, pasti akan mengalami pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan. Entah itu pengalaman desak-desakan di angkot, kecopetan (yah..mudah-mudah untuk yang ini jangan pernah dialami deh ya..), dikibulin sama sopir angkot sampai nyasar alamat atau bahkan ketiduran di angkot (hati-hati saja kalau yang satu ini, bisa-bisa kita sudah sampai di negeri oranghehehe).

Nah berbagi pengalaman naik angkot, mungkin diantara kalian juga pernah mengalami hal yang serupa dengan saya. Pernah suatu kali saya dan teman perempuan saya berniat untuk mencari suatu alamat Kantor Pemerintah di daerah Jakarta Timur (sebut saja) Kantor X dengan maksud untuk sekedar survey lokasi ujian. Sejujurnya kami hanya naik angkutan saja. Karena kami tidak ada yang mengantar atau tidak mempunyai kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Jadi kendaraan andalan kami saat itu adalah hanya angkutan umum seperti angkot, kopaja, metromini maupun bus. Selain itu, kami juga minta petunjuk dari teman terdekat mengenai angkutan apa saja yang digunakan untuk menuju ke arah kantor tersebut.

angkot (doc. google)
angkot (doc. google)

Sebelum menuju TKP, kami searching-searching dulu alamat yang akan dituju melalui google maps sekalian searching angkutan umum menuju ke arah sana. Yah kalo dilihat di peta sih, alamatnya gak rumit-rumit amat, angkutan umumnya juga gak terlalu ribet karena lokasi kantornya cukup dekat dengan jalan tol.

Nah setelah itu keesokannya tepat hari Minggu pagi, kami pergi ke terminal TJ untuk naik bus ke arah terminal RB ataupun terminal PR. Sebenarnya ada 2 petunjuk dari teman kami yaitu petunjuk dari (sebut saja) Ahmad dan petunjuk dari Ahmid. Akhirnya kami mengikuti petunjuk Ahmid karena cukup dipercaya dan tidak begitu ribet. Setelah naik lalu kami turun saja di perempatan PR, setelah itu nanti naik angkot lagi.

Kata orang yang kami tanyai di jalan, ” Naik angkot (sebut saja) A ini saja mbak, Cuma sebentar kok, terus naik angkot (sebut saja) B lagi. Nah sampai deh di tujuan yang mbak tuju.”

Tanpa banyak pikir, lalu kami mencari angkot A dan menaikinya, setelah itu berganti naik angkot B. Nah disinilah peristiwa serunya berburu alamat terjadi. Kemudian angkot B berangkat membawa kami menuju alamat yang dituju dan kami melewati jalan yang dalam pikiranku bukan sebuah jalan raya. Karena jalannya sangat sepi dan agak kecil. Meskipun cukup lebar sih. Di kanan kiri masih terdapat sawah-sawah.

Setelah cukup lama angkot membawa kami, tapi tidak sampai-sampai juga. Lalu temanku bertanya pada Pak Sopir, “Pak, kantornya masih jauh ya?”

Si sopir angkot menjawab, “Oh iya mbak masih 10 kilo lagi.”

Otomatis kami berdua kaget sambil bertatapan tanda keheranan. “What?” ujar kami.

“Wow 10 kilo lagi? Kalau jarak segitu bukan jauh lagi, tapi jauhnya melebihi jarak ke Negara Amerika pakai kapal laut. Jauh bener khan? Yah sudahlah, kita ikuti saja petunjuk si sopir angkot, khan dia yang lebih tahu daerah ini.” Ujarku pada temanku.

Nah… Sesampainya di sebuah jalan yang cukup lebar (seperti jalan raya yang sebenarnya), lalu aku melihat sebuah papan nama bangunan, disitu tertera jalan Raya AA, tapi setelah ditilik-tilik, belum tampak kantor X yang kami tuju. Tapi feeling kami, pasti kantor itu tidak jauh lagi. Padahal kami sudah clingak-clinguk kanan dan kiri, mata fokus dan tidak bergerak sedikitpun dari sepanjang bangunan yang kami lewati. Tapi tak satupun yang menunjukkan tanda-tanda bahwa itu kantor X.

Kembali saya bertanya pada si sopir angkot,” Pak belum sampai juga ya?”

“Sebentar lagi mbak, satu kilo lagi di depan. Nanti mbak berhenti di persimpangan, lalu tinggal jalan kaki sedikit. Nah pas diturunan, disitu letak kantornya.” Kata si sopir angkot.

Kita sih nurut-nurut saja dan sedikit lega karena sebentar lagi akan sampai.

Tiba-tiba pak sopir berkata,”Turun disini ya mbak. Ongkosnya satu orang 6000.”

Lalu kita turun dan dengan senang hati membayar ongkos yang diminta sambil mengucapkan terima kasih kepada si pak sopir.

Lalu kami menuju kantor X. Untuk mencari kebenaran alamat kantor X, kami bertanya pada seorang Bapak di piggir jalan, “Pak, apa benar kantor X alamatnya disana ya?” sambil menunjuk jalan turunan yang dimaksud.

Lalu bapak itu menjawab, “Wah, disana bukan kantor X mbak. Tapi kantor Y. Kalau kantor X arahnya kesana (menunjuk arah yang tadi kita lewati). Sebaiknya mbak naik angkot B lagi ke arah sana, nanti kantor X nya dekat dengan kantor W.”

Ooohh tidak.. ternyata kami salah alamat dan sepertinya dikibulin sama si sopir angkot B tadi. Kami merasa kesal dengan si pak sopir yang sok tahu itu. Lagaknya sih meyakinkan tapi ternyata sok tahu. Padahal kami sudah bayar angkot mahal-mahal,dan sebenarnya jaraknya gak sampai 10 kilo, eh ternyata salah alamat lagi. Hadeh…awas ya tuh sopir. Tapi mau nagaimana lagi, mau marah-marah sama si pak sopir, kitanya sudah tidak bertemu dia lagi.

Yang tadinya kami sudah semangat, eh tiba-tiba lemas, gara-gara dikibulin si bapak sopir angkot B. Lalu kami berjalan lagi dan naik angkot B lagi ke arah yang kami lewati sebelumnya. Nah sampai di kantor W, kami turun. Eh, ternyata waktu kami tanya lagi kepada orang yang ada di daerah itu, katanya harus naik angkot C lagi ke arah sebaliknya.

“Ooooho…hoo.kok dikibulin lagi sih kita sama sopir angkot. Walah…..jahat bener tuh sopir-sopir.” Gerutu kami.

Tanpa basa-basi, kami naik angkot C dan taraaaa…akhirnya kantor X nya ketemu. Akhirnya kami sudah tiba. Lega rasanya, setelah sekian lama putar-putar naik angkot gak karuan bahkan dikibulin berkali-kali sama si sopir angkot. Wahh… benar-benar perjalanan yang seru, lucu, sekaligus menyebalkan. Mau survey berbuah dikibulin sama sopir-sopir angkot. Benar-benar nasib buruk hari Minggu ini. Bad Sunday. Tapi kami gak pernah kapok kok kalau harus naik angkutan lagi berburu alamat. Hitung-hitung buat pengalaman saja. Tidak usah dibikin pusing. Bahkan kami pun tertawa-tawa dikibulin seperti itu.

Pesan untuk kalian-kalian yang berminat naik angkot kemana-mana: jangan pernah kapok ya.Sebenarnya si sopir angkot baik. Hanya saja agar penumpang naik ke angkotnya, makanya sikapnya berlagak sok tahu. Bagi yang belum pernah naik angkutan umum dan dengan egonya naik kendaraan pribadi terus, yuk lah sekali-kali naik angkot, bergabunglah dengan kia-kita yang andalannya hanya angkutan umum. Berbaurlah. Pasti kalian akan merasakan sensasinya.

Nah..pesen buat para sopir angkot:
Kalo memang tidak tahu alamat yang dituju penumpang, tolong dengan sopan bilang saja tidak tahu ya. Atau setidaknya bantulah kami mencari tahu. Hitung-hitung mendapat pahala kan berbuat sedikit kebaikan. Kasihan kita kan selalu di PHP-in (Pemberi Harapan Palsu) terus setiap kali naik angkot.

Istri sebagai Ladang Kebaikan Bagi Suami

Seorang istri adalah pakaian bagi suaminya dan bisa menjadi kekuatan penting bagi suami dan keluarganya. Jadi tidak heranlah bahwa slogan yang menyebutkan Kesuksesan suami tergantung dari istrinya, karena istri adalah penentu keberhasilan dan kesuksesan seorang suami, benar adanya. Maka dari itu, kita sebagai istri dan ibu dari anak-anak kita harus memiliki tiga kriteria sebagai Istri yang baik, layaknya Sayyidah Khadijah. Istri yang baik adalah istri yang hebat, yang memiliki kriteria dan perwujudan sebagai berikut:

1. Istri yang sholehah baik lahir maupun batin. Kriteria sholehah yaitu:

549023f37f2b1b94cbdef883f5e89ffd_istri-sholehah

a. Taat kepada Allah SWT dengan rajin beribadah mengerjakan rukun islam yaitu membaca kalimat syahadat, mendirikan shalat, berpuasa, menunaikan zakat dan mengerjakan haji bagi yang mampu. Dalam mengerjakan ibadah tersebut harus tetap istiqomah artinya rutin dan terus-menerus. Karena kecantikan utama seorang istri adalah kecantikan batinnya daripada lahirnya. Dengan beribadah, akan mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda,

“Dunia ini perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah perempuan yang shalihah.(HR Muslim).

Selain rukun islam tersebut, seorang istri juga harus bisa mengaji dan memahami serta mengerjakan isi dari Al-Quran. Dengan demikian, anak-anaknya dapat dididik sejak dini bahkan sejak dalam kandungan, agar menajadi anak yang sholeh dan sholehah sehingga menghasilkan anak yang berperilaku baik dan taat pada orang tuanya.

Ibu yang baik akan selalu mengajarkan kebaikan kepada anak-anaknya.Tidak hanya untuk dirinya, begitu juga ketika si suami lupa dalam istiqomahnya mengerjakan ibadah, sebaiknya sang istri mengingatkan suaminya dan segera mengajak bila ia lupa. Dengan begini, dapat saling melengkapi bila ada kealpaan dalam beribadah. Yang lebih penting lagi dalam hal ketaatan kepada Allah SWT adalah dengan menutup aurat kecuali muka dan telapak tangan, inilah sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT seperti dalam QS An-Nuur:31 dan Al-Ahzab:59.

Manusia diciptakan berpasang-pasangan, yaitu laik-laki dengan perempuan agar menjadi sepasang suami istri yang diridhoi oleh Allah SWT. Dan seorang istri itu tercipta dari tulang rusuk laki-laki. Maka dari itu bila, istri menjadi wanita yang sholehah dan menjadi kebaikan bagi suaminya, insyaallah akan diridhoi Allah SWT dan suaminya akan selalu berada di jalan yang benar. Sehingga seorang suami akan merasa tenteram dan damai bila berada di samping istri yang sholehah. Seperti disebutkan dalam Al Quran,

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (QS. 30:21)

b. Sholeh juga diartikan dengan taat kepada perintah suami terutama dalam hal kebaikan. Sebaliknya bila suami mengajak dalam keburukan dan kebatilan, janganlah kita turuti, karena tidak sesuai dengan perintah Allah SWT. Taat kepada suami adalah kewajiban istri. Karena surga utama seorang istri terletak pada suaminya. Jadilah istri yang baik, dan jangan pernah membantah, karena ridho suami adalah ridho Allah SWT. Seperti dalam hadis berikut,

“Istri yang paling baik adalah, bila suami memandang kepadanya memberikan kebahagiaan; Bila menyuruhnya, mentaatinya.; Bila sang suami bepergian, ia menjaga dirinya dan hartanya.” (HR An-Nasai dan dishahihkan oleh Al-Iraqi).

c. Selalu bersyukur. Seorang istri yang selalu bersyukur adalah istri yang benar-benar menjadi pilihan yang tepat. Kualitas batinnya sangat bagus. Istri yang selalu bersyukur dan tidak pernah mengeluh terhadap apa yang diberikan suami dan segala rezeki yang didapat. Misalkan kita mendapat uang gaji suami tidak sesuai dengan harapan kita, maka janganlah kita cemberut, marah atau bahkan mengeluh. Tetapi terimalah apa yang diberikan oleh suami sebesar apapun itu. Selain itu, jangan mengeluh bila penghasilan suami lebih kecil dari kita.

Bahkan bila jabatan dan penghasilan kita lebih besar, jangan pernah meremehkan suami. Hargailah dan tetap hormatilah suami, karena bagaimanapun ia adalah suami kita yang kita sayangi, dan surga istri berada pada diri suami. Oleh karena itu, bila penghasilan suami lebih kecil dari kita dan tidak sesuai dengan harapan kita, seharusnya sebagai istrinya, kita harus memberikan support dan mendoakan suami, agar suami menjadi lebih baik lagi selanjutnya, lebih sukses lagi dan lebih berkembang lagi karirnya. Karena keberhasilan seorang suami juga karena pengaruh doa dan support istri. Jadilah kita istri sekaligus manager keuangan yang handal bagi keluarga, sehingga setiap nafkah yang diberikan oleh suami selalu disyukuri, dihemat dan dipergunakan sebaik-baiknya agar keuangan keluarga tidak kacau balau. Diharapakan agar seorang istri tidak mempunyai banyak hutang sehingga memberatkan keuangan suami. Mudah-mudahan istri yang selalu bersyukur selalu diridhoi Allah SWT.

2. Bersifat keibuan.

a. Jadilah Ibu yang baik dan penyayang terhadap anak-anak dan suaminya. Bisa merawat, mendidik dan menjaga anak-anaknya menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah. Mempunyai sifat yang lembut, dan tidak pernah marah berlebihan. Sehingga anak-anaknya pun juga memiliki pribadi yang lembut. Ibu yang baik juga dekat dengan anak-anaknya, mengajak mereka bermain, bercanda, belajar, dan beribadah. Bila ibu selalu menerapkan kasih sayang dalam keluarganya, maka anak-anak akan merasa disayangi dan mereka merasa selalu berada dalam keluarga yang bahagia.

b. Berorientasi kepada pendidikan seperti pendidikan agama dan pendidikan umum. Dengan mengajarkan pendidikan kepada anak, maka anak akan senantiasa diajarkan untuk berkhitmat dan taat kepada Allah SWT. Anak akan menjadi sukses dengan selalu mengucap syukur atas apa yang telah didapat. Dengan pendidikan anak akan memiliki karakter yang baik dan tingkah laku yang baik. Karena pendidikan sangat penting untuk masa depannya dalam mengarungi kehidupan. Didiklah anak-anak kita agar tumbuh menjadi manusia yang baik dan selalu terjaga kesuciannya dari lingkungan yang buruk. Munculkan rasa kasih sayang dan perhatian kepada anak-anak kita, sehingga anak merasa bahwa orang tuanya peduli padanya.

f7ba1aa3f8c183a3eb1fa538fa0f9c3c_islam-family
Seperti contoh perilaku anak-anak zaman sekarang yang sangat jauh dari perilaku baik dan selalu menyimpang adalah wujud nyata dari kurangnya pendidikan dan kasih sayang dari keluarganya. Oleh karena itu kunci utama kesuksesan seorang anak adalah dari ibu dan ayahnya bagaimana cara orang tuanya mengajarkan hal-hal yang baik kepada mereka.

3. Bersikap sabar.

Istri yang sabar adalah dambaan suami. Seorang istri harus bisa mengalah bila mengalami keributan dengan suami. Begitu juga sebaliknya, agar suasana damai dan ketenangan tercipta. Tidak hanya ketika ada keributan dalam keluarga, sang istri juga harus mampu mengenal situasi sulit yang dialami oleh suami. Apabila suami mempunyai masalah baik di rumah maupun di luar rumah, istri dengan sabar menghibur suaminya, bukan malah menambah keruh suasana. Jadilah penasehat dan teman pribadi bagi suami bila si suami sedang dalam kekalutan. Itulah sebenarnya yang diinginkan seorang suami dari istri yang sholehah.
Istri yang sabar juga harus penuh pengertian terhadap setiap masalah yang ada dalam rumah tangganya. Baik masalah yang dialami diri sendiri, dialami suami, maupun anak-anaknya. Tidak hanya berdiam diri dan selalu marah-marah.

Dengan memiliki tiga kriteria tersebut diatas, kita sebagai istri insyaallah akan selalu menjadi wanita terhebat di mata suami, dan akan selalu dicintai oleh suaminya. Sehingga suami akan selalu meridhoi diri kita bila kita selalu menjadi wanita sholehah dimatanya. mudah-mudahan setiap apa yang kita lakukan untuk suami dan anak-anak kita akan menjadikan ladang kebaikan yang nantinya akan mednapat ridho Allah SWT. Wallahu A’lam

Tulisan ini diikutkan Giveaway Istri yang Baik

432b0de0552bd2c38a122289eb8af20f_khadijah

Ibu, Datanglah Ketika Aku Sakit

Teringat kala itu aku terbaring di rumah sakit dalam kondisi yang parah. Di sebuah kamar UGD, sendiri dan aku merintih kesakitan di bagian perutku. Sakit yang sangat menyiksa. Air mataku mengalir dan aku menangis. Teringat wajah ibuku yang jauh di seberang pulau sana. Hanya dia yang kupikirkan. Di kota ini, aku hanya seorang diri, jauh dari orang tua dan saudara. Tetapi demi masa depan dan kebahagiaan kedua orang tuaku, aku bertekad merantau ke kota ini.

Tapi apa dikata, aku bukanlah perantau yang kuat dan tangguh. Ada kalanya sakitpun menyiksa tubuhku. Aku runtuh dan terjatuh. Lunglai tak mampu menahan diri walaupun tadinya aku merasa bisa kuat setegar karang di tegah badai.

Meskipun saat itu dokter mengatakan penyakitku hanya usus buntu dan harus dioperasi hari ini juga, tetapi apa dikata, kalau mendengar kata operasi, bukanlah sesuatu yang dianggap remeh. Aku merasa takut dan gelisah saat itu. Apalagi operasinya harus dibagian perutku, dekat dengan rahimku. Dalam keadaan seperti ini, Ibuku tak ada disisiku. Miris dan menyedihkan sekali.

Kali ini aku tak berdaya dan tak tahu harus bagaimana lagi, memencet tombol Hp pun aku tak sanggup, karena merasakan sakit yang amat sangat. Tak ada saudara menemaniku kala itu, hanya seorang teman kantor saja. Beruntunglah temanku bisa diandalkan. Dengan cepat dan tangkas dia menelepon nomor terakhir yang aku telepon tadi, yaitu saudara sepupuku yang tinggal juga di kota ini.

Beberapa jam kemudian, saudara sepupuku datang, dan dokter pun menyarankan supaya malam ini aku harus segera dioperasi. Beberapa jam berikutnya, om dan tanteku datang melihat keadaanku. Mendengar instruksi dokter yang harus disegerakan melakukan tindakan operasi, akhirnya dengan proses urun rembug, mereka menyetujui tindakan operasi terhadapku dilakukan hari ini juga.

Aku tak sadar kala itu, dan segeralah para perawat membawaku ke dalam ruang bedah. Entah apa yang terjadi di ruangan ini. Aku tak merasakan apa-apa, karena aku dibius total. Dan ternyata, bukan usus buntu yang menyebabkan perutku melilit kesakitan, tetapi karena ada kista endometriosis yang sudah pecah dan mengenai indung telurku. Maka dari itu, salah satu dari indung telurku harus diangkat. Akhirnya, atas persetujuan saudara-saudaraku, operasi dilanjutkan kembali. Namun disaat operasi berjalan, ibuku masih belum juga hadir disisiku.

Setelah proses operasi selesai yaitu sekitar dini hari, aku langsung dibawa ke ruang perawatan. Keesokan harinya aku tersadar. Kali ini aku hanya ditemani oleh saudara sepupuku. Aku bingung dan akhirnya menangis.

Lalu bertanya padanya, ” Mbak, ibuku sudah ditelepon belom? Apakah ibu mau datang kesini? Kapan datangnya?”

Lalu sepupuku menjawab, “Iya, tadi malam sudah di telepon, sekarang Ibumu sedang dalam perjalanan kesini, mungkin sebentar lagi sampai. Masih di jemput ke bandara sama Om. Tenang saja ya ,dek.”

Me and Mom setelah aku dioperasi (doc pribadi funnie)
Me and Mom setelah aku dioperasi (doc pribadi funnie)

Aku mulai tenang, tetapi tetap merasa was-was dan cemas pada Ibu. Tiba-tiba beberapa jam berikutnya, ibuku datang, dia langsung memelukku yang sedang terbaring. Kami berpelukan dan saling menangis. Aku gembira tiada tara, aku senang dan merasa tenang ketika ibuku sudah berada disisiku. Aku bersyukur ibu sampai ke kota ini dengan selamat. Sakit yang aku rasakan tadi, sedikit berkurang.

“Ya Allah anakku, kenapa bisa begini?”Ibu bertanya kepadaku.

Setelah agak tenang, lalu aku menceritakan apa yang kualami waktu itu. Mata ibuku berkaca-kaca, seperti hendak menangis. Tapi ditahannya, agar aku tidak bersedih juga. Aku tahu ibu menahan keinginan untuk menangis. Aku tahu ketegarannya kala itu. Tapi dibalik itu semua, aku tahu ibuku orang yang tegar dan tangguh.

Aku khawatir pada Ibu, karena baru saja Ibu ditinggal oleh almarhum ayah setahun yang lalu. Kini ibu harus merasakan kesedihan kembali atas peristiwa yang aku alami. Ya Allah, aku merasa bersalah atas semua ini, karena kurang menjaga kesehatanku dengan baik. Aku membuat ibuku menjadi sedih lagi, setelah ditinggal ayah.

“Tapi Bu, satu indung telurku harus diangkat dan diambil, dan aku sekarang hanya punya satu indung telur, bukan dua lagi.” lanjut ceritaku pada Ibu sambil menangis.

“Apa iya aku masih bisa hamil nantinya kalau sudah menikah, Bu?” kembali aku bertanya pada Ibu.

Dengan tenang, ibuku menjawab, “Semua sudah diatur Yang Maha Kuasa. Dengan satu atau dua indung telur, kalau sudah ditakdirkan oleh Allah, insyallah kamu bisa hamil nantinya. Yakinlah pada Allah apapun itu termasuk untuk mendapatkan anak. Jadi jangan takut ya anakku.” Ibu berkata sambil membelai rambutku.

Aku kembali merasakan ketenangan saat bersamanya. Ibu, setelah operasi ini, kini aku tahu bagaimana rasanya melahirkan dengan cara caesar. Bukan melahirkan dalam artian yang sesungguhnya, tapi operasi caesar yang aku alami karena penyakit kista yang aku derita. Dimana perutku harus dibedah, lalu dijahit. Hingga harus terbaring di rumah sakit selama seminggu dan harus bedrest selama sebulan. Yah rasanya seperti ini, walaupun aku belum pernah melahirkan dan belum pernah menjadi seorang ibu. Tapi suatu saat aku pasti akan merasakan menjadi seorang Ibu sepertimu.. Apakah dulu dirimu merasakan apa yang aku rasakan saat ini, ketika melahirkanku Ibu?

Ibu maafkan aku. Kini aku tahu pengorbananmu selama ini untukku dan adik-adikku. Aku tahu kesedihanmu atas kematian ayahku, apalagi ditambah dengan kesedihan melihat anakmu dioperasi seperti ini. Maafkan aku ibu. Meskipun selama ini aku masih belum bisa membalas semua pengorbanan dan kasih sayangmu. Tapi aku yakin hatimu itu bagaikan seluas samudra di lautan. Meskipun terkadang anakmu ini membuat dirimu sedih, tapi kasih sayangmu tak akan pernah mati.

Ketegaranmu menghadapi hidup, patut aku jadikan teladan. Aku ingin sepertimu ibu. Yang nantinya bisa mengurus anak-anak dan suami dengan baik dan penuh kasih sayang. Walaupun aku tahu dulunya dirimu dan ayah sedang dalam keterbatasan yang amat sangat. Tapi akhirnya dirimu dan ayah mampu menyekolahkan anak-anaknya sampai jenjang S1 bahkan S2.

Aku bangga padamu ibu. Kau mengajari kami agama dengan baik, mulai diajarkan pergi mengaji di TPA dari SD sampai SMA setelah pulang sekolah di sore hari. Kau juga mengajari kami akhlak dan tingkah laku yang baik yang sesuai dengan agama, hingga anak-anakmu hormat padamu sampai akhir hayatmu nanti. Tak hanya itu, kau juga mengajari kami ilmu pelajaran yang tidak kami tahu sejak TK sampai SMA. Walaupun terkadang anak-anakmu ada yang malas belajar dan terkadang cuek ketika diajari.

Aku ingat semua itu. Semua yang kau lakukan demi keluargamu. Aku tak peduli, walaupun pendidikanmu hanya sebatas SMA, tapi kau mampu memberikan semangat agar anak-anakmu berpendidikan sampai bergelar sarjana.

Terima kasih atas kehadiranmu menemaniku ketika aku sakit. Meskipun hanya beberapa minggu saja. Tapi bagiku itulah quality time antara aku dan kamu yang selama 4 tahun terakhir ini kita terpisah jarak yang sangat jauh. Meskipun natinya, kita akan berpisah lagi, berjauhan lagi setelah aku sembuh nanti. Tapi aku tak akan melupakan jasamu, pengorbananmu dan kasih sayangmu. Terima kasih ya Ibu. Doakan aku suatu saat, ketika menjadi seorang ibu sepertimu nantinya aku bisa membimbing dan mendidik anak-anakku, seperti engkau mendidik aku.

Mudah-mudahan ibu selalu sehat dan kuat ya. Jangan pernah memikirkan aku. Karena aku akan baik-baik saja disini.

Salam sayang dan cinta dari anakmu.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Hati Ibu Seluas Samudera

2400dd57f3e7a70065e90c6de4c56b11_hati-ibu-seluas-samudera-300x295

Kobarkan Semangatmu Blogger

Detik demi detik…… tik..tik…tik
Dan detik ini hatiku berdetak…tak..taktak
Ohh.. Ternyata aku lagi di kantor detik

Hmmm…..puisinya sih singkat. Tapi sangat pekat. Menunggu waktu di hari ini yang terasa lambat namun berjalan cepat. Yaaa… Tepat hari ini tanggal 27 November 2014. Ada apa dengan hari ini? Hmm…penasaran bukan???

Mari kita simak cerita ini…

Blogger Blogdetik
Blogger Blogdetik

Tanggal 27 November merupakan hari yang menjadi awal tantangan bagiku dan para blogger detik pada khususnya untuk mengikuti Gerakan Semangat NgeBlog. Gerakan ini merupakan ajang promo membangkitkan kembali semangat menulis bagi para blogger-blogger di nusantara khususnya blogger yang mempunyai akun di blogdetik. Sebagai promotornya adalah Bang Karel Anderson, seorang artis dari Detikcom (Cie…artis nih..ya iyalah Bang Karel kan sudah terkenal banget gitu lo) yang semangat banget buat ngajakin kita bikin acara ajang Gerakan Semangat NgeBlog yang diawali dengan pembuatan video promo yang dibintangi oleh para blogger Blogdetik termasuk aku salah satunya. Wah bangga dong ah. Terharu juga jadinya.

Dalam acara pembuatan video promo ini, kita para blogger Blogdetik, sekalian melakukan Kopdar di markas Detikcom. Kopdar yang seru-seruan, bertemu teman baru, kenalan, curhat-curhatan sambil bercanda ngalor ngidul. Lucu dan menyenangkan. Serasa bertemu dunia baru ketika aku bersama mereka.

Nah…Untuk melakukan shooting video promo ini, masing-masing blogger wajib memberikan sebuah quotes tentang Semangat NgeBlog. Yah..alih-alih kita jadi artis dadakan lah…meskipun wajah kami gak satupun yang mirip artis…tapi….gaya kami oke lo… tampan-tampan dan cantik-cantik. Lihat saja gaya kami di foto. Wah udah kayak penayangan film apa gitu ya..hahahaha..

Shooting itu ya seperti ini. Kalau actionnya gak cocok ya harus diulangi lagi. Sampai benar-benar pas.

“Cu..cut…! ulangi lagi…! Take..take…! Action…!” seperti itulah arahan kru film kalau kita syuting.

Yap itulah serunya shooting disini. Layaknya artis euy, iya bener khan Artis Blogdetik. Cie.. padahal sejatinya kita itu manusia biasa dari negeri antah berantah yang tersebar di seluruh Indonesia. Eh jangan salah, siapa tahu nanti bakalan ada produser yang ngelirik kita buat shooting film tentang blogger lo….Hahahaha…ngayal deh. Ngarep lagi. Bangga dong. Anggap saja begitu buat nyenengin diri-sendiri.

Nah buat kalian-kalian yang menjadi blogger detik. Ayo detik ini ikuti acara ini Gerakan Semangat NgeBlog dari Blogdetik. Dan nantinya tiap tulisan kita akan mendapatkan poin yang bisa dituker dengan hadiah sampai dengan batas waktu tertentu. Hadiahnya gak tanggung-tanggung, mulai dari Kaos sampai emas 5 Gram lo. Bikin ngiler kan hadiahnya?

Mulai sekarang ayo buka-buka lagi blog kalian di Blogdetik yang sudah usang, entah itu kelamaan gak ditengok sampai bulukan, atau sudah menemukan tambatan hati yang lain di tempat yang lain. Jangan sampai blog kalian di Blogdetik diduakan lo..seperti kebiasaan kalian menduakan kekasih. Haduh..bahaya. Cobalah mulai detik ini, tengok kembali blog kalian di blogdetik supaya menggema lagi seperti dulu.

Ayo mulai sekarang kobarkan Semangat NgeBlog-nya. Ayo Semangat NgeBlog..
Hidup Blogger Detik