Seni Meracik Kopi Oleh Seorang Barista di Acara Sunday Sharing 20

Hari minggu kemarin tanggal 13 September 2015, untuk pertama kalinya Sunday Sharing 20 yang menjadi kegiatan bulanan rutin Blogdetik dan Detikcom diadakan di luar kantor, lebih tepatnya di Convivium Cafe Deli di Jl. Panglima Polim IX Jakarta Selatan. Hal ini demi untuk mendapatkan suasana baru  bagi para blogger detik, agar terlihat lain dari biasanya. Acara dimulai pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB yang dihadiri oleh 20 peserta terpilih yang mendaftar datang ke acara tersebut. Tidak hanya datang gratis saja, nantinya para peserta diberi penjabaran mengenai tema hari itu. Selain itu peserta juga diwajibkan untuk menulis di blognya masing-masing  dan mengikuti kontes menulis dengan memenangkan hadiah sebesar 1 juta rupiah. Wow… mantap kan?

 

Tampak depan Convivium Cafe Deli

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tema kali ini yang akan disharingkan kepada para blogger detik adalah tentang kopi “Coffee Talk”. Yap.. siapa sih yang tidak suka kopi. Pasti semuanya suka kan, tak terkecuali saya sendiri. Hehehehe. Ngaku deh…Ngaku… Kebetulan saya datang ke acara ini ingin mempunyai ilmu lebih tentang kopi yang selama ini tidak saya ketahui. Apalagi tentang kopi-kopi yang disajikan dengan bentuk-bentuk indah diatas cangkir atau gelas. Wahh… ternyata ada seninya juga meracik kopi lo. Oke saya lanjutkan saja daripada kelamaan ya.

Nah di dalam Sunday Sharing kali ini, kopi tidak hanya sekedar dibuat dan diminum saja, tapi kopi juga bisa dibuat art yang sering disebut dengan Latte ArtLatte Art diartikan dengan seni untuk membuat kopi dengan bentuk-bentuk yang indah dan lucu. Sedangkan orang yang membuat dan menyajikan kopi dengan seni tersebut untuk pelanggan disebut dengan istilah Barista.

Setelah semua peserta Sunday Sharing 20 berkumpul, acara segera dimulai dengan sambutan pertama oleh ketua kelas SS 20 yaitu Mbak Angela dan wakil Ketua Kelasnya Nisa. Kemudian acara dilanjutkan lagi oleh pembawa acara seorang wanita cantik dan manis yaitu Mbak Viona sebagai perwakilan dari Open Rice yang menjadi sebuah portal khusus makanan bagi para penggila kuliner. Sambutan dilanjutkan lagi oleh perwakilan dari Blogdetik dan DetikCom yaitu Mas Fayyas atau nama pena yang sangat terkenal di dunia medsos yaitu sering dipanggil Gajah Pesing. Namanya lucu dan unik ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sambutan berikutnya dilanjutkan oleh Mas Steven sebagai pemilik dari Convivium Cafe Deli. Mas Steven memberikan sebuah welcome speech  dimana dia mengatakan bahwa Pihak Convivium sudah berdiri sejak 5 tahun yang lalu dan sudah cukup lama melakukan kerja sama dengan Illy. Illy adalah sebuah perusahan kopi Italia yang mengkhususkan diri memproduksi espresso. Perusahaan ini didirikan oleh Francesco Illy pada tahun 1933. Steven juga mengatakan bahwa kopi yang kami buat semuanya terbuat dari Illy. Sebagai penyuplai kopi dari Indonesia sendiri yaitu PT. Bahana Genta Viktory yang diwakili oleh Mas Bena serta ada Mbak Farah sebagai perwakilan dari Ultra Healthy yang merupakan perusahaan susu sebagai campuran kopi. Cukup singkat sih sambutan yang diberikan oleh mereka.

Mas steven dan mb farah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya sambutan dilakukan oleh tiga cowok tampan dan manis yaitu Mas Raka Aji, Mas Arief Budiman dan Mas Ari. Ketiganya adalah seorang barista dan juga trainer di sekolah Barista yaitu Universitas Del Caffe. Mas Arief Budiman sendiri merupakan Kepala Sekolah dari Universitas Del Caffe. Sedangkan Mas Ari merupakan rekan kerja mereka berdua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa itu Barista?

 

Kalian tahu tidak Barista itu apa? Oke.. saya sendiri saja baru tahu lo. Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Barista merupakan sebuah lifestyle di era sekarang ini. Barista juga harus mempunyai signature drink (racikan kopi yang hot or ice dan dibuat sendiri oleh barista) dan mereka pun mempunyai bidang seni yang tinggi, smart dan unik. Saat ini Barista menjadi profesi yang menjanjikan dan juga ada sekolah khususnya. Selain itu seorang Barista juga harus mengetahui berbagai macam kopi dan membedakan mana kopi yang berkualitas dan mana yang tidak. Wah.. itulah uniknya menjadi seorang Barista. Siapa saja bisa kok menjadi Barista, asal ada kemauan keras dan serius dalam pekerjaannya. Nah.. dengan adanya Barista ini kemudian berkembang seni dalam pembuatan kopi yang disebut Latte ArtLatte Art saat ini sangat populer dengan berbagai macam bentuk serta cita rasa yang nikmat dan lezat.

 

Semakin seru saja nih acaranya. Apalagi yang membawakannya adalah orang-orang kocak dan penuh canda. Keakraban terjadi dengan peserta Sunday Sharing sehingga suasana tidak terlalu kaku. Bahkan terlihat riuh dan ramai lo. Tambah semangat saja nih acaranya.

 

Sejarah Kopi

Lelaki kocak dan lucu, yaitu mas Raka Aji memaparkan seluk beluk dan teori dari kopi. Pertama kali dia menanyakan sebuah pertanyaan kepada para peserta, “ Apakah ada diantara kalian yang tidak pernah minum kopi?”. Tapi semua peserta menjawab bahwa semuanya pernah meminum kopi. Ya..Semuanya pernah meminumnya walaupun hanya sekedar merasakannya. Siapa sih yang tidak suka kopi. Saya yakin semua orang di Indonesia ini sebagian besar adalah penyuka kopi. Apalagi saat ini kopi sudah tersedia dengan beragam rasa mulai yang instan dan yang harus diracik dulu.

 

Kopi pertama kali ditemukan di Ethiopia oleh seekor domba. Saat itu seorang penggembala melihat para domba memakan buah yang berbentuk seperti cherry yang bila dibelah terdapat dua buah biji. Lalu mereka memperhatikan domba tersebut, setelah domba makan kopi, dia terlihat lebih aktif, segar dan bugar. Nah sejak itulah kemudian diselidiki bahwa buah yang berbentuk seperti cherry itu adalah buah kopi dan diambil sampelnya untuk dilakukan sebuah penelitian dan akhirnya ditemukanlah kopi sebagai minuman penambah semangat dan aktivitas yang sudah popular saat ini. Kopi Ethiopia tersebut memiliki karakter biji kopi yang baik dan sudah terkenal.

 

Raka menjelaskan bahwa kopi pada umumnya ada 2 jenis yaitu Robusta dan Arabika. Tapi kemudian ada lagi 2 buah jenis yang ditemukan yaitu Luberika dan Exelca. Penjelasannya sebagai berikut:

 

  1. Kopi Arabika merupakan kopi tradisional yang rasanya paling enak menurut para penikmat kopi. Biji kopinya berukuran lebih kecil dari biji kopi Robusta, serta kandungan kafeinnya lebih rendah dari kopi Robusta. Rasa dan aromanya yang lebih  enak dan tentunya lebih mahal.
  2. Kandungan kafein pada kopi Robusta lebih tinggi dari kopi arabika. Ukuran biji Kopi Robusta lebih besar, oval,tinggi kafein dan aromanya kurang harum.
  3. Kopi Liberika produknya masih sangat sedikit. Kopi Liberika berasal dari Liberia, Afrika Barat. Karakteristiknya yaitu biji kopinya berukuran lebih besar dari kopi robusta dan arabika, berbuah sepanjang tahun, kualitas buahnya rendah, ukurannya tidak merata dan tumbuhnya di dataran rendah.
  4. Kopi Exelsa juga masih sedikit dan belum dipasarkan secara meluas karena jenis kopi ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

Kandungan Kafein di dalam kopi tidak berefek pada genre tapi berefek pada umur manusia. Semakin umur kita tua makan akan semakin alergi terhadap kafein. Karena kafein di dalam kopi yang kita minum akan berpengaruh terhadap stimulan otak. Lebih baik jika kita sudah berumur kurangilah mengkonsumsi kopi dari sebelumnya. Cukuplah mengkonsumsi kopi sebanyak 300 mg atau setara dengan 2 gelas cangkir kopi dalam sehari. Kalau kita kelebihan kafein maka akan banyak efek yang dirasakan seperti perut kembung, mual, pusing, deg-degan dan lainnya. Nah, kalau sudah mengalami efek seperti itu, maka pencegahannya adalah minum air sebanyak 2 (dua) gelas atau makan buah pisang. Bagi yang suka sekali dengan kopi, sebaiknya minumlah kopi jenis Arabika dengan kandungan kafein yang rendah. Sebab kalau kita minum yang jenis Robusta dengan kandungan kafein sebanyak dua kali lipat, sangat tidak baik karena kafeinnya berpengaruh terhadap otak dan bisa merangsang berpikir lebih lama dan panjang lagi.

 

Berdasarkan penelitian dokter baru-baru ini, Bila kafein dikonsumsi oleh ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi kopi bila janin sudah berumur 7 bulan ke atas sebab kandungan kafein yang sudah masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa dihalangi oleh apapun. Kafein tersebut akan masuk ke  plasenta dan langsung tembus masuk ke janin. Hal tersebut sangatlah tidak bagus.Maka bila terbiasa mengkonsumsi ketika kandungan kurang dari 7 bulan, janin akan menjadi lebih hiperaktif seperti kondisi anak-anak sekarang ini. Tetapi jika kopi dikonsumsi oleh ibu hamil yang kandungannya berumur di atas 7 bulan, maka kopi bisa menjadi pengemulasi jaringan keluar dari si bayi.

Kopi memiliki kadar kafein yang tinggi. Selain kopi, minuman yang juga memiliki kandungan kafein adalah teh, softdrink, dan cokelat. Justru teh memilki kadar kafein sebanyak 2 kali lebih tinggi dari kopi. 

Kopi akan menyehatkan apabila cara meracik dan meminumnya dengan cara yang benar yaitu janganlah minum kopi bersama dengan ampasnya karena ampas kopi tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya sebelum disajikan untuk diminum ampasnya disaring terlebih dahulu. Mengapa? Ya karena ampas kopi ini kandungan kafeinnya sangat banyak jadi kurang baik untuk kesehatan. Kopi juga bisa diperuntukan bagi yang mempunyai program diet, asalkan ketika mengkonsumsinya tidak perlu memakai gula dan krimer. Tapi cukup meminum kopi murni tanpa tambahan apapun. Kopi murni ini hanya mengandung 2 kalori saja. Jadi silahkan dicoba ya program diet dengan kopinya. 

 

Kopi memiliki banyak fungsi diantaranya yaitu mengobati dan mencegah penyakit hepatitis, diabetes, kelenjar dan Alzheimer. Tapi kopi sangat tidak disarankan diminum oleh ibu hamil dan yang mempunyai penyakit asam lambung dan hipertensi. Kopi juga bisa diberikan kepada anak yang pasif dan tidak aktif. Caranya cukup dengan memberikannya kopi sebanyak 7-10 ml saja, maka beberapa saat kemudian anak tersebut akan terlihat aktif kembali. Perlu diingat lagi bahwa kopi disarankan tidak dicampur dengan buah-buahan.

Kopi bisa  mempunyai rasa yang bisa berbeda-beda. Hal ini bisa terlihat apabila kita menanam kopi, kemudian di sekelilingnya ditanami tanaman lain atau buah-buahan seperti mangga, alpukat, durian, jeruk dan lainnya. Maka kopi tersebut  akan mengabsurb /menyerap rasa dari tanaman yang ditanam di sekelilingnya, misalnya bila kita menamampohon mangga di sekeliling tanaman kopi, nantinya kopi yang dipanen tersebut akan mempunyai rasa mangga ketika diracik. Itulah keunikan dari kopi yang selama ini belum saya ketahui.

 

Seni Membuat Latte Art Coffee

 

Kopi tak lagi mengenal genre, hampir semua laki-laki dan wanita menyukainya. Entahlah.. sepertinya minuman yang satu ini memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmatnya. Apalagi aromanya yang sangat harum dan nikmat. Kopi bukan lagi sebagai teman ketika begadang tapi kopi bisa juga menjadi gaya hidup atau life style.

 

Dalam pemaparannya, Raka Aji pun kemudian menjelaskan bagaimana membuat sebuah seni dalam kopi yang sering disebut sebagai Latte Art. Yap, Latte Art adalah seni meracik dan menyajikan kopi dengan menggunakan bentuk-bentuk yang unik dan lucu. 

Demo Latte Art oleh Raka Aji

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam membuat Latte Art ada 2 cara yang digunakan yaitu secara manual dan menggunakan mesin. Menurut Raka, dalam membuat Latte Art, lebih menantang dan mengasyikkan adalah dengan menual yaitu meracik sendiri tanpa menggunakan alat/mesin. Semacam ada seninya sendiri lah, ketika kita meracik dan mengkreasikan sendiri pembuatan kopi. Walaupun memang ada sebuah mesin khusus yang dirancang untuk membuat Latte Art tersebut.  Ketika membuat Latte Artseringkali niat dengan hasilnya berbeda. Misalnya awalnya ingin membuat bentuk bunga, malah hasilnya menjadi abstrak atau lainnya. Nah.. terkadang nih, hasil yang abstrak itu harganya lebih mahal lo. Sudah kayak seni lukis saja ya. Yah..namanya saja Art”, semain abstrak akan semakin mahal dong.

 

 Dalam pembuatan secara manual, ada 2 teknik yang digunakan, yaitu:

 

1. Free Pour Latte Art. Teknik ini dilakukan dengan cara menuangkan latte ke dalam canggir perlahan-lahan dari ujung canggir hingga kemudian menyebar ke ujung yang lainnya. Setelah itu akan muncul bentuk kerucut dan langsung tarik lagi ke tempat awal. Sehingga terbentuklah bentuk yang indah dan memikat. Caranya cukup sederhana dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Cantik bukan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Etching. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan sebuah stik yang ujungnya tajam. Bisa saja menggunakan lidi atau tusuk gigi. Setiap kali menggoreskan stik ke dalam foam, sebaiknya stik tetap dalam keadaaan bersih agar bentuknya lebih sempurna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ada lagi teknik 3D, seperti berikut ini:

Teknik 3D latte Art

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk membuat Latte Art ini tentunya ada beberapa alat yang digunakan, seperti:

 

1. Mesin espresso. Mesin ini digunakan untuk mencairkan/memeras kopi dan menghasilkan sari espressonya. Alat ini menggunakan power listrik dan dalam menggunakannya cukup meletakkan kapsul espreeso ke dalam kap mesin. Lalu pasang kap mesin di tempatnya beserta cangkir di bawah kap yang diletakkan tadi. Setelah itu baru tekan power. Tunggulah 10-15 detik maka sari espressonya akan mengucur ke cangkir. Mesin espresso mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya yang home use.

Mesin pemeras kopi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Kapsul espresso. Kapsul ini sudah tersedia dengan tempatnya. Kapsul espresso  ini memiliki berat 6.9 gram dan semua kapsul beratnya sama. Kapsul espresso dengan kap mesinnya tidak bisa digonta ganti karena bentuknya sudah sesuai dengan kap mesin, jadi tidak bisa digonta-ganti dengan bentuk kapsul yang lain. Air yang digunakan adalah sebanyak  25-30 ml untuk sekali meracik. Kapsul juga hanya digunakan sekali buat saja. Espresso adalah kopi yang dibuat secara ekspress, dan merupakan sari dari kopi. Jika ingin mengetahui apakah kopi yang kita minum enak rasanya, cukuplah minum espressonya terlebih dahulu. Kalau rasa espressonya enak, maka sudah jelas rasa turunannya akan enak juga. Begitu juga sebaliknya.

Alat-alat membuat latte art

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Teko tempat latte yang memiliki ujung yang lancip untuk memudahkan dalam menuang kopi dengan teknik Latte Art.

 Teko tempat latte

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Stik berujung lancip. Bisa juga menggunakan lidi atau tusuk gigi. Stik ini digunakan pada teknik etching yaitu untuk membentuk foam baik colat atau airup yang dipasang di atas kopi.

5. Cangkir yang digunakan untuk meletakkan hasil dari perasan kopi espresso.

6. Latte untuk foamnya. Latte atau susu yang digunakan di Convivium Cafe Deli ini adalah susu Greenfield. Selain susu , untuk toppingnya bisa juga menggunakan sirup atau cokelat.

Susu Grenfield

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah para peserta sunday sharing mengetahui alat dan teknik dalam membuat Latte Art, selanjutnya Raka Aji dan Arief Budiman mempraktekkan cara membuat Latte Art. Melihat cara mereka memperagakan pembuatan Latte Art, kami semua terkagum-kagum. Kok bisa ya? Ya bisa lah. Mereka kan sudah terlatih lo. Nah, maka dari itu untuk membuat Latte Art ini perlu banyak latihan dan sering diulang-ulang sehingga hasilnya bagus. 

 

Selanjutnya dalam membuat Latte Art, untuk foamnya yang dituang kondisinya jangan terlalu panas atau terlalu dingin, cukup suam-suam kuku saja. Sehingga hasil yang didapat bentuknya bagus dan terbentuk. Itu sih kata Mas Raka Aji ketika demo Latte Art.

 

Setelah demo dilakukan oleh para Barista yang kece dan keren tersebut, kemudian dua orang peserta Sunday Sharing diminta secara sukarela untuk ikut memperagakan cara membuat Latte Art. Dan hasilnya bagus juga lo. Hebat ya.

Hasil latte art peserta SS 20

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menu Open Rice

Menjelang akhir acara, pihak Convivium menyajikan makanan ringan bagi para peserta Sunday Sharing, persembahan dari Open Rice. Makanannya terlihat sangat enak dan nikmat. Saya ngiler sekali ingin mencicipi makanan tersebut. Dan benar saja, hmmm maknyus deh rasanya. Ini dia sajian makanan ringan yang disajikan:

1. Tagliere di Crostini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Arancini (gambar di no 3)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Funghi Fuitto Ripieni

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Spicy Meatball

Spicy meatball

 

 

 

 

 

 

 

5. Carrot Cake

Carrot Cake

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari kelima makanan ringan tersebut yang paling saya suka adalah spicy meat ball yang rasanya agak pedas-pedas gimana gitu. Nikmat sekali. Dalam sekejap semua makanan sudah ludes dihabiskan oleh para peserta. Ternyata mereka doyan ya. Saya juga doyan. Hehehe.

Sebagai penutup acara, pihak Blogdetik memberikan goodie bag untuk ketua kelas dan wakil ketua kelas Sunday Sharing 20, serta goodie bag kepada pihak Convivium Cafe Deli.

 

Pemberian suvenir kepada 2 peserta yang bisa membuat Latte art

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya dipilih lagi ketua kelas dan wakil ketua kelas untuk Sunday Sharing yang ke-21 di bulan mendatang. Di akhir acara, para peserta SS 20 diberikan juga goodie bag oleh pihak Convivium Cafe Deli. Kami semua sangat senang dan gembira. Selain dapat ilmu gratis, dapat makanan gratis pula ya. Wahh.. sekali menyelam dua pulau terlampui. Betul tidak? Hehehe.

 

Ini dia ketua dan ketua kelas untuk SS 21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai kenang-kenangan dan biar bisa diabadikan, kami semua melakukan sesi foto bersama dan berakhirlah sudah acara SS 20 kali ini. Sampai jumpa lagi di SS 21 ya…. Diharapkan acara SS di luar kantor tidak hanya sekali ini saja, tapi kalau bisa di acara selanjutnya. Bye..bye.

 

 

 

 

Advertisements

Hello world!

This is your very first post. Click the Edit link to modify or delete it, or start a new post. If you like, use this post to tell readers why you started this blog and what you plan to do with it.

Happy blogging!

Langit Musik: Aplikasi Musik Keren yang Siap Menemani Setiap Saat

Saya mengenal musik sejak kecil, yang kala itu musik masih ngetop-ngetopnya ditayangkan di TV. Pada masa itu, lagu anak-anak sangat banyak, bagus-bagus dan liriknya sesuai dengan umurnya. Walaupun di jaman sekarang lagu anak-anak sudah mulai tergerus dan tidak lagi ngehits sepeti dulu. Sebenarnya sangat disayangkan sekali ya, anak jaman sekarang tidak memiliki lagu-lagu yang cocok dengan usia mereka. Tetapi yang terjadi malahan anak-anak seringkali menyanyikan lagu-lagu dewasa yang sebenarnya kurang cocok dengan usia mereka yang masih belum cukup umur.

Menginjak kuliah, saya seringkali mendengar musik melalui tape dan radio yang saya punya untuk pertama kalinya. Berhubung anak kos, setiap kali mengerjakan tugas di kamar, musik menjadi teman setia yang selalu menemani, mulai dari lagu Indonesia sampai lagu barat. Bahkan lagu islami pun saya dengarkan juga. Entah mengapa saya seolah kecanduan musik saat itu. Suasana sepi di kosan ketika teman-teman kos pada sibuk sendiri, dengan adanya musik menunjang keramaian walaupun hanya di dalam kamar kos sendiri. Kalau salah satu channel tidak memutar musik, maka saya pindah ke channel lain yang memutar musik. Atau mencari chanel musik yang saya suka. Dengan adanya radio ini, saya bisa tahu perkembangan musik Indonesia dan barat, bahkan musik-musik terbaru dan terlama yang diputar.

Saya seringkali mendengarkan musik sambil tiduran bahkan sampai tidak sengaja terlelap sendiri sehingga radionya tetap menyala sampai keesokan harinya. Mungkin tidak hanya saya saja yang mempunyai pengalaman serupa ya. Hampir semua teman kosku hiburannya kalau bukan TV, juga radio/tape. Sebab saat itu  belum ada aplikasi yang mumpuni dan cocok untuk menyetel musik di handphone yang kita punya. Apalagi handphone android kala itu belum ngetop dan keren seperti sekarang.

Kecanggihan teknologi yang mulai semakin maju saat ini, sehingga memunculkan banyak aplikasi-aplikasi pemutar musik yang bisa dengan mudah kita unduh di play store. Apalagi saat ini sudah menjamur smartphone android dengan berbagai merk dengan harga yang terjangkau. Termasuk juga IOS atau windows phone. Salah satu aplikasi musik yang saya suka adalah Langit Musik. Dengan aplikasi ini kita bisa mendengarkan musik dari berbagai macam genre, mulai dari musik indonesia, musik barat, musik religi dan lainnya. Apa saja yang ingin kita dengarkan semua ada disini deh. Pokoknya asyik banget.

Langkah pertama menggunakan aplikasi Langit Musik  yaitu dengan menginstalnya di smartphone kalian masing-masing baik itu android ataupun IOS  (Windows Phone) secara gratis. Gak usah bayar. Langit Musik ini memiliki logo yang cerah yaitu merah  dan putih, layaknya bendera Indonesia merah putih. Oh ya, sekarang kan bulan Agustus ya, kebetulan nih pas banget saya nulis lomba ini di bulan Agustus. Tepatnya bulan kemerdekaan kita yang ke-70 tanggal 17 Agustus besok. Saling berhubungan sih ya, apalagi Langit Musik ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel yang bekerja sama dengan  PT. Melon Indonesia.  Karena dikeluarkan oleh Telkomsel, saya pun harus menggunakan kartu SIM Card Telkomsel untuk menginstal aplikasi musik ini. Kebetulan saya ini pencinta SIM Card Telkomsel yang sudah 12 tahun saya gunakan. Habis gimana ya, kalau sudah kadung jatuh cinta tuh susah untuk menelantarkan dan membuangnya. Apalagi sudah bertahun-tahun dipakai ya.. idih…kayak orang pacaran aja sih.

Logo Aplikasi Langit Musik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk sambungan internetnya bisa memakai data seluler dari paket internet provider Telkomsel maupun menggunakan wifi yang ada.  Perlu kita ketahui nih, kalau aplikasi ini adalah aplikasi legal lo..dan kualitasnya sudah sangat baik dengan Dolby Audio. Keren kan? Sebagai warga negara yang baik mari kita cintai produk kita khususnya aplikasi yang dibuat oleh perusahaan milik negara kita sendiri. Dengan mencintai produk sendiri, berarti kita sudah memiliki rasa cinta kita kepada negara sendiri. Betul tidak? Aku bangga lo dengan produk Indonesia.

Muncul Login dan daftar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah setelah instal aplikasi akan muncul  menu utama berwarna biru dan hitam  Lihat nih penampakannya. Langkah selanjutnya kamu tinggal registrasi dengan mengklik tombol daftar. Bagi yang sudah mendaftar langsung saja klik tombol login. Kemudian pilih paket registrasi yang sesuai dengan keinginanmu. Disini ada 4 paket registrasi yang bisa kamu pilih sesuai selera, yaitu:

Paket Registrasi Langit Musik

1. Paket Langit Musik Basic

   Paket ini memberikan gratis streaming lagu hanya di 60 detik pertama, tidak secara full dan tidak bisa di download. Namun bisa diakses selama 30 hari ke depan.

2. Paket Langit Musik Free Trial

   Pada paket ini tidak dikenakan biaya, dan Gratis streaming serta download lagu sepuasnya selama 7 hari saja.

3. Paket Langit Musik Premium 7 Hari

    Paket ini akan dikenakan biaya dengan Streaming dan download lagu  sepuasnya sebesar Rp. 3.300,- per 7 hari.

4. Paket Langit Musikpremium 3 hari.

    Paket ini akan dikenakan biaya dengan Streaming dan download lagu  sepuasnya Rp. 11.000,- per 30 hari

 

Saya sendiri sebenarnya masih newbie dengan aplikasi ini. Sebagai seorang newbie maka saya lebih memilih paket registrasi yang free trial dulu deh. Awalnya ingin lebih tahu dulu seluk beluk aplikasi ini. Cari yang gratisan dulu lah. Maklumlah ya, namanya suka gratisan, ditraktir aja minta gratisan. Pake aplikasi yang berbayar pun minta gratisan. Aduh dasar nih gak modal. Tapi.. saya tetap mengikuti aturan kok, tidak ada yang menyimpang. Baru kalau nanti sudah oke dan aku suka. Langsung tancap deh ke paket premium 7 hari.  Kalau ingin full satu bulan tinggal diperpanjang lagi dengan menggunakan paket premium 30 hari. Berhubung layanan ini resmi dari Telkomsel, otomatislah layanannya berbayar dan dikenakan pajak, harga itu sudah termasuk pajak juga lo. Yah.. hitung-hitung menjadi warga yang baik kita harus membayar pajak di setiap melakukan transaksi. Jangan mau gratisan terus. Alhamdulillah sih ya, aku suka banget aplikasi Langit Musik ini. Cocok sekali dengan saya yang suka musik. Memudahkan dan simple deh pokoknya. Gak mau berpindah ke lain hati deh jadinya.  

Pertama kali saya registrasi sih memang agak bingung ya..karena masih belum banyak yang saya tahu dari aplikasi ini. Maklumlah newbie. Layaknya seorang anak kecil yang baru belajar membaca. Harus diulang-ulang  sedikit demi sedikit, baru deh bisa. Sewaktu mau mendengarkan musik, tiba-tiba lagu yang mau saya puter tidak bisa-bisa. Liriknya juga tidak muncul. Hanya keluar lingkaran yang muter-muter terus yang berarti masih loading. Euh sebel deh. Yang tadinya saya pikir memang aplikasinya yang eror atau bagaimana ya. Setelah di cek lagi, ternyata permasalahan terletak pada sinyal HP saya. Walah… Pantas saja saya tidak bisa memutar lagu. Ternyata sinyalnya kedap-kedip toh. Maklum masih menggunakan sinyal wifi yang memang jangkauannya agak susah di daerah kantor saya waktu itu.  Segera saja saya ganti sinyal menggunakan paket data seluler dari Telkomsel. Ternyata lancar jaya dan lagunya bisa diputer semua. Asyik…. saya bisa dengerin musik tiap hari nih kalau begini. Diselingi menghafalkan lirik lagu oke juga nih. Alhamdulilah sih selama ini tidak ada masalah dari aplikasi yang saya gunakan. Hanya satu permasalahan saya yaitu kalau berada di spot-spot yang sinyal wifinya itu lelet dan tidak lancar, bisa mengganggu kenyamanan saya mendengarkan musik di aplikasi Langit Musik. Hiyaaa…pokoknya gak jauh-jauh dari sinyal internet deh.

Oke lanjut ya.. Nah… setelah  mengambil paket Free Trial, lalu muncul nih  discalimer seperti gambar di bawah. Disini kita diminta untuk membalas konfirmasi dengan SMS YA. Baru setelah itu kita akan mendapatkan sms dari 96161 yang berisi password yang akan kita gunakan. Untuk paket free trial ini saya sudah bisa menikmati full download dan streaming, bahkan sampai unlimited Rp.0 selama 7 hari. Asyik kan? Itupun sudah termasuk biaya data. Kita juga dianjurkan untuk menggunakan paket internet telkomsel flash.

Disclaimer

SMS dari Langit Musik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Balasan SMS dari 96161

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah menerima notifikasi seperti diatas, klik saja OK. Kalaupun kamu ingin membatalkan klik saja cancel. Berhubung saya ingin melanjutkan paket ini. Langsung saja saya klik tombol OK untuk mengaktifkan paket. Saya sendiri menggunakan hp Android Samsung. Mungkin saja pesan seperti di bawah ini di tiap android yang lain tidak sama. Jadi kalau tidak sama, abaikan saja yang ini ya. Langsung klik kirim saja untuk menyetujui notifikasi tersebut. Setelah itu kita cek saja notifikasi sms yang dikirim oleh 96161 yang berisi no HP dan password Langit Musik saya. Setelah itu saya tinggal login saja ke aplikasinya menggunakan password yang sudah diberikan oleh 96161 tadi.

Tadaaa…akhirnya registrasi langit musik free trialku berhasil. Waktunya berasyik masuk dengan musik-musik yang ada di aplikasi ini.  Sebelum menuju musik, saya buka dulu tombol menu. Ada beberapa menu yang bisa kita pilih, sebagai berikut:

Menu di Aplikasi Langit Musik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a. Find

Disini kita bisa mencari lagu-lagu apa yang akan kita cari. Tinggal ketik nama penyanyi atau judul lagunya, maka akan muncul lagu yang kita cari.

Menu Find

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Discover

Di menu discover ini, saya bisa menemukan genre dan kategori music sebanyak 800.000 lagu. Wow… agak bingung juga sih ya milihnya. Habis banyak banget deh. Saya jadi paham, mana lagu-lagu yang menjadi highlights, mana lagu yang new release dan masih banyak lagi deh. Kalau pengen tahu, buruan download aplikasinya ya..

Menu Discover

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. My stream

Di My Streaming ini, saya bisa mendengarkan lagu secara langsung melihat videonya. Bahkan diselingi juga dengan lirik lagunya lo.. asyik deh.

Menu My Stream

Salah satu lagu yang saya putar

 

 

 

 

 

 

 

Lirik lagu yang saya putar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d. My music

Nah..di My Music ini , saya bisa membuat playlist baru sesuka hati. Maksudnya saya sendiri bisa menamakan sesuai dengan keinginan. Lalu memasukkan sendiri lagu-lagu yang disesuaikan dengan nama aplikasi yang baru saya buat tadi alias add to playlist. Disertai dengan deskripsi dan cover playlistnya pun bisa diganti-ganti warnanya lo. Asyik kan? Tambah seru saja nih aplikasi. Tak hanya itu saja, saya bisa mendownload lagu-lagu tersebut bahkan membelinya dalam bentuk MP3 juga bisa. Sebab lagu yang di download di langit musik itu hanya berupa Drm (Digital Right Management). So.. dengan format seperti itu, lagu-lagu yang saya download  tidak bisa dong diubah menjadi Mp3 dan tidak bisa diputar di aplikasi lain musik android saya. Jadi untuk mendapatkan lagunya dalam bentuk MP3, saya pun harus membeli dulu dong. Sebenarnya hal ini intinya untuk menghindari pembajakan sih. Selain itu, saya juga bisa menjadikan lagu yang ada sebagai ringtone smartphone (NSP), tapi tetap lo dengan cara membeli. Sepakat kan?

Menu My Music

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

e. Catalog

Dalam catalog ini tersedia berbagai macam lagu sesuai dengan genrenya. Bahkan sudah dipilah-pilah, misal lagu Indonesia Pop, Jazz, R&B, Rock dan lainnya. Tinggal pilih sesuka hati ya.

Isi Menu Catalog

Isi Menu Catalog

 

 

 

 

 

Isi Menu Catalog

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

f. Promo

Nah..menu ini adalah menu promo dari Langit music yang bisa dengan mudah kita putar.

Menu Promo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

g. Karaoke

Nah..di menu karaoke ini lebih asyik lagi lo. Saya bisa berkaraoke sesuka hati. Tapi untuk berkaraoke dikenakan tariff berbayar untuk setiap lagu yang diputar sebesar Rp.1100,-. Saya sudah daftar nih bahkan menginstal aplikasi Langit Musik Karaoke yang logonya berwarna putih dan biru laut. Saya bisa berkaraoke sendiri bahkan ada nilanya juga. Sayang sekali di langit musik karaoke ini lagu-lagunya masih sedikit dan saya seringkali tidak menemukan lagu-lagu kesukaan  saya. Hampir sebagian besar sih yang ada masih lagi-lagu jadul. Kalau saya  belum tahu instrumen dan lirik lagunya, saya bisa memutar lagunya,, baru setelah itu lanjutin deh saya berkaraoke. Berhubung saat berkaraoke, saya masih bingung dan belum memutar lagunya trialnya terlebih dahulu, Alhasil, nyanyinya gak jelas dan berantakan. Pokoknya gak sesuai deh dengan instrumen musiknya. Akhirnya nilainya dapat 0. Gak asyik banget sih. Gak seru. Tapi saya tetap tidak berputus asa. Coba lagi deh. Saya coba lagi melakukan karaoke di aplikasi ini, yah..meskipun suara gak secemerlang para penyanyi, tapi setidaknya saya sudah keluarin suara-suara falsh saya. Lumayanlah aplikasi langit musik karaoke ini bisa menghilangkan stress dan gundah gulana. Maklumnya manusia ya, mana ada sih yang gak stress sedikit aja. Hidup itu pasti lah banyak mikir. Betul tidak?  Mau  lanjut karaokean lagi, langsung aja daftar lagi dengan dikenakan biaya lagi… hitung-hitung jajan karoke di android, daripada harus ke tempat karaoke yang mahal dan buangin duit. Hehehe. Ini sih trik saya sendiri., cari yang murah meriah euy.

Aplikasi Langit Musik Karaoke

Daftar Aplikasi Langit Musik Karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Karaoke Langit Musik

Langkah-langkah menggunakan Aplikasi Langit Musik Karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah menggunakan Aplikasi Langit Musik Karaoke

Langkah-langkah menggunakan Aplikasi Langit Musik Karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah menggunakan Aplikasi Langit Musik Karaokepilihan lagu-lagu untuk karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konfirmasi Tarif berkaraokeProses pembayaran karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lagu siap dimainkanlagu pilihan yang siap dikaraokekanNilai dari hasil karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu juga saya bisa mensetting aplikasi Langit Musik dengan menekan tombol setting. Yang bisa sayasetting antara lain adalah “Skin/ Tema”. Saya bisa memilih menggunakan skin biru, pink, black  dan red. Saya juga bisa mensetting “Terima Notifikasi Promo”, apakah  mau saya aktifkan atau tidak, itu sih tergantung suka-suka saya saja deh.  Lalu ada settingan tentang “Pengaturan Jumlah Promo Yang Disimpan” apakah sebanyak 5, 15, 25 dan 50 buah.

Menu Setting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak hanya itu saja, saya bisa mensetting sendiri profile saya di bagian My Profile. Mau ganti foto profilpun bisa sesuka hati, termasuk juga mengedit email, nick name, jenis kelamin dan tanggal lahir. Cukup mudah bukan? Bahkan di bagian ini saya bisa melihat histori lagu-lagu yang sudah saya download dan lagu-lagu apa yang sedang di download.

Menu My Profile

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak hanya itu saja, saya bisa mensetting sendiri profile saya di bagian My Profile. Mau ganti foto profilpun bisa sesuka hati, termasuk juga mengedit email, nick name, jenis kelamin dan tanggal lahir. Cukup mudah bukan? Bahkan di bagian ini saya bisa melihat histori lagu-lagu yang sudah saya download dan lagu-lagu apa yang sedang di download.

Nah…cukup itu saja sih pengalaman saya menggunakan aplikasi Langit Musik. Saya jamin, aplikasi ini asyik banget deh. Ayuk…yang belum download, buruan download sekarang yuks…

 

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerja sama Langit Musik dan Warung Blogger

 

Kompetisi Langit Musik

Halal Bi Halal. Ajang Silaturrahmi atau pamer?

Halal Bi Halal menjadi tradisi yang selalu identik dengan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini dari tahun ke tahun tak pernah pudar terutama bagi  masyarakat Indonesia di seluruh kota. Dalam tradisi ini kita melakukan silaturrahmi, saling berkunjung sambil bermaaf maafan. Halal Bi Halal menekankan kepada kita bahwa dalam sebuah silaturrahmi akan memunculkan rasa   persaudaraan, persatuan, saling memberi kasih sayang, saling mengenal dan saling mendoakan.

 

Tradisi ini begitu melekat bagi kita yang beragama muslim. Seperti kita ketahui bahwa Idul Fitri adalah hari kemenangan dan hari yang fitrah atau suci. Di hari kemenangan ini kita seharusnya menghapus dosa-dosa yang telah lampau baik itu dosa kepada diri sendiri, kepada orang lain maupun kepada Allah SWT. Maka dari itu kita diharuskan untuk saling bermaaf-maafan sambil bersilaturrahmi.

 

Sudah menjadi tradisi bahwa setelah selesai Shalad Id, kita langsung mengucapkan kata ” Minal aidzin wal faidzin, maafkan lahir dan batin ” entah itu dari hati yang terdalam ataupun hanya sekedar sapaan pembuka belaka. Makna kata tersebut berarti bahwa kita saling memberi dan menerima maaf orang lain baik itu disengaja ataupun tidak yang didalami dengan sepenuh hati. Biasanya acara Halal Bi Halal pembukaan ini hanya berlangsung sesaat saja dengan saling berkunjung ke rumah tetangga atau ke rumah saudara. Halal Bi Halal semacam ini disebut juga reuni kecil.

 

Halal Bi Halal berupa acara besar biasanya diadakan dalam bentuk seremoni baik di lingkungan keluarga besar perusahaan, sekolah, pemerintah, alumni-alumni dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi bahkan lingkungan RT dan RW di sekitar kita. Perayaannya pun dilakukan dengan menggunakan undangan tersirat maupun tersurat. Biasanya seremoni halal bi halal seperti ini terdapat kata sambutan serta tausyiah. Disamping itu juga ada acara makan-makan dengan berbagai hidangan yang tersedia. Baru setelah itu acara terakhir bermaaf-maafan dan saling bersalam-salaman.

 

Halal Bi Halal di kampung pun juga menjadi tradisi yang membudaya. Banyak sekali undangan Halal Bi Halal yang sering saya dapatkan. Mulai dari undangan Halal Bi Halal teman SD, teman SMP bahkan teman SMA. Acaranya terkadang dilaksanakan di gedung sekolah maupun di gedung pertemuan yang ada di kampung halaman. Seringkali juga dalam acara Halal Bi Halal diselingi dengan acara reuni atau temu alumni. Dari hal itulah saya bisa bertemu demgan teman-teman lama yang sudah lama tidak bertemu. Saya juga mengajak suami ketika diundang acara Halal Bi Halal. Bahkan teman-teman yang sudah memiliki anak juga diajak mendatangi acara ini. Tidak hanya ajang silaturrahmi tapi juga ajang pertemuan kembali. Saling mengenal masing-masing anggota keluarga teman-teman kita serta saling mempererat ukhuwah islamiah yang sudah lama tidak terjalin karena masing-masing dari kita sudah saling hidup berjauh-jauhan dan jarang bertemu.

 

Saya bisa merasakan indahnya ukhuwah islamiah dalam acara Halal Bi Halal ini. Terkadang teman yang dulunya saya tidak kenal dan jarang menyapa, dengan Halal Bi Halal bisa kenal bahkan bisa lebih akrab. Tapi perlu diingat bahwa Halal Bi Halal bukanlah ajang pamer baik itu pamer keluarga, kekayaan maupun jabatan. Bukan pula ajang menyombongkan diri sendiri. Justru diharapkan ikatan silaturrahmi untuk saling berbagi kebahagiaan tanpa berlebihan, berbagi kesenangan serta memfitrahkan diri dari dosa-dosa yang sebelumnya kita lakukan. Kita diminta juga untuk introspeksi diri bahwa setelah lebaran ini apa kesalahan dan kegagalan yang telah kita lakukan di masa lalu. Memperbaiki diri menjadi lebih baik dan lebih sempurna dalam jiwa dan raga sepenuhnya. Mudah-mudahan Halal Bi Halal ini akan membawa kebaikan diantara kita, saling menghormati dan menimbulkan kasih sayang.Tak lupa bahwa tujuan kita adalah mendapatkan ridho Ilahi.

ngaBLOGburit

Tradisi Lebaran yang Tak Pernah Pudar

Lebaran merupakan momen berharga bagi saya dan keluarga. Di hari yang suci dan fitrah ini kita dapat berkumpul bersama sama dalam suasana yang penuh kemenangan setelah sebulan penuh lamanya menjalankan ibadah puasa. Lebaran juga waktu yang tepat untuk berkumpul dan berbagi kebahagiaan serta melepaskan rindu setelah sekian lama tidak bertemu. Karena diantara kami yang sudah berkeluarga tinggal di kota yang berbeda dan jauh dari tempat tinggal orang tua. Seolah olah waktu lebaran yang hanya sebentar kita maksimalkan bersama-sama dengan kebersamaan di waktu lebaran. Jarang sekali kami berkumpul bersama seperti ini kalau bukan lebaran ataupun acara besar keluarga seperti pernikahan.

Pada malam hari menjelang lebaran biasanya selalu ada malam takbir keliling yang diadakan di alun-alun kota saya. Banyak orang berkumpul baik itu dengan yeman-temannya maupun dengan keluarganya. Ada yang membawa motor maupun mobil hanya sekedar untuk menonton takbir keliling. Seringkali juga disertai dengan bunyi petasan. Saya dan keluarga besar nenek selalu pergi berbondong-bondong dengan mobil menyaksikan takbir keliling. Suasana sangat ramai dan hiruk pikuk sekali. Bahkan selesai kami menonton takbir keliling, kami pun berkeliling mengitari kota. Suasan lebaran begitu terasa dan inilah hari kemenangan yang kita tunggu-tunggu. Suara takbir terdengar dimana-mana. Betapa besar keagungan Tuhan itu. Rasa haru, senang dan sedih bercampur menjadi satu.

 

Setiap kali menyambut lebaran banyak tradisi yang saya dan keluarga lakukan. Setelah melaksanakan Shalat Id,kami sekeluarga berbondong-bondong berziarah ke makam. Tidak hanya sekedar berziarah tapi kami mendoakan mereka yang sudah terlebih dahulu dipanggil Yang Maha Kuasa agar amal ibadahnya diterima oleh Allah dan nantinya ditempatkan di syurga. Saya dan keluarga saya terlebih dahulu berziarah ke makam ayah. Baru setelah itu ke makan mbah, tante, nenek dan ponakan ponakan yang sudah meninggal. Seringkali kami juga bertemu teman ataupun saudara yang juga datang beziarah. Lalu kami saling bermaaf-maafan walaupun di pemakaman. Di pemakaman inilah yang membuat saya selalu ingat akan kematian. Bahwa hidup manusia di dunia ini hanya sementara dan apa yang kita miliki bukanlah apa-apa. Bila kita mati kita hanya meninggalkan jiwa dan tubuh kita saja. Seringkali air mata ini mengalir saat membacakan doa dan yasin untuk orang-orang tercinta yang sudah meninggal dunia. Maka dari itu janganlah pernah menyia-nyiakan hidup selama di dunia. Dan perbanyaklah amal agar Allah meridhoi segala amalan ibadah kita di dunia.

 

Setelah berziarah. Kemudian kami lanjutkan pulang ke rumah nenek. Kami yang merupakan keluarga besar nenek dengan 11 orang anak beserta cucu cicitnya berkumpul bersama. Lalu kami saling berbaris bermaaf-maafan. Bagi yang mempunyai angpau biasanya dibagi-bagikan kepada anak-anak kecil entah itu cucu ataupun cicit. Sedangkan yang sudah bekerja tidak lagi mendapat angpau karena sudah mempunyai penghasilan sendiri. Cucu dan cicit- cicit yang kecil ini biasanya senang sekali dan berteriak-teriak ketika mendapatkan angpau. Ketika dibagi pun mereka harus berbaris supaya tertib.indah sekali melihat suasana seperti ini.

 

Dalam tradisi kami nenek selalu menyediakan makanan khas orang madura yaitu soto madura. Soto madura adalah soto yang terdiri dari ayam disuir-suir, telur ayam yang disuir, mie su’un, kentang goreng dan bawang merah goreng yang disusun sedemikian rupa. Makannya menggunakan lontong ditambah sambal, jeruk serta kecap manis. Kuahnya juga khas madura dan rasanya selalu membuat saya rindu ketika jauh dari kampung halaman. Biasanya nenek membuat dalam bentuk satu porsi yang sudah diracik ke dalam piring. Bila kami semua sudah datang dari shalat id, kami tinggal mengambil sepiring-sepiring. Kalaupun masih belum kenyang tinggal nambah lagi.

 

Menu lain yang biasa nenek saya siapin selain kue lebaran adalah sate dan sop kikil sapi. Nah ini dia yang kami suka. Menu ini disediakan di malam harinya. Kami keluarga besar selalu berkumpul bersama untuk makan menu tersebut di rumah nenek. Beruntung sekali rumah nenek cukup luas dan mampu menampung anak cucu dan cicitnya ketika lebaran.

 

Kalau dalam keluarga saya sendiri tidak pernah masak makanan khas lebaran, karena pas hari H makanan sudah disedikan di rumah nenek. Baru keesokan harinya ibu saya membuat menu yang sama di rumah sendiri yaitu soto madura. Memang sih menu ini gak ada habisnya dan gak ada bosennya kita makan. Karena lidah kami sangat akrab dan suka sekali dengan soto madura.

 

Malam harinya tradisi yang kami lakukan yaitu berkunjung ke saudara-saudara bahkan sampai menggunakan 5 mobil, karena keluarga kami adalah keluarga besar yang cukup banyak anggotanya.  Terkadang keluarga besar kami diundang salah satu keluarga nenek untuk makan malam disana bersama-sama. Kekeluargaan dan kebersamaan benar-benar kami ciptakan di saat lebaran ini.

 

Tradisi dari tahun ke tahun tak pernah terhapuskan. Neneklah yang menjadikan tradisi terus berlanjut dan tak pernah pudar. Saya kagum dan salut dengannya. Meskipun memiliki anak yang banyak, tetapi semua anaknya sangat akrab dan rukun satu sama lain. Bahkan cucu dan cicitnya juga. Di setiap lebaran kemanapun kita pergi dan bersilaturrahmi selalu saja bersama-sama.  

ngaBLOGburit

Mudik Gratis, Solusi bagi Pemudik Yang Membutuhkan

Selama ini setiap kali mudik saya selalu menghabiskan biaya yang cukup besar. Apalagi mudiknya ke luar pulau yang jauh dari jakarta dan harus ditempuh dengan jarak berkilo-kilo meter. Setiap kali mudik saya seringkali menggunakan kendaraan darat maupun udara. Kendaraan darat yang biasa saya gunakan adalah kereta api.  Sedangkan kendaraan udara  dengan menggunakan pesawat. Saat ini saya sering mudik menggunakan kereta api karena kalau menggunakan pesawat di hari lebaran itu cukup mahal ongkosnya dan saya tidak sanggup untuk membayarnya. Selain itu saya tidak ingin menghabiskan uang yang saya punya hanya untuk membeli tiket pesawat yang sangat mahal. Tapi bagi orang lain yang mampu sih tidak masalah ya. Semahal apapun, kalau yang namanya mudik pasti dijabanin deh. Bagi saya kalau sudah mudik itu kebutuhan  sangat banyak sekali. Maka dari itu, saya harus bisa mengatur keuangan dengan sebaik baiknya. Uang simpanan yang saya punya maupun uang THR yang saya dapat tidak semuanya saya habiskan di saat lebaran, tapi sebagian saya simpan dan sebagian saya gunakan untuk kebutuhan lebaran di kampung halaman. Lebih baik menjadi orang yang hemat daripada yang boros.

Kalau menggunakan kereta api otomatis saya harus membeli tiketnya 3 bulan sebelumnya. Sebab kalau tidak begitu saya bisa saja kehabisan tiket. Hal tersebut  tidak ingin saya alami, karena bagaimanapun mudik adalah waktu yang paling tepat bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Lagipula tradisi mudik ini hanya terjadi setahun sekali bagi saya. Itupun harus jauh-jauh hari menyimpan uang untuk keperluan mudik mulai dari membeli tiket, belanja baju lebaran untuk diri sendiri maupun orang tua dan saudara di kampung bahkan belanja untuk oleh-oleh. Alhamdulilah sih sampai tahun ini selalu kebagian tiket kereta api.

Dari tahun ke tahun, mudik dengan kereta adalah hal yang biasa bagi saya dan keluarga. Sebenarnya ada keinginan  ikut program mudik gratis yang biasanya diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan atau brand-brand tertentu. Dengan mengikuti mudik gratis saya tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun dan sudah ditanggung oleh pemilik brand atau perusahaan tersebut. Jadi saya tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk kebutuhan membeli tiket lebaran. Ini dapat menghemat pengeluaran saya di waktu lebaran. Sehingga uang yang awalnya untuk membeli tiket bisa saya simpan untuk keperluan lainnya. Tapi yang membuat saya mengurungkan niat dengan cara mudik gratis karena seringkali jadwal pemberangkatannya bentrok dengan waktu cuti saya di kantor. Jadi terpaksa harus cari alternatif lain dengan membeli sendiri tiket mudik sesuai dengan jadwal yang saya tentukan. Meskipun ada keinginan untuk ikutan mudik gratis, tapi menurut saya mudik gratis itu sebaiknya lebih diutamakan untuk  mereka yang membutuhkan secara finansial.

Salah satu tetangga saya di jakarta ini seringkali mengikuti program mudik gratis dari perusahaan di daerah saya. Bahkan dia bisa mengajak suami dan kedua anaknya naik bus secara gratis. Itupun bisa pulang pergi. Bayangkan saja betapa beruntungnya tetangga saya itu. Meskipun  dia disini hanya bekerja sebagai tukang urut dan suaminya hanya sebagai pedagang bakso. Dengan danya program mudik gratis tersebut, tentunya sangat membantu dari segi finansial dan hasratnya untuk mudik ke kampung halaman tanpa harus mengeluarkan biaya tiket yang cukup besar. Wah… menyenangkan pastinya ya. Inilah salah satu berkah ramadhan bagi mereka yang ingin mudik tapi tidak cukup finansialnya. Nah…  mudik gratislah solusinya.

Ada beberapa keuntungan dengan adanya program mudik gratis ini menurut saya, diantaranya yaitu:

1. Meringankan beban para pemudik.

Dengan mengikuti program mudik gratis, kita tidak akan mengeluarkan biaya tiket sepeserpun. Ongkosnya ditanggung oleh perusahaan atau brand yang mengadakan mudik gratis tersebut. Bahkan kita bisa mengajak satu keluarga untuk ikut mudik gratis.  Maka dari itu otomatis program ini dapat membantu mereka yang kekurangan finansial untuk bisa mudik ke kampung halamannya tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Bahkan hal ini dapat menjadi program bantuan bagi keluarga tak mampu yang ingin mudik. Bukan berarti keluarga mampu tidak boleh ikut program ini ya. Sebenarnya semua keluarga dibolehkan saja ikut program mudik gratis. Hanya saja lebih tepatnya program ini diutamakan untuk mereka yang tidak mencukupi kebutuhan finansialnya.

2. Lebih teratur dan terkontrol arus mudiknya.

Program mudik gratis ini biasanya sudah terjadwal oleh pihak penyelenggara. Jadwal pemberangkatannya pun sudah diatur baik jadwal arus mudik maupun jadwal arus balik. Jadi dengan terjadwalnya hari keberangkatan, maka arus mudik dan balik ketika lebaran lebih teratur dan terkintrol serta tidak membludak di satu hari saja. Ini pun bisa menjadi salah satu program yang membantu pemerintah dalam mengatur arus pemudik menjelang dan setelah lebaran. Lalu lintas dan traffik kendaraan lebih terkontrol dan teratur.

Namun menurut saya kelemahan dari adanya program mudik gratis ini yaitu:
 
1. Banyaknya peminat sehingga antrian panjang. Biasanya program mudik gratis ini banyak peminatnya. Karena terselenggara secara gratis bagi siapa saja, otomatis para peminat membludak. Sehingga untuk mendaftarnya pun harus antri dan menunggu giliran agar dapat mengikuti program ini. Nah.. inilah yang menjadi salah satu hal yang kurang menyenangkan. sebab bisa-bisa kita tidak mendapat bagian tiket. oleh karena itu, hal ini tentunya harus diatur sedemikian rupa oleh pihak penyelenggara agar membludaknya peminat dapat teratasi dengan mudah. Mulai dari sistemnya maupun  manajemennya. Untuk peminatnya sebaiknya diseleksi benar-benar agar program mudik gratis ini benar-benar tepat untuk pemudik yang membutuhkan dari segi finansial. Jadi tidak salah sasaran ya.
 
2. Terbatasnya kendaraan yang digunakan untuk mudik gratis. Biasanya perusahaan atau brand yang mengadakan program mudik gratis ini hanya menyediakan kendaraan untuk mudik dengan terbatas. Terbatasnya kendaraan yang disediakan, otomatis tidak dapat menampung semua pemudik yang berminat mengikuti mudik gratis. Nah.. bila kita tidak kebagian, justru harus mencari alternatif kendaraan lain dengan cara membeli tiket sendiri maupun tidak jadi mudik.

Mengikuti program mudik gratis itu sepertinya seru dan mengasyikkan ya. Tapi.. perlu diingat, kalau ingin mudik gratis bersiaplah lebih awal. Mulai dari dokumen yang diperlukan, perusahaan atau brand apa yang akan kita ikuti, bahkan kota-kota mana saja yang menjadi tujuan mudik gratis perusahaan tersebut. Kita harus jeli, cepat dan tepat ya. Kalau tidak, bisa-bisa kita tidak kebagian tiet mudik gratis karena sudah full.

ngaBLOGburit

Ingin Sehat? Berpuasalah

Berpuasa seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi orang yang mempunyai penyakit. Biasanya mereka takut penyakitnya kambuh lagi misalnya orang yang mempunyai sakit maag, tekanan darah tinggi dan diabetes. Sebenarnya ketakutan tak perlu ada. Justru dengan berpuasalah tubuh kita akan sehat. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh lebih terkontrol. Mengapa? Ketika berpuasa, hidup kita akan lebih teratur makan dan minum yaitu hanya ketika sahur dan berbuka puasa. Saat berpuasa pun organ-organ tubuh kita akan beristirahat mulai dari setelah sahur sampai nanti berbuka kembali. Saat berpuasa perut kita kosong tanpa menerima asupan makanan dan minuman sedikitpun. Di waktu itulah tubuh kita membuang racun-racun yang mengendap. Istilah lainnya adalah detoksifikasi tubuh.

Pada hari biasa ketika kita tidak berpuasa, biasanya makan sebanyak 3x sehari. Namun di saat berpuasa kita hanya dianjurkan makan sebanyak 2x sehari yaitu di waktu sahur dan di waktu berbuka. Makan pagi dan makan siang dilakukan lebih dini dari biasanya yaitu di waktu sahur. Tubuh kita yang biasanya 24 jam non-stop bekerja mencerna dan mengolah makanan serta minuman di dalam tubuh, ketika berpuasa organ-organ tersebut diistirahatkan terlebih dahulu. Seperti yang dikatakan oleh dokter Hembing Wijayakusuma bahwa ketika kita berpuasa, ada sekitar 600 miliar sel dalam tubuh menghimpun diri agar dapat bertahan hidup. Itulah gunanya berpuasa.

Saya sendiri sering melakukan ibadah puasa sunnah seperti puasa Senin dan Kamis. Sehingga ketika melakukan puasa Ramadhan selama sebulan penuh merasa tidak terlalu berat karena sudah menjadi kebiasaan. Berpuasapun akan menyehatkan bila dilakukan dengan cara benar. Ini kiat sehat saya ketika berpuasa:

1. Ketika sahur

Selama tidur organ tubuh kita beristirahat dan tidak menerima makanan dan minuman apapun. Oleh karena itu ketika bangun tidur dan belum melakukan aktivitas apapun, saya selalu langsung minum jeniper yaitu perasan jerus nipis hangat. Dimana air hangat sebanyak satu gelas dicampur dengan perasan jeruk nipis satu buah. Ini adalah salah satu kiat FC (Food Combining) saya. Mengapa harus jeniper? Apakah perut tidak akan sakit? Banyak pertanyaan yang sering tertuju. Nah justru itulah yang seharusnya dilakukan. Dalam kondisi perut kosong dan organ tubuh belum bekerja mengolah dan mencerna makanan, jeniper ini akan mendetoksifikasi tubuh dengan mengencerkan dan membuang lendir-lendir yang ada di dalam tubuh kita. Racun-racun pun akan ikut terbuang. Jeniper juga aman bagi yang sakit maag atau lambung.

Setelah minum juniper, barulah setengah jam berikutnya saya makan makanan yang agar berat mengandung karbohidrat dan protein. Janganlah terlalu makan dalam porsi yang banyak, karena akan membuat organ dalam tubuh lebih lama dan berat ketika bekerja. Cukuplah makan sekedarnya saja dan jangan lupa dengan niat untuk berpuasa. Minum air juga secukupnya. Jangan sampai membuat perut kita kembung. Jika kita kekenyangan atau kembung , justru itu tidak baik. Atau bahkan menimbulkan penyakit baru.

Setelah sahur, saya tidak pernah tidur lagi, tapi melakukan aktivitas seperti mengaji ataupun beberes rumah. Paling tidak adalah aktivitas fisik setelah sahur agar makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh lebih mudah dcerna dan diolah oleh organ-organ di dalam tubuh. Kesalahan kita adalah setelah sahur itu biasanya langsung tidur. itulah yang menyebabkan organ-organ tubuh lebih berat untuk bekerja mengolah makanan. bahkan akan menyebabkan penumpukan lemak dimana-mana terutama perut dan mengendapnya racun-racun akibat kurang sempurnanya organ tubuh mengolah makanan. 

2. Ketika berbuka

Saat berbuka, saya pun juga terlebih dahulu minum jeniper. Perut dalam kondisi kosong inilah yang saya manfaatkan untuk membuang lendir-lendir dan racun dengan jeniper. Jeniper adalah minuman andalan saya saat berbuka maupun sahur. Justru saya merasa sehat dengan jeniper. Baru setelah itu saya makan makanan yang manis seperti kurma atau buah. Saya tidak pernah makan terlalu banyak, namun secukupnya. Baru setelah membatalkan puasa dengan minum jeniper dan kurma atau buah, saya melaksanakan shalat maghrib. Setelah shalat maghrib saya lanjutkan dengan makan makanan besar yang berkomposisi karbohidrat dan protein. Begitu juga saat makan besar ini, saya tidak pernah kalap mata, justru saya makan sekedarnya dan tidak sampai kenyang.

 

Itulah kiat saya berpuasa sehat. Paling tidak saat berbuka puasa organ-organ dalam tubuh kita tidak merasa kaget untuk mencerna dan mengolah makanan. Sehatpun lebih terasa. Saya merasakan setiap kali berpuasa tubuh merasa lebih enteng, nyaman dan segar. Berat badan saya pun lebih ideal, tidak terlalu gemuk maupun tidak terlalu kurus. Hal ini juga karena saya melakukan puasa yang benar. Masih adakah yang takut penyakitnya sembuh ketika berpuasa?

 

ngaBLOGburit